5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfer

Dari Valencia sampai Samir Nasri

Seperti yang kita ketahui bahwa kota Manchester memiliki 2 klub sepak bola terbesar di dunia, yaitu Manchester City dan Manchester United. Keduanya merupakan klub yang paling disegani di berbagai kompetisi, baik domestik maupun internasional. Beberapa bintang sepak bola juga saat ini bermain untuk kedua klub tersebut, sebut saja Kevin De Bruyne, David De gea, Paul Pogba, hingga Sergio Aguero.

Ada juga beberapa nama bintang lainnya yang pernah membela salah satu klub asal Manchester ini seperti Cristiano Ronaldo, Vincent Kompany, hingga Jadon Sancho. Meskipun begitu, tak selamanya pemain-pemain yang pernah bermain untuk klub besar akan bersinar.

Hingga saat ini, ada beberapa pemain yang dulunya pernah membela salah satu klub asal Manchester ini yang masih berstatus bebas transfer. Berikut 5 pemain yang pernah membela Manchester United atau Manchester City yang berstatus bebas transfer.

Baca Juga: Fakta Margareth Natsuki, Pujaan Hati Pemain Bola Jepang Shinji Kagawa

1. Shinji Kagawa

5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfermedium.com

Shinji Kagawa merupakan pemain Manchester United pada tahun 2012 sampai dengan 2014. Dia didatangkan dari Borussia Dortmund dengan harga 16 juta euro atau sekitar 263 miliar rupiah. Uniknya, pada tahun 2014 dia dijual Manchester United ke Borussia Dortmund dengan harga 8 juta euro atau sekitar 137 miliar rupiah saja.

Bersama Borussia Dortmund, Kagawa tak dapat bersaing dengan pemain tengah lainnya sehingga dipinjamkan ke Besiktas pada januari 2019. Selesai masa peminjamannya, dia langsung dijual ke Real Zaragoza dan klub tersebut tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada Oktober 2020 lalu.

2. Samir Nasri

5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfermanchestereveningnews.co.uk

Samir Nasri merupakan mantan bintang Manchester City yang saat ini berumur 33 tahun. Setidaknya dia sudah membela klub tersebut selama 6 tahun. Posisinya terancam saat Pep Guardiola ditunjuk sebagai pengganti Manuel Pellegrini.

Dia tak mampu bersaing dengan pemain tengah atau pemain sayap lainnya seperti Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, David Silva, hingga Leroy Sane. Alhasil, dia memutuskan hijrah ke klub asal Turki yang bernama Antalyaspor. Nasri sempat kembali ke Premier League saat didatangkan oleh West Ham pada tahun lalu. 

Sayangnya, dia hanya bertahan selama 5 bulan sebelum akhirnya dijual ke RSC Anderlecht. Sejak Juli 2020, Nasri masih berstatus sebagai pemain bebas transfer karena RSC Anderlecht memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya.

3. Antonio Valencia

5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfermanchestereveningnews.co.uk

Antonia Valencia merupakan pemain berkebangsaan Ekuador yang dijual Manchester United ke LDU Quito pada Juli 2019. Valencia sudah bermain di Manchester United sejak tahun 2009 setelah didatangkan dari Wigan. Valencia juga dipercaya menjadi pemain timnas Ekuador sejak tahun 2004 dan sudah memperoleh caps sebanyak 98 kali. 

LDU Quito dan Valencia sama-sama tak sepakat untuk memperpanjang kontrak sehingga Valencia resmi menjadi pemain bebas transfer sejak Juli 2020. Untungnya, baru-baru ini klub asal Italia yang bernama Querétaro FC bersedia merekrut mantan bek sayap andalan Manchester United ini.

4. Wilfried Bony

5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfer90min.com

Kepindahan Wilfried Bony ke Manchester City tampaknya menjadi penyesalan yang tak akan mudah terlupakan bagi pemain yang berusia 32 tahun tersebut. Pemain asal Pantai Gading tersebut sebelumnya tampil sangat mengesankan bersama Swansea City sebelum memutuskan hijrah ke kota Mancester pada tahun 2015. Setelah satu tahun tampil buruk di tahun pertamanya bersama Manchester City, dia dipinjamkan ke Stoke City untuk menemukan kembali ketajamannya.

Sayangnya, penampilannya dapat dikatakan biasa-biasa saja bersama Stoke City pada saat itu. Dia dijual kembali ke Swansea City pada tahun 2017 sebelum akhirnya kariernya semakin meredup. Klub terakhir yang dibelanya adalah Al-Ittihad asal Saudi Arabia.

5. Daniel Sturridge

5 Mantan Bintang Manchester Ini Berstatus Bebas Transfermancity.com

Daniel Sturridge merupakan lulusan akademi Manchester City yang sempat dibanggakan karena mampu tampil gemilang di beberapa klub besar seperti Chelsea dan Liverpool. Seiring berjalannya waktu, dia tak mampu lagi bersaing dengan para pemain depan Liverpool lainnya pada tahun 2018 sehingga dia dipinjamkan ke West Brom. Pada tahun 2019, dia dijual ke klub asal Turki yang bernama Trabzonspor.

Trabzonspor tidak memperpanjang kontraknya pada Maret 2020 lalu sehingga dia berstatus pemain bebas transfer pada saat itu. Belum ada rumor serius terkair masa depan pemain yang berusia 31 tahun tersebut.

Nah, itu dia 5 mantan pemain bintang dua klub asal Manchester, Manchester City dan Manchester United. Pengalaman pernah bermain di klub besar tidak menjamin sepenuhnya akan keberhasilan di masa yang akan datang. Semoga kelima pemain tersebut cepat mendapatkan klub barunya, ya.

Baca Juga: Disanksi FA, Trabzonspor Putuskan Kontrak Daniel Sturridge

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya