6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transfer

Ada Martin Ødegaard yang pindah ke Arsenal!

Norwegia merupakan sebuah negara di kawasan Eropa Utara yang diketahui memiliki populasi sekitar 5,3 juta. Dalam kancah sepak bola internasional, Norwegia memang belum bisa unjuk gigi dalam beberapa tahun terakhir. Meksipun begitu, saat ini Norwegia memiliki banyak sekali talenta yang bermain di klub-klub top. 

Tak hanya itu, beberapa pemain asal Norwegia juga diketahui telah dibeli dengan banderol yang sangat mahal. Berikut 6 pemain Norwegia termahal yang pernah dijual pada bursa transfer.

1. Martin Ødegaard - Real Madrid ke Arsenal (2021/2022)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Martin Odegaard di Arsenal (footballtalk.co.uk)

Martin Ødegaard merupakan pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke Arsenal pada bursa transfer musim dingin lalu. Penampilannya yang memuaskan membuat Mikel Arteta mempermanenkan pemain berusia 22 tahun itu. Pemain berkebangsaan Norwegia itu dijual dengan harga 35 juta euro atau sekitar 592 miliar rupiah.

Dengan transfer tersebut Martin Ødegaard menjadi pemain termahal asal Norwegia yang pernah dijual pada bursa transfer. Dalam beberapa tahun terakhir Martin Ødegaard kesulitan untuk menembus skuad utama Real Madrid walau banyak yang percaya bahwa dia merupakan talenta yang sangat menjanjikan ke depannya.

2. Sander Berge - KRC Genk ke Sheffield United (2019/2020)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Sander Berge di Sheffield United (the12thman.in)

Pada musim lalu, Sander Berge adalah pemain yang tampil impresif di Premier League bersama Sheffield United. Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu tak mampu mengeluarkan Sheffield United dari zona degradasi. Saat ini dia bermain di Championship yang merupakan kompetisi kasta kedua di Inggris. 

Sander Berge merupakan pemain Sheffield United sejak musim 2019/2020 setelah dibeli dari KRC Genk dengan harga 23 juta euro atau setara 389 miliar rupiah. Sebelum Ødegaard pindah ke Arsenal pada bursa transfer musim panas ini, dialah yang menyandang pemain Norwegia termahal dalam penjualan di bursa transfer.

Baca Juga: Dibuang Real Madrid, Messi Norwegia Gabung Arsenal

3. Erling Haaland - RB Salzburg ke Borussia Dortmund (2019/2020)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Erling Haaland bersama Borussia Dortmund (football-espana.net)

Fans Borussia Dortmund pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Erling Haaland. Dapat dikatakan bahwa Haaland merupakan pembelian tersukses di Borussia Dortmund dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, Haaland menjadi mesin gol utama klub tersebut semenjak kepindahannya pada musim 2019/2020.

Kala itu dia dibeli dengan harga 20 juta euro atau setara 338 miliar rupiah dari RB Salzburg. Saat ini, Haaland malah dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, yaitu 130 juta euro atau setara 2,1 triliun rupiah. Jika Borussia Dortmund berhasil menjual pemain tersebut, pastinya mereka akan untung besar.

4. Alexander Sörloth - Crystal Palace ke RB Leipzig (2020/2021)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Alexander Sörloth bersama RB Leipzig (archyworldys.com)

Pada musim lalu, Alexander Sörloth remsi pindah dari Crystal Palace ke RB Leipzig. Dia dibeli dengan harga 20 juta euro atau setara 338 miliar rupiah. Sayangnya, dia cukup kesulitan untuk tampil tajam pada musim lalu. 

Alexander Sörloth sendiri juga merupakan pemain internasional Norwegia. Setidaknya sudah ada 32 caps yang berhasil dia dapatkan bersama negaranya. Pada musim ini, dia dipercaya hanya akan menjadi pelapis Yussuf Poulsen dan pemain baru RB Leizig, Andre Silva.

5. Tore André Flo - Chelsea ke Rangers (2000/2001)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Tore André Flo bersama Chelsea (gloucestershirelive.co.uk)

Dapat dikatakan bahwa Tore André Flo merupakan salah satu legenda Timnas Norwegia. Dalam sejarahnya, dia sudah memberikan 76 penampilan bagi negaranya. Dia juga pernah membela beberapa klub top seperti Rangers, Chelsea, hingga Leeds United. 

Pada bursa transfer 2000/2001, Tore André Flo resmi dijual Chelsea ke Rangers dengan harga 18 juta euro atau setara 304 miliar rupiah. Chelsea untung besar dari penjualan tersebut karena dia hanya dibeli dengan harga 450 ribu euro atau 7,6 miliar rupiah dari klub Brann.

6. Mohamed Elyounoussi - FC Basel ke Southampton (2018/2019)

6 Pemain Norwegia Termahal yang Pernah Dijual pada Bursa Transferpotret Mohamed Elyounoussi (premierleague.com)

Mohamed Elyounoussi merupaan pemain Southampton yang dibeli dari FC Basel pada musim 2018/2019. Dia dibeli dengan harga 18 juta euro atau setara 304 miliar rupiah. Sayangnya, dia tak mampu bersaing dengan pemain sayap Southampton lainnya sehingga harus dipinjamkan ke Celtic pada musim lalu. 

Pemain berusia 27 tahun itu juga merupakan pemain internasional Norwegia sejak tahun 2014 dan sudah memberikan penampilan sebanyak 32 kali. Lulusan akademi Sarpsborg 08 FF dipercaya masih akan menjadi pelapis di Southampton pada musim ini dengan hadirnya Theo Walcott.

 

Nah, itu dia 6 pesepak bola Norwegia yang pernah dibeli pada bursa transfer dengan harga termahal. Meskipun begitu, pemain termahal Norwegia masih dipegang oleh Erling Haaland. Di sisi lain, transfer termahal pemain asal Norwegia dipecahkan oleh Martin Ødegaard yang baru saja dipermanenkan Arsenal.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Southampton, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya