Comscore Tracker

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade Terakhir

Mulai dari Benfica hingga AS Monaco

Saat ini, bursa transfer musim panas sedang berlangsung. Berbagai klub sedang sibuk-sibuknya dalam mendatangkan pemain yang diincarnya, sekaligus menawarkan pemain yang dianggap menarik untuk dijual. Hal tersebut dilakukan demi memperkuat skuad mereka agar dapat bermain lebih impresif pada musim ini. 

Berbicara soal transfer pemain, sejauh ini terdapat beberapa klub yang ternyata meraih untung yang sangat besar dalam sedekade terakhir. Hal tersebut menunjukkan bahwa klub tersebut mempunyai strategi bisnis yang cermat. Kira-kira, klub mana saja, ya? Simak penjelasannya, yuk. 

1. Benfica

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade Terakhirpotret Ruben Dias bersama Benfica (tickethuddle.com)

Benfica merupakan klub asal Portugal yang kerap mengorbitkan banyak pemain top dalam sedekade terakhir. Sebut saja Ruben Dias yang dibeli Manchester City pada bursa transfer musim lalu dan berhasil menjadi pemain terbaik Premier League pada musim tersebut. Ada juga Joao Felix yang dijual ke Atletico Madrid pada musim 2019/2020 dan berhasil menjadi pemain muda yang bersinar di LaLiga saat ini. 

Disisi lain, Benfica merupakan klub dengan pendapatan terbanyak dari penjualan pemain dalam sedekade terakhir. Setidaknya Benfica sudah mendapatkan 1,05 miliar euro atau 17,9 triliun rupiah dari penjualan pemain. Memang, Benfica memiliki jaringan talent scout yang cukup luas dan bahkan hingga mencapai Brasil.

2. Atletico Madrid

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade Terakhirpotret Antoine Griezmann bersama Atletico Madrid (marca.com)

Tak banyak yang mengetahui bahwa Atletico Madrid juga memiliki pendapatan dari penjualan pemain yang besar. Setidaknya, klub tersebut sudah meraih 1,02 miliar euro atau setara Rp17,4 triliun dalam sedekade terakhir.

Memang, Atletico Madrid sendiri dikenal sebagai klub yang sukses mengorbitkan para pemain muda, khususnya di posisi kiper dan striker. Beberapa transfer besar yang pernah dilakukan oleh Atletico Madrid ialah Antonie Griezmann (Barcelona), Theo Hernandez (Real Madrid), Thomas Partey (Arsenal), Arda Turan (Barcelona), dan masih banyak lagi.

Pada bursa transfer musim panas ini, belum ada penjualan signifikan yang dilakukan oleh Atletico Madrid. Hanya ada Nicola Ibanez yang dijual ke CF Pachuca dengan harga 3 juta euro atau sekitar Rp51 miliar.

3. Chelsea

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade Terakhirpotret Eden Hazard bersama Chelsea (playingfor90.com)

Juara Liga Champions musim lalu, Chelsea, merupakan klub Inggris yang paling banyak mendapatkan uang dari penjualan pemain dalam sedekade terakhir. Klub asal London itu telah meraih dana penjualan sebesar 1 miliar euro atau setara Rp17,08 triliun.

Di sisi lain, sebenarnya pengeluaran Chelsea untuk mendapatkan pemain baru juga tak sedikit. Eden Hazard yang pindah ke Real Madrid merupakan salah satu penjualan terbesar Chelsea yang mana dana yang diraih mencapai 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Ada juga Diego Costa yang dijual sebesar 60 juta euro atau Rp1,02 triliun ke Atletico Madrid. Sejauh ini, Chelsea sudah menjual Fikayo Tomori ke AC Milan dengan harga 29,2 juta euro. 

4. AS Monaco

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade TerakhirPotret Kylian Mbappe bersama AS Monaco (goal.com)

Tak usah diragukan lagi, bahwa AS Monaco memiliki bisnis yang sangat bagus. Selain itu, AS Monaco juga kerap berhasil mengorbitkan beberapa pemain top. Tak heran, jika AS Monaco berhasil meraih pendapatan dari penjualan pemain sebesar 968 juta euro atau sekitar Rp16,5 triliun dalam sedekade terakhir. 

Beberapa penjualan terbesar yang pernah dilakukan oleh AS Monaco ialah Youri Tielemans (Leicester City), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Thomas Lemar (Atletico Madrid), hingga Fabinho (Liverpool). AS Monaco berhasil meraih dana dari penjualan Mbappe sebesar 145 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun.

5. Juventus

5 Klub yang Raih Untung Besar dari Jual Pemain dalam Sedekade Terakhirpotret Joao Cancelo bersama Juventus (juventus.com)

Klub Serie A yang berhasil meraih pendapatan yang paling banyak dari penjualan pemain ialah Juventus. Klub tersebut berhasil meraih 963 juta euro atau setara Rp16,4 triliun dari penjualan pemain. Beberapa penjualan terbesar Juventus ialah Miralem Pjanic (Barcelona), Joao Cancelo (Manchester City), Leonardo Bonucci (AC Milan), dan beberapa pemain lainnya. 

Meskipun begitu, beberapa pemain yang dijual biasanya dilengkapi dengan opsi pertukaran pemain. Sebut saja Joao Cancelo yang ditukar dengan Danilo yang merupakan pemain Manchester City. Hal tersebut bertujuan agar harga pemain yang dijual dapat lebih murah, di samping Juventus tidak usah repot mencari pengganti pemain yang dilepaskannya. 

 

Nah, itu dia 5 klub yang meraih pendapatan terbesar dari penjualan pemain dalam sedekade terakhir. Kelima klub tersebut dikenal memiliki strategi bisnis yang mumpuni. Adakah klub favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Memiliki Klausul Transfer Paling Unik, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya