5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21

Mulai dari Abou Diaby hingga Thomas Vermaelen

Seorang pesepak bola pastinya selalu ingin bermain reguler agar dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sayangnya, tak semua pesepak bola bisa bermain reguler akibat cedera yang dideritanya setiap musimnya. Hal tersebut pasti menjadi kerugian tersendiri bagi pemain itu dan klub yang dibelanya. 

Pada abad ke-21, diketahui terdapat beberapa pesepak bola yang paling lama mengalami cedera. Dapat dikatakan penampilan mereka menjadi tak maksimal akibat cedera tersebut. Kira-kira siapa saja mereka? Yuk simak penjelasannya. 

1. Abou Diaby

5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21potret Abou Diaby bersama Arsenal (standard.co.uk)

Fans Arsenal pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Abou Diaby. Bagaimana tidak, pemain asal Prancis itu membela Arsenal selama 9 tahun, yaitu sejak tahun 2006 hingga 2015. Klub terakhir yang dibelanya ialah Marseille sebelum dia meninggalkan klub tersebut dengan status bebas transfer pada tahun 2017.

Dapat dikatakan Abou Diaby merupakan pemain terlama yang mengalami cedera dalam dunia sepak bola pada abad ke-21. Dari 21 cedera yang dideritanya, dia sudah menghabiskan waktu untuk pemulihan selama 1.747 hari. Cedera engkel merupakan salah satu cedera yang paling sering dideritanya saat masih menjadi pesepak bola aktif.

2. Arjen Robben

5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21potret Arjen Robben bersama Real Madrid (colgadosporelfutbol.com)

Arjen Robben merupakan salah satu pesepak bola asal Belanda yang paling bersinar dalam beberapa dekade terakhir. Dia pernah membela beberapa klub raksasa, seperti Real Madrid, Chelsea, hingga Bayern Munich. Sayangnya, dia merupakan pemain yang sangat sering mengalami cedera, baik ringan maupun berat. 

Sepanjang karier sepak bolanya, Robben sudah mengalami cedera sebanyak 58 kali. Selain itu, Robben harus absen selama 1.507 hari akibat cedera yang dideritanya. Beberapa cedera yang pernah menimpanya ialah cedera lutut, cedera punggung, hingga cedera otot.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Top yang Resmi Pensiun di Tahun 2021, Robben Terbaru!

3. Jack Wilshere

5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21potret Jack Wilshere bersama Arsenal (ftw.usatoday.com)

Jack Wilshere merupakan pemain yang masih berstatus bebas transfer mulai 30 Agustus 2021. Lulusan akademi Arsenal itu tak diperpanjang kontraknya setelah bermain untuk AFC Bournemouth. Pemain asal Inggris itu memang kerap mengalami cedera yang menjadikan dia harus absen dalam waktu yang lama. 

Wilshere sebenarnya baru mengalami cedera sebanyak 18 kali. Namun, masa pemulihan di setiap cederanya dapat dikatakan sangat lama. Alhasil, Wilshere harus absen bermain selama 1.470 hari akibat cedera yang dideritanya.

4. Vincent Kompany

5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21potret Vincent Kompany bersama Manchester City (skysports.com)

Vincent Kompany merupakan sosok yang penting di skuad Manchester City atas keberhasilan klub tersebut meraih berbagai trofi. Pemain asal Belgia itu membela Manchester City sejak tahun 2008 hingga 2019 lalu. Dia sendiri memutuskan pensiun di klub masa kecilnya pada tahun 2020 lalu, yaitu RSC Anderlecht. 

Selama membela Manchester City, RSC Anderlecht, dan Hamburger, Kompany sudah mengalami cedera sebanyak 31 kali. Dia membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kebugarannya yaitu selama 1.419 hari. Kompany diketahui kerap mengalami cedera cedera otot, cedera kaki, hingga cedera lutut.

5. Thomas Vermaelen

5 Pesepak Bola yang Paling Lama Mengalami Cedera pada Abad ke-21potret Thomas Vermaelen bersama Barcelona (fcbarcelona.com)

Selain Vincent Kompany, ada lagi pemain asal Belgia yang diketahui kerap mengalami cedera, yaitu Thomas Vermaelen. Pemain Vissel Kobe itu pernah membela beberapa klub top seperti Ajax, Arsenal, AS Roma, hingga Barcelona. Bersama Timnas Belgia, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 85 kali sejak tahun 2006.

Sayangnya, dia harus mengalami cedera sebanyak 35 kali sehingga harus absen selama 1.366 hari. Cedera yang dideritanya itu kerap membuat dirinya menjadi pemain cadangan serta mendapatkan menit bermain yang sedikit.

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola yang paling lama mengalami cedera pada abad ke-21. Absennya mereka pastinya menjadi kerugian tersendiri bagi mereka dan masing-masing klub yang dibelanya. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Teknik Jatuh dari Motor, Bisa Meminimalisasi Cedera

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya