5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrika

Termasuk bintang Bayern Munich, Alphonso Davies, nih

Setiap bulan Februari, masyarakat di berbagai negara merayakan Black History Month. Bagi yang belum tahu, Black History Month merupakan perayaan untuk mengingat pencapaian keturunan Afrika di suatu negara. Selain Amerika Serikat, salah satu negara yang merayakan Black History Month adalah Kanada.

Para keturunan Afrika di Kanada sendiri memiliki peran yang besar dalam sepak bola di negara tersebut. Terdapat beberapa pesepak bola top Kanada yang diketahui memiliki keturunan Afrika. Kira-kira siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Richie Laryea (Nottingham Forest)

5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrikapotret Richie Laryea bersama Nottingham Forest (nottinghamforest.co.uk)

Richie Laryea merupakan bek sayap kanan andalan Timnas Kanada sejak 2019 lalu. Saat ini, dia membela Nottingham Forest yang bermain di Championship Inggris. Mengawali karier sepak bolanya di University of Akron, Laryea berhasil dilirik oleh klub profesional Major League Soccer (MLS), Orlando City.

Richie Laryea merupakan pemain Kanada keturunan Ghana. Menariknya, kakeknya ternyata merupakan pesepak bola profesional yang bermain untuk timnas Ghana. Dia sendiri diketahui memiliki kewarganegaraan kedua di Ghana.

2. Sam Adekugbe (Hatayspor)

5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrikapotret Sam Adekugbe bersama Kanada (today.ng)

Bek kiri andalan Timnas Kanada, Sam Adekugbe, ternyata juga merupakan keturunan Afrika. Pemain berusia 27 tahun itu kini bermain untuk klub asal Turki, Hatayspor. Dia sendiri mengawali karier sepak bolanya di klub Vancouver Whitecaps.

Adekubge sendiri diketahui memiliki keturunan asal Nigeria dari orangtuanya. Tak heran jika dirinya memiliki dua kewarganegaraan sekaligus, yaitu Kanada dan Nigeria. Walau begitu, dia lebih memilih untuk membela timnas Kanada sejak 2015 lalu.

Baca Juga: Peringati Black History Month, 8 Film Sejarah Warga Kulit Hitam

3. Tesho Akindele (Orlando City)

5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrikapotret Tesho Akindele bersama Orlando City (scorenigeria.com.ng)

Ada juga pemain Kanada lainnya yang memiliki keturunan asal Nigeria, Tesho Akindele. Dia diketahui memiliki keturunan Nigeria dari ayahnya yang merupakan seorang migran. Dia juga memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Kanada dan Nigeria.

Saat ini, Tesho Akindele bermain untuk klub asal Amerika Serikat, Orlando City. Pemain berusia 29 tahun itu juga dipercaya membela timnas Kanada dengan memberikan penampilan sebanyak 19 kali sejak 2015. 

4. Alphonso Davies (Bayern Munich)

5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrikapotret Alphonso Davies bersama Bayern Munich (canpl.ca)

Alphonso Davies merupakan pemain asal Kanada dengan banderol termahal saat ini. Banderolnya sendiri mencapai 70 juta euro atau Rp1,1 triliun. Di usianya yang baru 21 tahun, dia sudah membela timnas Kanada sebanyak 30 kali.

Davies diketahui merupakan migran asal Liberia saat dirinya masih kecil. Dia lahir di Ghana saat kedua orangtuanya sedang mengungsi ke Kanada akibat konflik domestik yang terjadi di Liberia kala itu.

5. Noble Okello (Toronto)

5 Pesepak Bola Top Kanada yang Ternyata Memiliki Keturunan Afrikapotret Noble Okello bersama Toronto (torontofc.ca)

Noble Okello merupakan talenta muda yang dimiliki klub Toronto asal Amerika Serikat. Pemain berusia 21 tahun itu juga sempat membela timnas Kanada senior sebanyak dua kali pada tahun 2020 lalu.

Noble Okello diketahui memiliki keturunan asal Uganda dari orangtuanya. Tak heran jika saat ini dia memiliki dua kewarganegaraan sekaligus, yaitu Kanada dan Uganda. 

Sederet pemain tersebut merupakan punggawa andalan timnas Kanada. Mereka berkontribusi besar atas prestasi timnas Kanada di kancah internasional yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: Merayakan Black History Month, 7 Sosok Kulit Hitam yang Menginspirasi

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya