Comscore Tracker

Catatan dari Kemenangan Telak Liverpool atas Arsenal

Keduanya masih berada di lima besar klasemen

Liverpool unggul telak atas Arsenal dengan skor 4-0. Gol-gol tersebut tercipta karena jasa Sadio Mane (39'), Diogo Jota (52'), Mohamed Salah (73'), dan Takumi Minamino (77').

Sejak awal pertandingan, Liverpool memang tampil lepas dalam menyerang Arsenal. Dengan hasil ini, Liverpool berhasil kokoh di papan atas bersama Chelsea dan Manchester City.

Dari kemenangan Liverpool atas Arsenal, ada beberapa catatan menarik. Salah satunya tentang performa Alisson Becker, kiper Liverpool.

1. Clean sheets ke-50 Alisson Becker bersama Liverpool di Premier League

Catatan dari Kemenangan Telak Liverpool atas ArsenalAlisson Becker bersama Liverpool. (twitter.com/BetVictor)

Laga melawan Arsenal kali ini merupakan laga spesial bagi Alisson. Pasalnya, kiper asal Brasil itu menorehkan clean sheets yang ke-50 pada laga ini. Perolehan tersebut diraihnya dari 111 laga yang dijalani di ajang Premier League.

Pada saat laga melawan Arsenal Alisson memang tidak melakukan penyelamatan berarti. Walau begitu, pada laga ini, Alisson cukup cermat dalam membaca serangan lawan saat Virgil van Dijk dan Joel Matip telat mundur ke kotak penalti selama serangan balik.

2. Catatan buruk Pierre-Emerick Aubameyang saat melawan Liverpool

Catatan dari Kemenangan Telak Liverpool atas ArsenalPierre-Emerick Aubameyang bersama Arsenal. (twitter.com/WilliamHill)

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan salah satu penyerang berbahaya di Premier League dalam beberapa musim terakhir. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi Liverpool. Pasalnya, pemain asal Gabon itu tak pernah mencetak gol maupun assist saat melawan Liverpool di Premier League.

Padahal Aubameyang sudah bergabung dengan Arsenal sejak 2018 dari Borussia Dortmund. Ia sudah cukup banyak menjalani laga melawan Liverpool di Premier League. Walau begitu, kualitas Aubameyang tak usah diragukan lagi dalam memberikan tekanan ke lini pertahanan lawan.

Baca Juga: 10 Potret Alisson Becker, Kiper Liverpool Bersama Keluarga Kecilnya

3. Jürgen Klopp tak pernah terkalahkan oleh Arsenal di Anfield

Catatan dari Kemenangan Telak Liverpool atas ArsenalJürgen Klopp (twitter.com/WilliamHill)

Anfield Stadium tampaknya benar-benar menjadi stadion yang angker bagi Arsenal. Pasalnya, semenjak ditangani Jürgen Klopp, Arsenal tak mampu mengalahkan Liverpool sekalipun. Dari 7 laga kandang yang dijalani Klopp, hanya ada 1 hasil imbang yang diraihnya saat melawan Arsenal.

Liverpool memang selalu tampil mendominasi saat melawan Arsenal di Anfield. Pada pekan ke-12 Premier League, Liverpool berhasil menorehkan penguasaan bola sebesar 62,5 persen dan melesatkan 9 tendangan ke arah gawang.

4. Perseteruan Jürgen Klopp dengan Mikel Arteta

Pada babak pertama, terjadi perseteruan antara kedua pelatih, Klopp dan Arteta. Perseteruan bermula saat Sadio Mane melanggar Takehiro Tomiyasu. Arteta tampak tak terima pemainnya dilanggar saat mencoba menyambut bola lambung. 

Untungnya, kedua rekan pelatih masing-masing sigap melerai Klopp dan Arteta sebelum keduanya berdekatan. Pada babak kedua, tensi kedua pelatih tersebut menurun setelah Liverpool berhasil melesatkan tiga gol ke gawang Aaron Ramsdale.

5. Kedua tim masih berada di papan atas

Catatan dari Kemenangan Telak Liverpool atas ArsenalLiverpool melawan Arsenal pada pekan ke-12 Premier League. (twitter.com/ThaiLFC)

Walau kalah, Arsenal masih berada di peringkat lima dengan mengoleksi 20 poin. Andaikan Tottenham Hotspur menang melawan Leeds United, Arsenal masih kokoh di posisi kelima klasemen sementara.

Sedangkan, Liverpool berada di posisi kedua dengan perolehan 25 poin. Sebagai tambahan, jika Manchester City menang melawan Everton, posisi Liverpool otomatis akan tergeser menjadi peringkat ketiga.

Liverpool dan Arsenal setidaknya bakal menutup pekan ini dengan sama-sama berada di papan atas klasemen sementara. Selain itu, kedua tim masih memiliki peluang yang besar untuk meraih trofi Premier League musim ini mengingat masih terdapat banyak laga ke depannya.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Liverpool di Era Jurgen Klopp, Tak Hanya Salah

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya