Roman Abramovich Resmi Lepas Chelsea, Berikut 5 Faktanya

Hampir 20 tahun Roman Abramovich bersama Chelsea

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, secara resmi mengumumkan bahwa dia telah melepas klubnya pada Minggu (27/02/2022). Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh pihak manajemen Chelsea. 

Mundurnya Roman Abramovich sendiri tak lepas dari invasi Rusia di Ukraina dalam beberapa hari terakhir. Abramovich merupakan teman dekat sekaligus pendukung Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Hal tersebut membuat Pemerintah Inggris memberikan sanksi kepadanya, termasuk larangan untuk memasuki Inggris. Beberapa waktu kemudian, Abramovic langsung mengumumkan pelepasan kepemilikan Chelsea. 

1. Desakan pembekuan aset Roman Abramovich oleh partai oposisi Inggris

Setelah Rusia menginvansi Ukraina, PM Boris Johnson langsung memberikan sanksi keuangan dan perdagangan terhadap Rusia. Dia juga diketahui telah melarang Aeroflot yang merupakan perusahaan penerbangan asal Rusia untuk beroperasi di wilayah Inggris. 

Hal tersebut tampaknya belum cukup menurut partai opossi Inggris, Partai Buruh. Mereka mendesak PM Inggris Boris Johnson untuk membekukan aset taipan Roman Abramovich selaku pemilk Chelsea.

Bahkan, Partai Buruh secara terang-terangan ke media bahwa mereka ingin Roman Abramovich mundur dari kepemilikan Chelsea. Tak butuh waktu lama, keinginan mereka terwujud pada Minggu (27/02/2022) setelah akun media Chelsea mengumumkan mundurnya Abramovich.

2. Hubungan Roman Abramovich dan Vladimir Putin

Roman Abramovich dan Vladimir Putin merupakan kolega dekat. Abramovich merupakan pendukung politik Vladimir Putin dan dikabarkan sempat menjadi tim kampanye. Bahkan, dia juga dikabarkan mendanai kampanye Putin. 

Rumornya, Abramovich juga dituduh telah memakai dana gelap untuk mendanai kampanye Putin, dilansir Transfer News. Untuk menghindari hukuman, dia memindahkan asetnya untuk membeli klub Chelsea pada 2003. 

Baca Juga: 5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman Abramovich

3. Sudah 20 tahun Roman Abramovich memiliki Chelsea

Sudah hampir 20 tahun Roman Abramovich memiliki Chelsea. Dia mengakuisisi klub asal London itu pada 2003 dan langsung memberikan perubahan yang signifikan. Sejak diakuisisi Abramovich, Chelsea berhasil menjelma sebagai salah satu klub top di berbagai dunia.

Abramovich berhasil membawa Chelsea menjuarai semua piala yang bisa didapatkan klub tersebut, mulai dari Piala Liga, Premier League, Piala FA, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antar Klub. Berbicara tentang Liga Champions, Chelsea di bawah Abramovich sudah berhasil meraih trofi tersebut pada 2011/2012 dan 2020/2021.

4. Lukaku jadi pembelian termahal sekaligus terakhir Abramovich

Roman Abramovich Resmi Lepas Chelsea, Berikut 5 Faktanyapotret debut Lukaku pada musim ini bersama Chelsea saat melawan Arsenal (football365.com)

Seperti yang diketahui, Chelsea berhasil mendatangkan Romelu Lukaku pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Transfer tersebut dinilai sangat strategis mengingat Chelsea tidak memiliki penyerang tajam sebelumnya. Pembelian tersebut merupakan yang termahal dalam sejarah kepemilikan Abramovich. 

Bagaimana tidak, Chelsea harus membayar dana sebesar 113 juta euro atau setara Rp1,8 triliun kepada Inter Milan. Dengan hal itu, Lukaku menjadi pemain terakhir dan termahal yang direkrut Abramovich di Chelsea secara permanen. 

5. Trofi Piala Dunia Antar Klub merupakan persembahan terakhir bagi Abramovich

Roman Abramovich Resmi Lepas Chelsea, Berikut 5 FaktanyaPara pemain Chelsea merayakan trofi Piala Dunia Antar Klub 2021. (twitter.com/kepa_46)

Seperti yang diketahui, Chelsea berhasil menjuarai turnamen Piala Dunia Antar Klub 2021. Chelsea berhasil mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1. Kai Havertz menjadi penentu kemenangan Chelsea pada laga tersebut setelah menjebol gawang Palmeiras di babak tambahan waktu.

Trofi tersebut merupakan persembahan terakhir para pemain Chelsea untuk Roman Abramovich. Sebenarnya Chelsea masih bisa memperolehan trofi lainnya seperti Piala Liga hingga Liga Champions. Namun, Roman Abramovich sudah resmi hengkang duluan dari Chelsea.

 

Kepergian Roman Abramovich dari Chelsea pastinya bukan kabar baik bagi para fans Chelsea. Apalagi Abramovich sendiri merupakan salah satu pendonor utama operasional Chelsea dalam 2 dekade terakhir. 

Baca Juga: 5 Pemain Pertama yang Diboyong Chelsea pada Era Roman Abramovich

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya