Comscore Tracker

5 Catatan Menarik Kemenangan Telak Liverpool Atas Southampton

Salah menjadi pemain tercepat ketiga yang terlibat 150 gol

Pada pekan ke-13 Premier League, Liverpool baru saja menghabisi Southampton dengan skor 4-0. Bermain di Anfield Stadium, Liverpool sudah tampil habis-habisan pada awal-awal laga dimulai. Tak heran, karena Diogo Jota berhasil membuka gol pada menit ke-2. 

Jota juga mencetak gol ke gawang Southampton pada menit ke-32. Sedangkan 2 gol lainnya dicetak oleh Thiago pada menit ke-37 dan Van Dijk pada menit ke-52. 

Pastinya terdapat beberapa catatan menarik tentang kemenangan Liverpool atas Southampton ini. Kira-kira apa saja, ya? Berikut penjelasannya. 

1. Hanya ada Liverpool yang selalu mencetak gol di setiap laga Premier League sejauh ini

5 Catatan Menarik Kemenangan Telak Liverpool Atas Southamptonpotret Jurgen Klopp (twitter.com/WilliamHill)

Dari 13 laga yang dijalani Liverpool di Premier League musim ini, Liverpool selalu mencetak setidaknya 1 gol. Hanya ada nama Liverpool yang bisa melakukan hal tersebut dari 20 klub peserta Premier League pada musim ini. 

Jika dilihat secara statistik, Liverpool sudah mencetak 39 gol. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dari klub lainnya sejauh ini. Di sisi lain, Liverpool sendiri baru kebobolan sebanyak 11 gol hingga pekan ke-13 Premier League. 

2. Andy Robertson dan Alexander-Arnold kejar rekor Leighton Baines

5 Catatan Menarik Kemenangan Telak Liverpool Atas Southamptonpotret Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson (thisisanfield.com)

Di laga melawan Southampton ini, Andy Robertson dan Alexander-Arnold sama-sama menyumbang 1 assist. Robertson memberikan assist kepada Diogo Jota pada menit ke-2. Sedangkan, Alexander-Arnold memberikan assist kepada Virgil van Djik pada menik ke-52. 

Robertson sejauh ini mengoleksi 41 asis dari 197 laga. Sedangkan Alexander-Arnold menyumbang 40 assists dari 140 laga. Keduanya mengejar perolehan Leighton Baines yang merupakan pemain belakang dengan assist terbanyak di Premier League dengan mengoleksi 53 assists dari 420 laga.

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik Liverpool Sepanjang Masa, Ian Rush hingga Gerrard

3. Dominasi Liverpool atas Southampton terus berlanjut di Anfield Stadium.

5 Catatan Menarik Kemenangan Telak Liverpool Atas Southamptonpotret laga Liverpool melawan Southampton (twitter.com/SouthamptonFC)

Dalam 5 pertemuan terakhir Liverpool melawan Southampton di Anfield Stadium, Southampton tak pernah meraih kemenangan sekalipun. Bahkan, kelima pertemuan tersebut selalu dimenangkan oleh tuan rumah. Tak hanya itu, Southampton juga tak mampu mencetak satu gol pun di Anfield dalam 5 laga tersebut. 

Setidaknya Liverpool sudah menjebolkan gawang sebanyak 16 gol ke gawang Southampton dalam 5 pertemuan terakhir mereka di Anfield. Hal tersebut membuktikan bahwa dominasi Liverpool atas Southampton terus berlanjut di Anfield Stadium.

4. Salah resmi menjadi pemain tercepat ketiga yang terlibat dalam 150 gol Premier League

Walau tak mencetak gol di laga ini, Mohamed Salah menyumbang 1 assist kepada Diogo Jota pada menit ke-32. Dengan hal tersebut, Salah sudah terlibat dalam 150 gol dari 171 laga Premier League yang dijalaninya. Menariknya, hal itu membuat Salah menjadi pemain tercepat ketiga yang terlibat dalam 150 gol Premier League. 

Salah sendiri diketahui sudah berkonstribusi di 108 gol dan 42 assists dalam ajang Premier League. Hanya ada nama Thierry Henry (163 laga) dan Alan Shearer (148 laga) yang berhasil terlibat dalam 150 gol Premier League dengan jumlah laga yang lebih sedikit. 

5. Kesempatan Liverpool untuk mempersempit selisih poin dengan Chelsea di puncak klasemen

5 Catatan Menarik Kemenangan Telak Liverpool Atas Southamptonpotret para pemain Liverpool saat merayakan gol ke gawang Southampton (twitter.com/ThaiLFC)

Dengan kemenangan ini, Liverpool menduduki posisi kedua klasemen sementara dengan perolehan 28 poin. Liverpool hanya memiliki selisih 1 poin dengan Chelsea yang berada di puncak klasemen. Walau begitu, selisih tersebut dapat melebar jika Chelsea berhasil menang atas Manchester United pada Minggu, 28 November 2021 pukul 23.30 WIB. 

Ada pula Manchester City yang siap menyalip Liverpool andaikan menang atas West Ham pada Minggu, 28 November 2021 pukul 09.00 WIB. Sedangkan Southampton harus puas berada di posisi ke-14 dengan perolehan 14 poin. 

 

Itu dia 5 catatan menarik tentang kemenangan Liverpool atas Southampton. Liverpool masih kokoh di papan atas klasemen sementara bersama Chelsea dan Manchester City. Pekan depan, Liverpool akan menghadapi rival sekota Everton. 

Baca Juga: Secara Dramatis, Liverpool Akhirnya Tumbangkan Southampton 4-0

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya