5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru Chelsea

Membeli pemain mahal bersama Brighton

Graham Potter resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Chelsea menggantikan Thomas Tuchel. Namun, karena bursa transfer ditutup pada awal September 2022 lalu, sang pelatih tidak bisa langsung merekrut pemain.

Potter sendiri punya riwayat pembelian pemain mahal. Kebanyakan dilakukan eks pelatih Oestersund dan Swansea City itu saat melatih Brighton.

Kira-kira siapa saja pembelian pemain termahal Graham Potter? Berikut daftarnya lengkap!

1. Adam Webster (Rp332 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru ChelseaAdam Webster dan Graham Potter (twitter.com/AdamWebster31)

Saat Graham Potter baru menangani Brighton, dia mendatangkan bek tangguh asal Bristol City, Adam Webster. Tak tanggung-tanggung, harga Webster mencapai 22,22 juta euro atau Rp332 miliar.

Adam Webster resmi menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan Graham Potter. Potter sendiri mampu memanfaatkan potensi Webster dengan sangat baik dan menjadikannya andalan di lini belakang Brighton.

2. Neal Maupay (Rp232 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru ChelseaNeal Maupay berlatih bersama Brighton. (twitter.com/nealmaupay18)

Neal Maupay juga dibeli pada masa awal kepelatihan Graham Potter di Brighton. Dia dibeli dengan harga 15,56 juta euro atau Rp232 miliar dari Brentford.

Musim pertamanya bersama Graham Potter berjalan mulus dengan menyumbang 10 gol dan 3 assist di Premier League. Sayangnya, Graham Potter harus rela melepas Maupay ke Everton pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Pemain berusia 26 tahun itu tampaknya ingin mencari tantangan baru bersama The Toffees.

Baca Juga: 5 Pelatih Termahal dalam Sejarah Dunia Sepak Bola, Ada Graham Potter!

3. Leandro Trossard (Rp232 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru ChelseaLeandro Trossard bermain bersama Brighton. (twitter.com/LTrossard)

Graham Potter berhasil mendatangkan Leandro Trossard dari KRC Genk. Trossard dibeli dengan harga 15,56 juta euro atau sekitar Rp232 miliar.

Pemain asal Belgia itu berhasil dipoles Graham Potter menjadi penyerang sayap berbahaya di Premier League. Trossard diyakini akan menjadi salah satu pemain yang diboyong Potter ke Chelsea dalam 1 atau 2 musim mendatang.

4. Jakub Moder (Rp164 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru ChelseaJakub Moder bermain bersama Brighton. (instagram.com/kubamoder)

Pada busa transfer musim panas 2020, Graham Potter memutuskan untuk mendatangkan Jakub Moder dari Lech Poznan. Pemain berusia 23 tahun itu dibeli dengan harga 11 juta euro atau Rp164 miliar.

Graham Potter tak langsung memainkan Moder karena dirinya diberikan kesempatan untuk bermain dengan klub lamanya selama setengah musim dengan status pinjaman. Setelah masa peminjamannya selesai, Moder gagal menembus skuad utama Brighton dan hanya mendapatkan jatah bermain yang sedikit.

5. Michal Karbownik (Rp82 miliar)

5 Pembelian Pemain Termahal Graham Potter, Pelatih Baru ChelseaMichal Karbownik (instagram.com/karboo_14_)

Pada bursa transfer musim panas 2022, Graham Potter juga mendatangkan bek sayap kanan asal Polandia, Michal Karbownik. Dia dibeli dari Legia Warszawa dengan harga 5,5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar.

Sejak bergabung Brighton, Michal Karbownik tak terlalu mendapatkan kesempatan bermain yang banyak sehingga dia kerap dipinjamkan ke klub lain. Karbownik dipinjamkan ke Legia Warszawa, Olympiacos, dan Fortuna Duesseldorf. 

Adam Webster masih menjadi pembelian pemain termahal yang pernah didatangkan Graham Potter. Apakah rekor ini akan terpecahkan saat Potter melatih Chelsea?

Baca Juga: Graham Potter Datang, Kekeluargaan akan Muncul di Chelsea

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya