Comscore Tracker

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda Top

Termasuk direktur Manchester City, Txiki Begiristain

Di era sepak bola modern, peran sosok direktur olahraga sangat krusial. Selain menjadi penghubung antara pelatih dan pemilik klub, direktur olahraga juga memiliki berbagai tugas lain, salah satunya adalah mengorbitkan pemain muda potensial. 

Sejauh ini, ada sederet nama direktur olahraga yang dikenal memiliki keahlian mengorbitkan sosok pemain muda berbakat. Siapa saja mereka? Langsung simak ulasannya berikut, ya!

1. Hasan Salihamidzic

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda TopHasan Salihamidzic (twitter.com/Brazzo)

Hasan Salihamidzic menjabat sebagai Direktur Olahraga Bayern Munchen sejak 2017 hingga 2020 lalu. Pada Juli 2020, dia diangkat jabatannya menjadi CEO klub hingga Juni 2023 mendatang. Hasan sendiri memiliki peran penting dalam mengembangkan para pemain muda Bayern Munchen.

Beberapa pemain muda top berhasil diorbitkan Hasan, salah satunya adalah Joshua Kimmich dan Alphonso Davies. Hasan juga sukses mendatangkan Dayot Upamecano dari RB Leipzig. Walau begitu, dia sempat mendapatkan kritik dari suporter Bayern Munchen akibat gagal mempertahankan Niklas Sule pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

2. Luis Campos

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda TopLuis Campos (twitter.com/BarcaUniversal)

Nama Luís Campos naik daun selama menangani AS Monaco medio 2013 hingga 2016 silam. Kala itu, cukup banyak pemain muda yang berhasil diorbitkan oleh Campos, termasuk Thomas Lemar, Bernardo Silva, Fabinho, dan Benjamin Mendy.

Pada Juli 2022, dia ditunjuk sebagai penasihat strategis di Paris Saint-Germain (PSG). Kehadirannya diharapkan mampu mengorbitkan beberapa pemain muda top di PSG seperti kinerja yang telah ia lakukan dengan sukses saat masih berada di AS Monaco. 

Baca Juga: 5 Direktur Olahraga Klub Sepak Bola Terbaik di Eropa, Jago Negosiasi!

3. Edu Gaspar

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda TopEdu Gaspar (twitter.com/TheAFCnewsroom)

Fans Arsenal tentu sudah tak asing lagi dengan sosok Edu Gaspar. Edu Gaspar merupakan Direktur Teknik Arsenal sejak 2019. Selama menangani Arsenal, banyak sekali pemain muda potensial yang didatangkan Gaspar. 

Aaron Ramsdale merupakan pemain muda yang sukses didatangkan Gaspar pada bursa transfer musim panas 2021 silam. Sementara itu, nama Bukayo Saka menjadi salah satu pemain akademi Arsenal yang berhasil diorbitkan saat Gaspar baru menangani Arsenal. 

4. Txiki Begiristain

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda TopErling Haaland dan Txiki Begiristain (id.mancity.com)

Di balik kesuksesan Manchester City bersama Pep Guardiola, ada sosok di balik layar yang menyokong pembentukan skuad dalam diri Txiki Begiristain. Sang direktur olahraga asal Spanyol itu berhasil mendatangkan banyak sosok vital di skuad Manchester City. Di bursa transfer musim panas 2022, Txiki bergerak cepat mengamankan tanda tangan sederet pemain muda potensial, mulai dari Julian Alvarez, Erling Haaland, hingga Kalvin Phillips. 

Txiki Begiristain juga berhasil mengorbitkan beberapa pemain muda di Manchester City. Sebut saja nama-nama, seperti Phil Foden, Cole Palmer, Kelechi Iheanacho, hingga Oleksandr Zinchenko sukses mendapatkan tempat di skuad utama.

Txiki Begiristain sendiri bergabung Manchester City sejak 2012 silam. Sejauh ini, ia telah merengkuh sederet trofi domestik, mulai dari Piala FA, Premier League, hingga Carabao Cup.

5. Fabio Paratici

5 Direktur Olahraga yang Kerap Orbitkan Pemain Muda TopFabio Paratici (kiri) (twitter.com/InsideSpurs1)

Fabio Paratici merupakan Direktur Olahraga Juventus medio 2010 hingga 2021. Setelah itu, dia memulai petualangan baru sebagai Direktur Olahraga Tottenham Hotspur, posisi yang ia jabat hingga saat ini. Sempat dinilai kesulitan pada musim pertamanya, Paratici berhasil menunjukkan kualitasnya di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Bagaimana tidak, sejauh jendela transfer musim panas 2022 dibuka, Paratici berhasil mendatangkan Fraser Forster, Ivan Perisic, Yven Bissouma, Richarlison, dan Clement Lenglet untuk memperkuat skuad asuhan Antonio Conte. Sebelumnya, Fabio Paratici juga merupakan sosok yang berhasil mengorbitkan Paul Pogba, Paulo Dybala, dan Federico Chiesa selama masih menangani Juventus.

Kelima direktur olahraga di atas memiliki peran penting atas keberhasilan klub mereka masing-masing. Karena bursa transfer musim panas 2022 masih dibuka hingga kurang lebih dua bulan ke depan, akankah sederet direktur olahraga tersebut menambah amunisi skuad masing-masing?

Baca Juga: 5 Nominasi Direktur Olahraga Terbaik 2021 versi Globe Soccer

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya