Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Adakah klub jagoanmu yang lolos ke babak 16 besar?

Pekan kelima fase grup Liga Champions 2022/2023 sudah selesai. Dapat dikatakan pekan ini merupakan penentuan lolos atau tidaknya suatu klub ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. 

Beberapa klub juga dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar di pekan kelima ini. Sementara itu, nasib beberapa klub baru akan ditentukan pada pekan keenam Liga Champions yang akan diadakan pada awal November 2022. 

1. Ada 12 klub yang dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023

Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga ChampionsRodrygo bermain bersama Real Madrid. (twitter.com/RodrygoGoes)

Ada 12 klub yang dipastikan berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sedangkan empat spot masih akan diperebutkan hingga pekan keenam mendatang. Di Grup A, Liverpool dan Napoli resmi lolos ke babak tersebut.

Di Grup B, Club Brugge dan FC Porto berhasil menyingkirkan Atletico Madrid dan Bayer 04 Leverkusen. Di Grup C, Bayern Munich dan Inter Milan sukses mendepak Barcelona dari babak 16 besar. Chelsea yang ada di Grup E juga berhasil menginjakkan kakinya ke babak 16 besar.

Sementara itu, juara bertahan Real Madrid juga memastikan kelolosannya di Grup F. Sementara itu, di Grup G dan H, ada beberapa klub yang dipastikan lolos, seperti Manchester City, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan Benfica.

2. Ada pula 12 klub yang dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar

Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga ChampionsRobert Lewandowski (twitter.com/lewy_official)

Di sisi lain, sejumlah klub dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Beberapa di antaranya ada yang berstatus klub raksasa Eropa, seperti Barcelona, Sevilla, Juventus, dan Atletico Madrid. 

Beberapa klub yang diyakini akan memberikan kejutan pada musim 2022/2023 ini ternyata juga gagal lolos, seperti Ajax, Dinamo Zagreb, Bayer 04 Leverkusen, dan Copenhagen. Ada pula empat klub lainnya yang dipastikan menjadi juru kunci grup, seperti Rangers, Viktoria Plzen, Maccabi Haifa, dan Celtic.

Baca Juga: 5 Musim Terakhir Barcelona di Liga Champions Eropa, Makin Menurun

3. Pekan keenam akan menjadi krusial bagi peserta Grup D, Grup E, dan Grup F

Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga ChampionsChristopher Nkunku (twitter.com/RBLeipzig)

Sudah ada enam grup yang memastikan perwakilan mereka di babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Sementara itu, masih ada satu spot lagi di Grup E dan Grup F terkait perebutan di babak 16 besar. 

AC Milan dan RB Sazburg akan menghadapi laga hidup dan mati di pekan terakhir fase grup. Siapa pun yang menang akan dipastikan lolos ke babak 16 besar. Di Grup F, RB Leipzig hanya membutuhkan satu poin di laga melawan Shakhtar Donetsk jika ingin lolos ke fase selanjutnya.

Sementara itu, pekan keenam juga akan menjadi laga krusial bagi seluruh klub di Grup D. Pasalnya, siapa pun yang menang dipastikan akan lolos ke babak 16 besar. Grup D sendiri diisi oleh Tottenham, Sporting CP, Frankfurt, dan Marseille.

4. Napoli jadi tim paling produktif di fase grup sejauh ini

Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga ChampionsPiotr Zielinski bermain bersama Napoli. (instagram.com/zielu_94)

Tak banyak yang menyangka bahwa Napoli akan menjadi klub paling produktif di fase grup sejauh ini. Pasalnya, Napoli berhasil mencetak 20 gol dan kebobolan empat gol. Napoli lebih unggul daripada Liverpool yang sama-sama berada di Grup A dengan 15 gol dan 6 kebobolan. 

Tim produktif kedua diraih oleh Bayern Munich dengan selisih sebanyak 14 gol di Grup C. Ada pula Manchester City yang menempati posisi ketiga dengan selisih sepuluh gol di Grup G.

5. Deretan catatan menarik di pekan kelima Liga Champions 2022/2023

Resmi! Sudah Ada 12 Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga ChampionsJulian Nagelsmann (twitter.com/J__Nagelsmann)

Di pekan kelima Liga Champions 2022/2023, terdapat beberapa rekor yang dihasilkan. Mohamed Salah berhasil menjadi raja assist bagi Liverpool dengan menambah satu assist di laga melawan Ajax. Total assist yang dihasilkan Salah bagi Liverpool menjadi 51 assist dari 61 laga yang dijalaninya.

Mohamed Salah juga berhasil menjadi top skor sementara di Liga Champions 2022/2023 bersama Kylian Mbappe yang mencetak enam gol. Ada pula Julian Nagelsmann yang berhasil menjadi pelatih terbanyak yang meraih kemenangan melawan Barcelona di ajang Liga Champions, yaitu sebanyak empat kali.

 

Masih ada empat tiket lagi menuju babak 16 besar Liga Champions. Klub manakah yang akan berhasil meraih empat tiket tersebut?

Baca Juga: 5 Tim Non-Unggulan Berjaya di Fase Grup Champions League 2022/2023

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya