Comscore Tracker

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarah

Ada dua pelatih legendaris Manchester United, lho!

Pelatih merupakan sosok yang penting untuk memimpin sebuah tim sepak bola dalam meraih kemenangan di setiap sepak bola. Pelatih bertanggung jawab atas setiap kekalahan dan kegagalan dari sebuah tim di sebuah kompetisi. Hal tersebut membuat posisi seorang pelatih kerap tidak dapat bertahan lama, apalagi jika klub yang dilatihnya berada di kompetisi yang sangat ketat.

Uniknya, terdapat beberapa pelatih yang mempunyai jangka waktu melatih suatu tim sepak bola yang sangat lama. Mereka dikenal sebagai seorang pelatih yang loyal dan berprestasi. Berikut 5 pelatih terlama di sepanjang sejarah tim sepak bola. 

1. Guy Roux - 36 tahun

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarahthesefootballtimes.co

Tak banyak yang tahu bahwa Guy Roux merupakan pelatih dengan masa jabatan terlama dalam sebuah tim sepak bola. Dia sudah melatih AJ Auxerre yang merupakan klub asal Prancis selama 36 tahun. Bersama klub tersebut, dia mampu memberikan 1 piala Ligue 1 dan 4 piala Coupe de France.

Dia meninggalkan AJ Auxerre pada tahun 2005 dan 2 tahun kemudian dia memutuskan untuk melatih sesama klub asal Prancis selama 1-2 bulan saja, yaitu Lens. Sejak ditinggal Guy Roux, AJ Auxerre mengalami penurunan peforma dan saat ini klub tersebut bermain di Ligue 2.

2. Sir Alex Ferguson - 27 tahun

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarahchinese.fansshare.com

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Sir Alex Ferguson. Bagaimana tidak, pelatih asal Skotlandia itu sudah melatih Manchester United selama 27 tahun. Ferguson sudah berhasil memberikan berbagai gelar bagi Manchester United, mulai dari Liga Champions, Premier League, hingga Piala FA.

Dapat dikatakan bahwa Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik sepanjang sejarah. Dia meninggalkan Manchester United pada tahun 2013 dan telah menjalani 1284 pertandingan bersama klub tersebut. 

Baca Juga: 5 Pelatih Hebat yang Gagal saat Menjadi Pesepak Bola Dulu, Siapa Saja?

3. Matt Busby - 24 tahun

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarahskysports.com

Selain Sir Alex Ferguson, Manchester United juga memiliki sosok Matt Busby yang telah melatih klub tersebut selama 24 tahun. Bersama Manchester United, Busby sudah memberikan 5 kali gelar Premier League, 2 kali Piala FA, 5 kali Piala Super Inggris, dan 1 kali Liga Champions. Uniknya, Matt Busby dan Sir Alex Ferguson sama-sama berasal dari negara Skotlandia.

Ada satu hal yang tidak akan dilupakan oleh Matt Busby ketika melatih Manchester United, yaitu pada saat ia harus kehilangan banyak pemainnya akibat jatuhnya pesawat yang membawa tim Manchester United usai bermain di ajang Eropa dari Bandara Munich. Busby merupakan salah satu penumpang yang berhasil selamat dari insiden tersebut.

4. Arsene Wenger - 22 tahun 

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarahgetfootballnewsfrance.com

Bagi kamu para fans Arsenal, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Arsenal Wenger. Pelatih asal Prancis itu sudah 22 tahun melatih Arsenal, tepatnya pada tahun 1996 hinga 2018. Bersama Arsenal, Wenger sudah memberikan 3 kali gelar Premier League, 7 kali Piala FA, dan 7 kali Piala Super Inggris.

Saat ini, Arsene Wenger ditunjuk sebagai Direktur Pengembangan di FIFA. Wenger sendiri dikabarkan siap membantu akuisisi Arsenal oleh bos Spotify, Daniel Ek. Daniel Ek sendiri sudah menyatakan minatnya untuk memiliki klub asal Londin itu kedepannya. 

5. Foppe de Haan - 19 tahun

5 Pelatih Sepak Bola dengan Masa Jabatan Terlama dalam Sejarahquality-bookings.nl

Satu lagi pelatih dengan masa jabatan terlama ialah Foppe de Haan. Pelatih asal Belanda itu sudah 19 tahun menjadi juru taktik SC Heerenveen. Sayangnya, ia tidak mampu memberikan satu gelar pun bagi klub tersebut.

Foppe de Haan juga pernah menjadi pelatih Timnas Belanda U-21. Dia berhasil memberikan 2 gelar Piala Euro U-21 bagi tim nasional U-21 itu. Terakhir kali Foppe de Haan menjadi seorang pelatih, ialah pada tahun 2016 dan hingga saat ini dia belum melatih klub manapun.

 

Nah, itu dia 5 pelatih tim sepak bola dengan masa jabatan terlama. Mereka semua merupakan legenda bagi klubnya masing-masing. Pastinya jasa mereka tidak akan terlupakan oleh para fans klub yang pernah ditanganinya. 

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Sepak Bola Top yang Gagal Ketika Menjadi Pelatih

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya