Comscore Tracker

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlecht

Termasuk Dries Mertens dan Romelu Lukaku juga

RSC Anderlecht merupakan salah satu klub terbaik yang dimiliki oleh negara Belgia. Klub ini kerap menjadi perwakilan Belgia di ajang kompetisi Eropa, baik di Liga Champions maupun Liga Europa. Klub ini juga merupakan klub terbanyak dengan trofi Liga Belgia, yaitu sebanyak 34 kali. 

Tak hanya itu, RSC Anderlecht juga dikenal memiliki akademi yang sangat bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya beberapa pemain top yang merupakan hasil akademi klub ini.

Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

1. Dries Mertens

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlechtpotret Dries Mertens bersama Napoli (sempreinter.com)

Dries Mertens merupakan salah satu winger andalan di skuad Belgia saat ini. Dia sudah mengabdi kepada negaranya sejak tahun 2011 lalu. Bersinar bersama Napoli, banyak yang menyangka bahwa Mertens merupakan lulusan akademi KAA Gent. 

Padahal, sebelum masuk akademi KAA Gent, dia sudah dibina terlebih dahulu di akademi RSC Anderlecht. Walau begitu, memang KAA Gent mengambil peran lebih besar dalam mengorbitkan pemain yang kini berusia 34 tahun itu. 

2. Jeremy Doku

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlechtpotret Jeremy Doku bersama Stade Rennais (ligue1.com)

Nama Jeremy Doku memang sedang naik daun musim lalu setelah penampilan gemilangnya bersama Stade Rennais. Sebelum bergabung dengan Stade Rennais musim lalu, dia merupakan pemain RSC Anderlecht yang dibeli dengan harga 26 juta euro atau setara Rp427 miliar. Angka tersebut pastinya merupakan angka fantastis bagi pemain yang berusia 18 tahun waktu itu. 

Doku sendiri diorbitkan dari akademi RSC Anderlecht ke tim utama pada tahun 2019. Bakatnya memang sudah terlihat sejak dia di akademi dan bermain bagi timnas Belgia junior. Saat ini pun dia sudah dipercaya untuk membela timnas Belgia senior dan sudah tampil sebanyak 10 kali. 

Baca Juga: 5 Pemain Belgia Terbaik di Dunia Saat Ini, De Bruyne atau Lukaku?

3. Youri Tielemans

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlechtpotret Youri Tielemans bersama RSC Anderlecht (twitter.com/championsleague)

Youri Tielemans berhasil menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Belgia saat ini. Pemain berusia 24 tahun itu juga berhasil membawa Leicester City menjuarai Piala FA dan Community Shield pada musim lalu. Tak heran jika banderolnya naik tajam belakangan ini mencapai 55 juta euro atau setara Rp904 miliar. 

Tielemans merupakan lulusan akademi asli dari RSC Anderlecht. Setelah diorbitkan pada tahun 2013 ke tim utama, Tielemans dibeli oleh AS Monaco dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp411 miliar. Sejak itu dia mulai dilirik oleh beberapa klub ternama, termasuk Leicester City. 

4. Romelu Lukaku

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlechtpotret Romelu Lukaku bersama RSC Anderlecht (eurosport.com)

Harus diakui bahwa Romelu Lukaku merupakan salah satu penyerang paling berbahaya saat ini. Dia merupakan penyerang andalan Belgia sejak tahun 2010 dan sudah memberikan penampilan sebanyak 101 kali. Setidaknya, sudah ada 88 gol yang sudah dia torehkan bersama Belgia. 

Tak banyak yang tahu bahwa Lukaku merupakan lulusan akademi RSC Anderlecht. Dia diorbitkan di skuad utama pada tahun 2009 sebelum akhirnya dibeli Chelsea pada tahun 2013 dengan harga 15 juta euro atau setara Rp246 miliar. 

5. Albert Sambi Lokonga

5 Pemain Aktif Top yang Ternyata Lulusan Akademi RSC Anderlechtpotret Albert Sambi Lokonga bersama RSC Anderlecht (dailycannon.com)

Nama Albert Sambi Lokonga memang bukan merupakan nama top jika dibandingkan nama-nama sebelumnya. Walau begitu, pemain baru Arsenal ini berhasil dipercaya memperkuat tim senior Belgia pada bulan September 2021 lalu. Hal tersebut tak lepas dari penampilannya yang cukup impresif walau belum bisa tampil menjadi pemain inti di Arsenal. 

Albert Sambi Lokonga sendiri dibeli Arsenal dari RSC Anderlecht dengan harga 17,5 juta euro atau setara Rp287 miliar. Pemain berusia 21 tahun itu sudah cukup lama bermain dengan tim senior RSC Anderlecht setelah diorbitkan dari tim akademi, tepatnya pada tahun 2018 lalu. 

Nah, itu dia 5 pemain top yang ternyata merupakan lulusan akademi RSC Anderlecht. Menariknya, kelima pemain di atas saat ini berstatus sebagai pemain internasional Belgia, lho. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 10 Fakta Albert Sambi Lokonga, Pemain Muda Rekrutan Anyar Arsenal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya