Comscore Tracker

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam Sejarah

Mulai dari Aubameyang hingga Haaland

Borussia Dortmund merupakan salah satu satu klub top asal Jerman. Klub tersebut kerap menjadi perwakilan Jerman di ajang Liga Champions Eropa maupun Liga Europa. Selain dikenal dengan prestasinya, Borussia Dortmund juga dikenal dengan kecerdikan manajemen mereka dalam mengembangkan pemain. 

Pengembangan pemain tersebut kerap menghasilkan keuntungan yang besar di bursa transfer. Ada lima penjualan pemain yang paling menguntungkan dari Borussia Dortmund.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Rp758 miliar)

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam SejarahPierre-Emerick Aubameyang bersama Borussia Dortmund (skysports.com)

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan pemain yang naik daun saat masih membela Borussia Dortmund pada 2013—2018. Aubameyang dibeli dari Saint Etienne dengan harga 13 juta euro atau setara Rp197 miliar. 

Aubameyang kemudian dijual Borussia Dortmund ke Arsenal pada 2018 dengan harga 63 juta euro atau setara Rp955 miliar. Dengan hal tersebut, mereka mendapatkan keuntungan dari pemain asal Gabon itu sekitar Rp758 miliar.

2. Ousmane Dembele (Rp1,59 triliun)

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam SejarahOusmane Dembele bersama Borussia Dortmund (peakpx.com)

Ousmane Dembele merupakan salah satu pemain termahal yang pernah dilepas Borussia Dortmund. Pasalnya, dia jual Borussia Dortmund ke Barcelona pada 2017 dengan harga 140 juta euro atau Rp2,1 triliun. 

Padahal Borussia Dortmund hanya membeli Dembele dengan harga 35 juta euro atau Rp530 miliar dari Stade Rennais. Artinya, mereka telah mendapatkan keuntungan sebesar Rp1,59 triliun dari penjualan Dembele ke Barcelona.

Baca Juga: 11 Potret Ousmane Dembele, Winger Barcelona asal Prancis

3. Christian Pulisic ( Rp970 miliar)

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam SejarahChristian Pulisic bersama Borussia Dortmund (mlssoccer.com)

Christian Pulisic dibeli Borussia Dortmund secara gratis dari PA Classics pada 2015. Setelah diorbitkan akademi Borussia Dortmund pada 2016, namanya langsung naik daun di sepak bola Eropa.

Hal tersebut membuat Chelsea tertarik membelinya dengan harga 64 juta euro atau setara Rp970 miliar. Pulisic merupakan salah satu contoh sukses produk akademi Borussia Dortmund yang memberikan keuntungan yang besar dalam sejarahnya.

4. Jadon Sancho (Rp1,1 triliun)

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam Sejarahpotret Jadon Sancho bersama Borussia Dortmund (insider-voice.com)

Jadon Sancho merupakan rekrutan baru Manchester United pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Sancho dibeli dengan harga Rp1,29 triliun dari Borussia Dortmund. Padahal klub asal Jerman itu sendiri hanya membeli Sancho dengan harga 8 juta euro atu sekitar Rp122 miliar.

Artinya, Dortmund mendapatkan keuntungan dari penjualan Sancho sebesar Rp1,1 triliun. Sayangnya, Sancho kurang tampil optimal setelah dijual Dortmund ke Manchester United pada 2021/2022.

5. Erling Haaland (Rp607 miliar)

5 Penjualan Borussia Dortmund Paling Menguntungkan dalam Sejarahpotret Erling Haaland bersama Borussia Dortmund (worldfootballindex.com)

Erling Haaland akan bergabung ke Manchester City pada Juli 2022 mendatang. Borussia Dortmund melepaskan Haaland di harga 60 juta euro atau setara Rp910 miliar. Haaland sendiri dibeli dari RB Salzburg dengan harga 20 juta euro Rp305 miliar. 

Artinya, Borussia Dortmund masih mendapatkan keuntungan dari penjualan Haaland sebesar Rp607 miliar. Sebenarnya, mereka bisa saja mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena banderol pemain asal Norwegia itu saat ini mencapai 150 juta euro atau sekitar 2,3 triliun. 

Kelima peman di atas telah memberikan keuntungan yang besar bagi Borussia Dortmund. Mereka merupakan bukti nyata keberhasilan tim pengembangan Borussia Dortmund dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Jadi Korban Kedatangan Haaland

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya