Comscore Tracker

Tak Lolos Final, Indonesia Juga Terancam Sanksi

Ada lemparan sandal sampai spanduk rasis

Sidoarjo, IDN Times - Kekalahan timnas Indonesia atas Malaysia di Piala AFF U-19 2018 membuat para supporter naik pitam. Setelah gagalnya tendangan Hanis Saghara, para supporter langsung melakukan pelemparan ke arah bangku cadangan pemain Malaysia. Pengamanan ketat pun langsung dilakukan oleh aparat keamanan.

1. Ada aksi pelemparan botol hingga sandal ke lapangan

Tak Lolos Final, Indonesia Juga Terancam SanksiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Supporter terus melakukan pelemparan ke lapangan sesaat ketika Indonesia dipastikan kalah melalui adu pinalti dengan Malaysia. Untuk masuk ke ruang ganti, pemain Malaysia harus dibuatkan payung dari tameng polisi dan mereka harus lari. Paslanya pelemparan botol dan sandal terus menghujani ke arah pemain.

2. Ada spanduk bertuliskan rasis di tribun Utara

Tak Lolos Final, Indonesia Juga Terancam SanksiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya lemparan, supporter pun dianggap melakukan perbuatan tidak terpuji lainnya. Antara lain dengan membuat spanduk bertuliskan rasis kepada Malaysia. Hal ini tentunya menjadi catatan merah bagi Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2018. Alhasil, panpel harus menurunkan tulisan tersebut karena dianggap menganggu jalannya laga.

3. PSSI terancam sanksi berat dari AFF dan FIFA

Tak Lolos Final, Indonesia Juga Terancam SanksiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu Ketua PSSI Jatim M. Riyadh mengaku fanatisme supporter pada semi final ini sangat luar biasa. Namun, disayangkan tindakan kurang terpuji dan belum siap menerima kekalahan menjadi noda bagi Timnas Indonesia dan Panpel. Belum lagi ada insiden lampu penerangan mati pada saat akan dilangsukan adu pinalti.

"Tentunya yang dirugikan timnas. Jelas ini mendapat sanksi. Bisa berupa denda sampai 5-7 ribu dolar amerika. Bahkan sanksi lain dari AFF yang dilanjutkan ke FIFA. Kami akan evaluasi semuanya untuk babak final," pungkas Riyadh.

Line IDN Times

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You