5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020

Mulai dari Patrik Schick hingga Jude Bellingham

Piala Eropa 2020 baru saja dimulai pada 11 Juni 2021 lalu. Berbagai negara telah mengerahkan berbagai kekuatan mereka agar dapat lolos di fase grup masing-masing. Uniknya, berbagai rekor telah berhasil di cetak dalam beberapa hari saja setelah Piala Eropa 2020 resmi dimulai.

Kira-kira apa saja rekor yang dipecahkan di ajang Piala Eropa 2020 yang sedang berlangsung? Berikut 5 pemain yang berhasil mencetak rekor di ajang Piala Eropa 2020. 

1. Patrik Schick - Republik Ceko

5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020potret Patrik Schick bersama Timnas Republik Ceko(skysports.com)

Penyerang Bayer 04 Leverkusen, Patrik Schick, berhasil memecahkan suatu rekor di Piala Eropa 2020. Gol kedua Patrik Schick pada laga melawan Skotlandia itu berhasil dicetak dalam jarak 49,7 meter.Gol tersebut merupakan gol terjauh yang pernah tercipta dalam sejarah ajang Piala Eropa.

Patric Schick berhasil memecahkan rekor Torsten Frings yang mencetak gol dari jarak 38,6 meter ke gawang Belanda pada Euro 2004. Torsten Frings sendiri merupakan pemain berkebangsaan Jerman pada waktu itu. Rekor Patrik Schick dipercaya akan sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

2. David Marshall - Skotlandia

5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020potret David Marshall bersama Timnas Skotlandia(skysports.com)

David Marshall merupakan pemain Derby County yang menjadi kiper utama Timnas Skotlandia di ajang Piala Eropa 2020. Marshall menjadi pemain tertua di skuad Skotlandia di ajang Piala Eropa sepanjang sejarah. Dirinya berusia 36 tahun dan 101 hari saat tampil menghadapi Republik Ceko.

Uniknya, Marshall juga memberikan sebuah rekor baru yaitu kiper yang kebobolan bola dalam tendangan terjauh dari gawang yang berjarak 49,7 meter saat Patrik Schick membobol gawangnya di laga pertama fase grup. Pastinya rekor ini bukan merupakan rekor yang bagus bagi lulusan akademi Celtic itu.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Portugal Hancurkan Hungaria di Piala Eropa 2020

3. Wojciech Szczesny - Polandia

5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020potret Wojciech Szczesny bersama Timnas Polandia(skysports.com)

Kiper Timnas Polandia, Wojciech Szczesny, menjadi kiper pertama yang mencetak gol bunuh diri sepanjang sejarah ajang Piala Eropa. Penjaga gawang Juventus itu juga menjadi kiper keempat yang mencetak gol bunuh diri dalam dua turnamen besar, termasuk Piala Dunia.

Szczesny juga mencetak rekor lain pada ajang Piala Erioa 2020, yaitu gol bunuh diri tercepat sepanjang sejarah putaran final Piala Eropa. Dia mencetak gol bunuh diri pada menit ke-18 saat melawan Slovakia. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh pemain belakang Kroasia, Igor Tudor, yang mencetak gol pada menit ke-22 pada Piala Eropa 2004 beberapa tahun lalu.

4. Pedri - Spanyol

5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020potret Pedri bersama Timnas Spanyol(tribuna.com)

Wonderkid Barcelona, Pedri, baru saja mencatatkan namanya dalam daftar pemain yang mencetak rekor di Piala Eropa. Pemain Barcelona ini menjadi pemain Timnas Spanyol termuda yang tampil di kompetisi internasional, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia. Pada saat menghadapi Timnas Swedia, Pedri berusia 18 tahun dan 201 hari.

Sebelumnya, rekor pemain termuda yang tampil untuk Timnas Spanyol di turnamen besar sendiri diraih oleh Cesc Fabregas. Pada waktu itu, Fabregas berusia 19 tahun dan 41 hari saat tampil melawan Timnas Ukraina pada ajang Piala Dunia 2006.

5. Jude Bellingham - Inggris

5 Pemain yang Berhasil Mencetak Rekor di Piala Eropa 2020potret Jude Bellingham bersama Timnas Inggris(skysports.com)

Pemain Borusssia Dortmund, Jude Bellingham, menjadi pemain termuda yang bermain di ajang Piala Eropa setelah dirinya tampil bersama timnas Inggris saat menghadapi Timnas Kroasia. Jude Bellingham masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-82 untuk menggantikan Harry Kane. Saat itu, dia baru berusia 17 tahun 349 hari dan berhasil menjadi pemain termuda di kompetisi empat tahunan ini

Bellingham mengalahkan rekor sebelumnya yakni 18 tahun 71 hari yang dipegang oleh Jetro Willems saat tampil membela Belanda pada Piala Eropa 2012. Pastinya sangat sulit untuk memecahkan rekor Jude Bellingham kedepannya.

Nah, itu dia 5 pemain yang berhasil mencetak rekor di ajang Piala Eropa 2020. Kelima rekor tersebut berhasil diciptakan walau Piala Eropa 2020 masih dalam tahap fase grup pertandingan pertama. Apakah akan ada rekor yang terpecahkan di Piala Eropa 2020?

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Cristiano Ronaldo Bertabur Rekor

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya