5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21

Torehan Lionel Messi sangat sulit dilampaui pemain lainnya

Bagi seorang pesepak bola, memiliki kekuatan di kaki kiri merupakan sebuah kelebihan. Pasalnya, tak banyak pesepak bola yang memiliki kemampuan kaki kiri yang di atas rata-rata. Kebanyakan pesebak bola mencetak gol dengan menggunakan kaki kanannya.

Menariknya, terdapat beberapa pesepak bola aktif yang diketahui berhasil mencetak gol dengan kaki kiri dalam jumlah yang banyak pada abad ke-21. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya. 

1. Lionel Messi (424 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain (skysports.com)

Fans Barcelona pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Lionel Messi. Walau meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2021 lalu, dia masih menjadi sosok legenda bagi klub tersebut. Messi diketahui memiliki kaki kiri yang sangat kuat.

Tak heran jika Messi berhasil mencetak 424 gol dengan menggunakan kaki kiri. Messi sendiri setidaknya sudah menyumbang 837 gol di level klub maupun internasonal. Artinya, hampir setengah golnya dihasilkan dari kaki kiri. 

2. Mohamed Salah (140 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21Mohamed Salah bersama Mesir (en.africatopsports.com)

Mohamed Salah merupakan salah satu penyerang sayap paling berbahaya saat ini. Bermain bagi Liverpool, Salah mampu membawa Mesir menjadi runner up Piala Afrika 2021. Salah dikenal sebagai pemain dengan kaki kiri yang handal. 

Sudah ada 140 gol yang ditorehkannya di berbagai ajang, baik di level klub maupun internasional. Jumlah tersebut setara sekitar 40 persen dari 311 gol yang merupakan total gol Salah selama berkarier di dunia sepak bola profesional.

Baca Juga: Jago Mencetak Gol, 6 Pemain Sepak Bola Ini Punya Julukan Gol

3. Antoine Griezmann (134 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21Antoine Griezmann bersama Atletico Madrid (marca.com)

Antoine Griezmann merupakan pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Atletico Madrid pada musim 2021/2022. Griezmann dikenal sebagai gelandang serang atau penyerang sayap dengan kemampuan kaki kiri yang sangat bagus. 

Pemain asal Prancis itu ternyata juga sudah mencetak 134 gol dengan menggunakan kaki kiri. Jumlah total yang berhasil ditorehkannya di level klub maupun internasional sendiri mencapai 333 gol. 

4. Lukas Podolski (122 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21Lukas Podolski bersama Arsenal (skysports.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Lukas Podolski masih aktif bermain sebagai pesepak bola. Saat ini, dia membela klub asal Polandia, yaitu Górnik Zabrze. Sebelumnya, dia pernah membela beberapa klub ternama seperti Bayern Munchen, Arsenal, hingga Inter Milan.

Dia dikenal sebagai penyerang yang memiliki kaki kiri yang mumpuni. Bagaimana tidak, sudah ada 122 gol yang dihasilkannya dengan menggunakan kaki kiri tersebut pada abad ke-21. 

5. Cristiano Ronaldo (109 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Kaki Kiri Terbanyak pada Abad 21Potret Cristiano Ronaldo saat debut bersama Manchester United (skysports.com)

Ada juga nama bintang Manchester United yang masuk dalam daftar ini. Ronaldo berhasil mencetak 109 gol dengan menggunakan kaki kiri. Di sisi lain, sebenarnya Ronaldo lebih memiliki kekuatan saat menggunakan kaki kanan. 

Pemain asal Portugal itu juga sering mencetak gol melalui sundulan. Pada musim 2021/2022, Ronaldo hampir dipastikan tak akan meraih trofi apapun bersama Manchester United mengingat tersingkirnya klub tersebut di babak penyisihan Liga Champions.

 

Lionel Messi masih menjadi pemain dengan gol kaki kiri terbanyak pada abad ke-21. Tampanya perolehan tersebut akan sangat sulit dilampaui oleh pemain lainnya mengingat selisih perolehan Messi dan Salah sangat besar. 

Baca Juga: 12 Top Skorer Terbanyak dalam Sejarah, Rekor Gol Terpecahkan!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya