7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier League

Robin van Persie masih memegang rekor ini

Apakah kamu pernah mendengar komentator sepak bola Eropa mengucapkan "He's hitting the woodwork"? Para komentator mengucapkan kalimat ini saat seorang pesepak bola hampir saja memasukkan bola ke gawang lawan, tetapi tidak jadi karena bola tersebut membentur tiang. Di Inggris, istilah ini sangat sering dipakai oleh para komentator.

Dalam sejarahnya, terdapat beberapa pesepak bola yang memiliki rekor tembakan ke tiang lawan terbanyak di Premier League. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Robin van Persie (44 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueRobin van Persie bersama Arsenal (justarsenal.com)

Robin van Persie merupakan mantan pesepak bola asal Belanda yang telah memperkuat dua klub raksasa Inggris. Dia membela Arsenal pada 2004—2012 dan membela Manchester United pada 2012—2015.

Selama bermain di Premier League, setidaknya ada 44 tembakan yang gagal masuk ke gawang lawan karena membentur tiang. Walau begitu, hal tersebut tak mengubah statusnya sebagai salah satu penyerang paling ditakuti di Premier League kala itu.

2. Sergio Aguero (34 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueSergio Aguero bersama Manchester City (skysports.com)

Legenda Manchester City, Sergio Aguero, juga masuk dalam daftar ini. Setidaknya dia gagal menjebol gawang sebanyak 34 kali akibat bolanya membentur tiang. Aguero sendiri membela Manchester City pada 2011—2021.

Aguero menjadi pemain dengan gol terbanyak untuk satu klub dalam sejarah Premier League. Sayangnya, dia harus pensiun dini pada akhir 2021 lalu akibat permasalahan jantung yang dialaminya di Barcelona.

3. Harry Kane (33 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueHarry Kane bersama Tottenham Hotspur (ghanasoccernet.com)

Fans Tottenham Hotspur pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Harry Kane. Kapten timnas Inggris itu membela Tottenham sejak 2011 lalu walau sempat dipinjamkan selama beberapa musim. Pada 2020/2021, Kane menjadi pemain dengan gol dan assist terbanyak di Premier League.

Kane menjadi pemain aktif di Premier League dengan tembakan ke tiang terbanyak. Setidaknya sudah ada 33 tembakan yang gagal menjadi sebuah gol akibat membentur tiang.

Baca Juga: Jadi Pemain Pengganti, 5 Pemain Ini Cetak Hattrick di Premier League

4. Wayne Rooney (29 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueWayne Rooney bersama Manchester United (skysports.com)

Ada juga pelatih Derby County, Wayne Rooney, yang masuk dalam daftar ini. Rooney sempat membela Everton dan Manchester United selama berkarier sebagai pesepak bola profesional.

Rooney berhasil meraih 1 trofi Liga Champions, 5 trofi Premier League, 4 trofi Piala Liga, dan 1 Piala FA selama membela Setan Merah. Di sisi lain, sudah ada 29 tembakan yang mengarah ke mistar gawang saat dia membela Everton maupun Manchester United.

5. Kevin De Bruyne (26 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueKevin De Bruyne bersama Manchester City (mancity.com)

Selain Aguero, ada juga nama Kevin De Bruyne yang kerap melesatkan bola ke tiang gawang. Sebanyak 26 tendangannya gagal menjadi gol akibat membentur tiang gawang. Walau begitu, De Bruyne sendiri masih menjadi pemain tengah yang paling ditakuti oleh tim lawan.

Pasalnya, dia kerap memberikan umpan-umpan bagi para pemain depan Manchester City yang kerap berujung assist. De Bruyne juga memiliki tendangan bebas yang sulit ditebak oleh kiper lawan.

6. Luis Suarez (26 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueLuis Suarez bersama Liverpool (liverpoolfc.com)

Luis Suarez merupakan pemain Liverpool pada 2011—2014. Suarez berhasil menyumbang trofi Piala Liga 2021 selama membela The Reds. Walau tak mampu membawa Liverpool menjuarai Premier League, Suarez berhasil menjadi salah satu pemain terproduktif dalam mencetak gol kala itu. 

Ada juga 26 tembakannya yang gagal dikonversikan menjadi gol akibat membentur tiang. Andaikan tembakannya masuk semua ke gawang lawan, dia akan mengoleksi 108 gol bersama Liverpool.

7. Steven Gerrard (26 kali)

7 Pemain dengan Tembakan ke Tiang Lawan Terbanyak di Premier LeagueSteven Gerrard bersama Liverpool (indonesia.liverpoolfc.com)

Pelatih Aston Villa, Steven Gerrard, juga masuk dalam daftar ini. Gerrard memiliki 26 tembakan yang gagal menjadi gol akibat membentur tiang. Mantan kapten Liverpool itu dikenal sebagai pemain yang kerap melesatkan tendangan jarak jauh.

Selain keras, tendangan bola yang dihasilkannya juga cukup akurat. Tampil apik bersama Liverpool, Gerrard dipanggil untuk membela timnas Inggris dan sudah tampil sebanyak 114 kali.

Robin van Persie masih menjadi pemain yang paling sering menembakkan bola ke tiang gawang di Premier League. Walau begitu, rekor ini pastinya bukan rekor yang bagus untuk diingat, bukan?

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak Hattrick ke Gawang Norwich City di Premier League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya