Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old Trafford

Jadi koleksi tambahan di stadion kebanggaan

James Patrick Murphy alias Jimmy Murphy pertama kali menginjakkan kaki di Manchester pada 1945. Sir Matt Busby selaku manajer baru Setan Merah menunjuknya sebagai pelatih. Busby percaya kehadiran Murphy di kursi kepelatihan Manchester United akan membawa dampak positif.

Jimmy Murphy sempat mengalami periode buruk bersama Manchester United setelah Munich Disaster. Pesawat yang membawa staf dan para pemainnya jatuh di Munich, Jerman, pada 6 Febuari 1958.

Peristiwa tersebut terjadi setelah Manchester United bertandang ke klub asal Serbia, Red Star Belgrade, dalam ajang Piala Eropa. Murphy yang tidak ikut dalam rombongan langsung mengambil peran untuk membangun kembali Setan Merah.

1. Sempat bermain untuk West Bromwich Albion

Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old TraffordJimmy Murphy (manutd.com)

Jimmy Murphy memulai karier sepak bolanya bersama West Bromwich Albion saat berusia 17 tahun. Selama berkarier, ia belum pernah pernah bermain untuk tim hebat. Ia hanya bermain untuk tim papan tengah sekelas West Brom dan Swindon Town di Liga Inggris masa itu.

Selama membela West Brom, pencapaian terbaiknya ialah membawa tim ini lolos ke final Piala FA 1935. Namun, mereka harus mengakui keunggulan Sheffield Wednesday dengan skor 2-4.

Setelah dari West Brom, Jimmy Murphy sempat pindah ke Swindon pada 1939. Sayangnya, karier bersama Swindon tidak bertahan lama karena pecahnya Perang Dunia II.

2. Jadi pemain dan pelatih Timnas Wales

Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old TraffordJimmy Murphy (kanan) (manutd.com)

Jimmy Murphy tidak hanya bermain di level klub. Ia juga pernah bermain untuk Timnas Wales pada 1933—1938. Pemanggilan dirinya ke timnas menjadi bukti jika Murphy adalah pemain yang cukup diperhitungkan pada masanya. Bersama mereka, ia berhasil membukukan 15 penampilan resmi.

Selain menjadi pemain, Jimmy Murphy pernah menjadi pelatih Timnas Wales pada 1956—1964. Karier kepelatihannya di timnas bisa dibilang cukup sukses walaupun belum memberikan trofi untuk negaranya.

Salah satu pencapaian terbaik Murphy terjadi saat mendampingi Timnas Wales berpartisipasi di Piala Dunia 1958. Itu merupakan kali pertama mereka masuk Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Penyerang Gaek yang Dilepas Manchester United secara Gratis

3. Tangan kanan Sir Matt Busby

Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old TraffordJimmy Murphy (kiri) (manutd.com)

Karier kepelatihan Jimmy Murphy di Manchester United tidak lepas dari pengaruh Matthew Busby alias Sir Matt Busby. Pada 1956, Murphy diangkat sebagai asisten pelatih. Ia dan Busby menjadi sosok penting di balik Manchester United yang memenangi tiga gelar Liga Inggris pada 1951/1952, 1955/1956 dan 1956/1957.

Munich Disaster kemudian membuat Murphy harus mengemban tugas berat. Ia diangkat sebagai manajer Manchester United sementara menggantikan Sir Matt Busby yang menjadi korban.

Tragedi ini membuat beberapa staf dan pemain menjadi korban. Jimmy Murphy harus bekerja lebih keras agar Manchester United bisa tetap berjalan dengan sisa-sisa kekuatan yang ada.

Keadaan yang cukup buruk tidak membuat Murphy menyerah. Ia memilih bertahan dengan membangun kembali Manchester United. Berkat kegigihan Jimmy Murphy dan dukungan Sir Matt Busby, Manchester United berhasil menjadi juara Liga Eropa 1968.

4. Penghargaan Jimmy Murphy

Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old TraffordMarcus Rashford dan trofi Jimmy Murphy Award (manutd.com)

Jimmy Murphy sangat berjasa kepada Manchester United, terutama pada masa-masa sulit. Klub pun berusaha memberinya kehormatan yang pantas. Mereka menamai salah satu penghargaan dengan nama Jimmy Murphy Award.

Penghargaan ini diberikan kepada pemain muda terbaik Manchester United pada tiap musim. Penghargaan ini sendiri sudah berlangsung sejak 1989/1990.

Pemain pertama yang memenangi gelar ini adalah Lee Martin. Adapun beberapa pemain Manchester United pada era modern yang pernah mendapatkan gelar tersebut adalah Danny Welbeck, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood.

5. Membangun patung untuk Jimmy Murphy

Manchester United Bangun Patung Legenda Jimmy Murphy di Old TraffordOld Trafford (manutd.com)

Manchester United tidak habis-habisnya mengenang jasa Jimmy Murphy. Setelah menamai penghargaan pemain muda terbaik dengan nama Jimmy Murphy Awards, klub ingin membuatkan patung untuknya di Old Trafford. Mereka hendak membuat itu sebagai penghormatan kepada pria yang sudah meninggal pada 1989 silam ini.

Patung ini merupakan karya Alan Heriot. Ia akan segera diresmikan pada 3 Mei 2023. Karya ini menjadi koleksi patung tambahan di sekitar Old Trafford. Manchester United sudah membuat patung Sir Matt Busby, Dennis Law, Sir Bobby Charlton, George Best, dan Sir Alex Ferguson lebih dahulu.

Patung-patung ini simbol klub untuk menghargai para pendahulunya. Mereka ingin memberitahu masyarakat luas, khususnya fans Manchester United, tentang keberadaan sosok-sosok hebat yang membangun klub hingga sebesar ini.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Paling Jarang Cedera, Tahan Banting!

Angga Andriana Photo Writer Angga Andriana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya