Comscore Tracker

Perlahan, Tammy Abraham Mengubah Kutukan Nomor Punggung 9 di Chelsea

Pemain no. 9 di Chelsea selalu bernasib sial

Sosok Tammy Abraham mencuat setelah ia berhasil menembus skuat utama Chelsea musim 2019/2020. Pemain berusia 22 tahun mampu menarik perhatian Lampard berkat penampilan menawan musim lalu saat dipinjamkan ke Aton Villa. Bermain untuk publik Villa Park di Championship (kasta kedua kompetisi Inggris), Abraham sukses tampil subur dengan koleksi 25 gol dari 37 penampilan. Ia juga menjadi sosok penting di balik promosinya Aston Villa kembali ke Liga Primer Inggris.

Musim ini, dia menjadi ujung tombak Frank Lampard, usai Chelsea terkena larangan transfer pemain. Memanfaatkan para pemain muda, Lampard harus meramu strategi terbaik. Abraham yang mengemban nomor 9 musim ini, menjadi sorotan, kenapa?

1. Keputusan menggunakan nomor punggung 9

Perlahan, Tammy Abraham Mengubah Kutukan Nomor Punggung 9 di Chelseastandard.co.uk

Keberanian Abraham mengenakan nomor punggung 9 di Chelsea sempat membuat para fans Chelsea bertanya-tanya. Beberapa fans Chelsea menyayangkan keputusannya karena masih trauma dengan histori nomor punggung keramat tersebut. Sebagai pemakai sebelumnya, striker sekaliber Gonzalo Higuain pun tidak mampu berbuat banyak ketika menggunakannya. Dari 14 penampilan, striker kebangsaan Argentina hanya mampu mencetak 5 gol.

Kali pertama Abraham menggunakan nomor punggung 9 terjadi ketika Chelsea melakoni laga persahabatan kontra Barcelona di Stadion Saitama, Jepang ketika kedua klub sedang menjalani tur pramusim (23/07). Pada pertandingan tersebut, Abraham membukukan satu gol dan membawa Chelsea memenangkan pertandingan dengan skor 1-2.

"Saya merasa terhormat untuk mengenakan No. 9 di Chelsea," ucap Tammy dikutip dari The Sun setelah laga pramusim melawan Barcelona, bulan Juli lalu.

2. Pembuktian pemain akademi sebagai pemakai nomor punggung 9

Perlahan, Tammy Abraham Mengubah Kutukan Nomor Punggung 9 di Chelseastandard.co.uk

Kutukan jersey bernomor punggung 9 di Chelsea sudah menjadi rahasia umum. Mitos buruk dan kegagalan melekat setia menghantui pemain Chelsea yang mengenakannya. Selepas Jimmy Floyd Hasselbaink pada periode 2000-2004, sembilan pemain berbeda tak cukup kuat mematahkan mitos tersebut.

Khalid Boulahrouz, Steve Sidwell, Franco Di Santo, hingga nama-nama tenar seperti Mateja Kezman, Hernan Crespo, Fernando Torres, Radamel Falcao, Alvaro Morata dan Gonzalo Higuain menjadi bukti nyata kutukan tersebut. Sial dan paceklik gol menempel erat bagi para pemakainya.

Datang sebagai pemain berlabel langganan pinjaman, Tammy Abraham berani memakainya dan mengubah seterotip tersebut secara perlahan. Pemain yang sempat dipinang asosiasi sepak bola Nigeria untuk memperkuat timnas Nigeria kini telah mengemas 10 gol dan 2 asis dari 12 penampilannya bersama The Blues di Liga Primer Inggris.

Baca Juga: Tammy Abraham & Mason Mount: 2 Bintang Muda Chelsea yang Naik Daun

3. Penilaian Lampard tentang Tammy Abraham

Perlahan, Tammy Abraham Mengubah Kutukan Nomor Punggung 9 di Chelseachelseafc.com

Sebagai Manajer yang telah mengembalikan Abraham dari masa peminjaman dan mempercayakan posisi striker utama, beberapa kali Lampard melempar pujian kepada pemain berpostur 190 cm tersebut.

"Tammy tidak hanya menyulitkan bek-bek lawan, dia berlari di sekitar mereka," ujar Lampard di laman resmi Chelsea setelah laga melawan Southampton (06/10).

Tidak hanya pujian, menukil dari Express, Lampard juga pernah melempar lelucon kepada Abraham ketika striker andalannya tersebut kering gol dengan mengatakan jika Abraham mandul. Lelucon Lampard memang tak asal keluar, mantan pemain timnas Inggris sedikit mengkritik Abraham karena sebelum melawan Watford, Abraham puasa gol dalam tiga pertandingan berturut-turut.

Lelucon Lampard pun terbukti sukses menjadi pelecut semangat Abraham. Setelah lelucon tersebut, Abraham mencetak dua gol masing-masing satu gol ke Watford dan satu gol saat bertemu Crystal Palace

Dengan “keberaniannya” mengenakan nomor punggung 9, sekarang ia sudah mengoleksi 11 gol dan 4 asis dari 18 pertandingan bersama Chelsea di semua kompetisi - per tulisan ini dibuat. Memang terlalu dini untuk menyimpulkan hasilnya. Namun hingga saat ini ia masih berada di dalam garis positif sebagai pemakai nomor punggung 9 Chelsea yang bersinar.

Sumber rujukan:

https://www.thesun.co.uk/sport/football/9569307/tammy-abraham-chelsea-number-9-scoring-vow/

https://www.chelseafc.com/en/news/2019/10/06/frank-lampard-reacts-to-big-southampton-win--hails--incredible--?cardIndex=34-3

https://www.express.co.uk/sport/football/1199292/Chelsea-Tammy-Abraham-Frank-Lampard-win-Watford-CFC-news-Sky-Sports-Premier-League

https://www.transfermarkt.com/tammy-abraham/profil/spieler/331726

Ardi Setianto Photo Writer Ardi Setianto

Cari saja di google.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya