Comscore Tracker

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnya

Mulai dari Roberto Martinez hingga Vladimir Petkovic

Biasanya, banyak sekali negara Eropa yang menjadikan warga aslinya menjadi pelatih skuad sepak bola negaranya. Banyak faktor suatu negara memilih seorang pelatih, mulai dari pengalaman, record saat melatih, taktik, hingga kewarganegaraan. Di ajang Piala Eropa 2020, ternyata terdapat beberapa negara yang mempunyai pelatih yang bukan berasal dari negara mereka.

Memang, pelatih yang mereka percaya itu merupakan nama-nama yang sudah sangat berpengalaman dalam kepelatihan skuad sepak bola. Kita-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Roberto Martinez - Belgia

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnyapotret Roberto Martinez(sempreinter.com)

Belgia berhasil mengalahkan Rusia di laga perdana Grup B dengan skor 3-0. Pelatih Belgia, Roberto Martinez, dianggap cerdik dalam mengatur strategi dan memanfaatkan kelemahan tim Rusia pada pertandingan tersebut. Roberto Martinez sendiri ditunjuk menjadi pelatih Belgia sejak tahun 2016 lalu.

Uniknya, Martinez merupakan pelatih yang mempunyai kewarganegaraan Spanyol. Di sisi lain, pelatih Spanyol saat ini ialah Luis Enrique yang ditunjuk pada tahun 2019 lalu. Kedua pelatih tersebut mempunyai peluang yang besar untuk menjuarai Piala Eropa 2020 mengingat kedalaman skuad yang mereka miliki saat ini. 

2. Franco Foda - Austria

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnyapotret Franco Foda(dailyadvent.com)

Franco Foda merupakan pelatih negara Austria yang ditunjuk sejak tahun 2017 lalu. Di Piala Eropa 2020, Austria sendiri berada di Grup C bersama Belanda, Makedonia Utara, dan Ukraina. Franco Foda sendiri merupakan pelatih kewarganegaraan asal Jerman.

Sebelum ditunjuk melatih timnas Austria, dia merupakan pelatih dari klub asal Austria, yaitu SK Sturm Graz. Kontraknya sendiri diperkirakan selesai pada akhir Juli nanti seiring dengan berakhirnya kompetisi Piala Eropa 2020 yang sedang bergulir.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Kumpulan Data dan Fakta Menarik

3. Marco Rossi - Hungaria

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnyapotret Marco Rossi yang merupakan pelatih Timnas Hungaria(hungarytoday.hu)

Di Piala Eropa 2020, Hungaria masuk Grup F yang merupakan grup neraka bersama Jerman, Prancis, dan Portugal. Hal tersebut pastinya menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi Marco Rossi selaku pelatih utama timnas Hungaria. Marco Rossi sendiri ditunjuk melatih skuad Hungaria sejak tahun 2018.

Pelatih berkebangsaan Italia itu merupakan pelatih klub asal Slovakia, DAC Dunajska Streda, sebelum melatih timnas Hungaria. Kontraknya bersama timnas Hungaria sendiri akan berakhir pada tahun 2025 nanti.

4. Paulo Sousa - Polandia

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnyapotret Paulo Sousa yang merupakan pelatih Timnas Polandia(bobfm.co.uk)

Pelatih timnas Polandia, Paulo Sousa, merupakan pelatih kewarganegaraan Portugal. Dia ditunjuk untuk menangani skuad Polandia sejak Januari 2021 lalu. Pastinya bukan suatu hal yang mudah untuk menangani skuad negara hanya dalam waktu beberapa bulan sebelum dimulainya Piala Eropa 2020.

Di Piala Eropa 2020, Polandia berada di Grup E bersama Spanyol, Swedia, dan Slovakia. Peluang Polandia untuk lolos di fase grup kompetisi tersebut masih terbuka lebar mengingat skuad Polandia saat ini dapat dikatakan cukup matang. 

5. Vladimir Petkovic - Swiss

Piala Eropa: 5 Pelatih Ini Bukan Berasal dari Negara yang Dilatihnyapotret Vladimir Petkovic(iamamigrant.org)

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, merupakan satu-satunya pelatih negara peserta Piala Eropa 2020 yang mempunyai dua kewarganegaraan. Saat ini, Vladimir Petkovic memiliki kewargangeraan Swiss dan Bosnia-Hergovina. Pelatih yang lahir di Sarajevo itu ditunjuk menjadi pelatih Swiss sejak Juli 2014 lalu.

Vladimir Petkovic pernah melatih klub asal Italia, Lazio, pada tahun 2012 hingga 2014 lalu. Kontraknya sendiri bersama timnas Swiss akan segera berakhir pada tahun depan, tepatnya selesai ajang Piala Dunia 2022 nanti.

 

Nah, itu dia 5 negara yang mempunyai pelatih bukan dari negaranya sendiri. Pastinya kelima pelatih tersebut harus membuktikan kepercayaan negara yang ditanganinya saat ini. Dari kelima nama di atas, kira-kira siapakah yang akan berhasil menjuarai Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Aturan Skuad Tim Peserta Piala Eropa 2020, Sudah Tahu?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya