Comscore Tracker

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinanti

Derby kota mana yang menurut kamu yang paling seru?

Apakah kamu pernah mendengar istilah derby? Derby sendiri dapat diartikan sebagai pertandingan yang mempunyai rivalitas tersendiri. Apa pun kompetisinya, wajib dimenangkan oleh salah satu klub yang saling bersaing tersebut.

Salah satu derby yang paling kerap ditemui ialah derby antara klub sesama satu kota. Di Inggris, ternyata terdapat beberapa derby yang merupakan ajang unjuk gigi tentang klub mana yang berkuasa di kota tersebut. Berikut 7 derby sepak bola di Inggris yang paling dinanti.

7. Derby Steel City

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantiswfc.co.uk

Steel City derby merupakan istilah pertandingan antara kedua klub ternama asal Sheffield. Di kota tersebut, terdapat 2 klub yang saling bersaing sejak 1890, yaitu Sheffield United dan Sheffield Wednesday.

Sheffield United saat ini bermain di Premier League, sedangkan Sheffield Wednesday bermain di divisi Championship. Sheffield United sendiri memiliki julukan "The Blades", dan sedangkan Sheffield United memiliki julukan "The Owls".

6. Derby West Midlands

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantizimbio.com

West Midlands merupakan sebuah wilayah metropolitan yang dekat dengan Inggris bagian barat. Di wilayah ini, terdapat beberapa klub ternama seperti Aston Villa, Wolverhampton, Birmingham City, hingga West Brom. Dari sekian klub yang ada, derby antara Wolverhampton dan West Brom lah yang sering dinanti-nanti masyarakat setempat.

Hal ini tak lepas dari kerasnya pertandingan saat kedua tim saling bertemu pada zaman dahulu. Sekarang ini, kedua tim masih saling berkompetisi di Premier League meskipun temperatur permainannya tak sepanas dulu.

5. Derby Tyne-Wear

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantichroniclelive.co.uk

Derby Tyne-Wear merupakan istilah untuk menyebut pertandingan 2 klub asal Inggris bagian timur laut, yaitu antara Newcastle dan Sunderland. Keduanya sama-sama memiliki pola kostum utama yang mirip, yaitu garis belang-belang yang ada warna putih. Bedanya, untuk warna lainnya pada kostum mereka, Newcastle memakai warna hitam dan Sunderland memakai warna merah.

Newcastle sendiri saat ini bermain di divisi teratas, yaitu Premier League. Untuk Sunderland, klub tersebut harus bermain di League One yang merupakan divisi nomor 3 di Inggris.

4. Derby London Utara

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantigeorgetownvoice.com

Derby London Utara melibatkan 2 klub besar di Premier League, yaitu Arsenal dan Tottenham Hotspur. Derby ini merupakan salah satu derby yang paling sengit di Kota London. Meskipun begitu, saat ini kedua klub lebih dingin dalam bertanding saat bertemu.

Sejauh ini, Tottenham Hotspur tampil gemilang di Premier League. Sedangkan rival satu kotanya, Arsenal, masih harus berjuang untuk keluar di zona papan tengah.

Baca Juga: Dockers Derby, Sebenar-benarnya Derby London yang Kerap Makan Korban

3. Derby London

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantiskysports.com

Kota London sendiri memiliki banyak sekali klub sepak bola. Namun, klub top yang paling banyak penggemarnya ialah Arsenal dan Chelsea. Tak heran jika para penggemar bola menamai pertandingan antara kedua klub ini dengan sebutan Derby London.

Memang, pertandingan antara Arsenal dan Chelsea merupakan pertandingan yang sangat seru untuk ditonton. Kedua tim tersebut tak pernah ragu untuk saling menyerang dan bahkan berseteru saat pertanding.

2. Derby Merseyside

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantiblog.lifestylesports.com

Salah satu derby yang terkenal panas dan keras ialah Derby Merseyside. Derby ini melibatkan kedua klub asal kota Liverpool, yaitu Everton FC dan Liverpool FC. Rivalitas kedua suporter klub tersebut juga sangat terlihat dan tak jarang berakhir pada kejadian tragis.

Tak sedikit pula pemain yang harus cedera pada saat derby ini berlangsung. Sejauh ini, Liverpool sudah menang 93 kali dan Everton menang sebanyak 66 kali dan 76 pertandingan antara kedua klub berakhir imbang.

1. Derby Manchester

7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinantisportskeeda.com

Derby satu kota yang paling dinanti ialah Derby Manchester. Derby ini melibatkan 2 klub besar, yaitu Manchester City dan Manchester United. Sejauh ini, Manchester United sudah memenangkan sebanyak 76 kali.

Sedangkan rivalnya, Manchester City, baru memenangkan pertandingan sebanyak 55 kali. Di sisi lain, 53 pertandingan harus berakhir dengan imbang. Derby ini terkenal dengan kerasnya permainan akibat gengsi untuk memperebutkan siapa yang paling tangguh di kota Manchester.

Nah, itu dia 7 derby satu kota di negara Inggris yang paling dinanti oleh para penggemar bola. Ketujuh derby ini memang kerap terjadi pertengkaran dan konflik, baik dari para pemain, pelatih, hingga suporter. Menurut kamu, derby mana yang sekiranya paling seru untuk ditonton?

Baca Juga: Roses Derby, Ini 5 Pemain Top yang Sempat Bela MU dan Leeds United

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya