Gustavo Almeida, Pencetak Hattrick Pertama di Liga 1 2023/2024 

Bawa Arema FC terhindar dari kekalahan

Laga minggu kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024 mempertemukan Arema Malang dan Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (7/7/2023) malam. Pertandingan yang berlangsung di bawah guyuran hujan ini berakhir imbang dengan skor 3-3. Seluruh gol yang terjadi diborong para pemain asing dari Brasil.

Dari Persib Bandung, ada Ciro Alves yang mencetak brace pada menit ke-10 dan ke-54 dan David da Silva yang mencetak gol tunggal pada menit ke-38. Sedangkan, Gustavo Almeida dos Santos dari Arema menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick (6', 17', 88') di Liga 1 2023/2024.

Seperti apa sosok Gustavo Almeida yang menjadi pencetak hattrick pertama ini?

1. Pertama kali merumput di Indonesia

Gustavo Almeida, Pencetak Hattrick Pertama di Liga 1 2023/2024 Gustavo Almeida saat pemanasan di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Instagram.com/aremafcofficial)

Gustavo Almeida berstatus sebagai pemain asing baru yang direkrut untuk berlaga di Liga 1 2023/2024. Ia didatangkan dari klub asal Uni Emirat Arab, Al-Nasr SC. Pemilik tinggi badan 1,85 meter ini didatangkan untuk menggantikan Abel Camara yang didepak dari Arem.

Gustavo Almeida masuk dalam daftar pemain asing yang baru pertama kali berlaga di Liga 1. Jika melihat statistik dari klub sebelumnya, maka ia terlihat tidak terlalu menonjol. Namun, Almedia mampu membuktikan diri sebagai pemain depan yang perlu diwaspadai pemain bertahan lawan.

Baca Juga: Hattrick Gustavo Almeida Bawa Arema Imbangi Persib

2. Berpengalaman bermain di Asia

Gustavo Almeida, Pencetak Hattrick Pertama di Liga 1 2023/2024 Gustavo Almeida saat berlatih bersama Arema FC. (Instagram.com/aremafcofficial)

Pemain kelahiran Brasil, 25 Juli 1996 ini pertama kali meniti karier profesionalnya dengan bergabung ke Conquista-BA asal Brasil. Ia kemudian memutuskan untuk menjelajah Asia dengan berkunjung ke Vietnam, Malaysia, Jepang, dan Uni Emirat Arab. Ia sempat memperkuat klub Nam Dinh FC (Vietnam), UiTM FC dan N Sembilan FC (Malaysia), Kagoshima (Jepang), serta Al-Nasr SC (Uni Emirat Arab).

Menurut data Transfermarkt, Gustavo Almeida memperkuat sebuah klub dengan durasi yang singkat. Ia pindah setelah tidak lebih dari setahun memperkuat klubnya. Ia juga baru bermain selama 6 bulan bersama Al-Nasr sebelum bergabung dengan Arema.

3. Mencetak hattrick saat Arema Malang bermain imbang melawan Persib Bandung

Gustavo Almeida, Pencetak Hattrick Pertama di Liga 1 2023/2024 Gustavo Almeida saat berlatih bersama Arema FC. (Instagram.com/aremafcofficial)

Dalam laga Arema vs Persib Bandung, Gustavo Almeida mencetak hattrick. Gol pertamanya sekaligus menjadi gol pembuka Arema pada menit ke-6. Saat itu, bola yang dihalau Putu Gede jatuh di dekat Gustavo Almeida. Ia langsung mencocor bola untuk membobol gawang Persib yang dijaga Teja Pakualam.

Dua gol lainnya dihasilkan dari titik penalti. Penalti pertama didapat setelah Almeida dijatuhkan di area kotak penalti oleh Alberto Rodriguez. Ia berhasil memperdaya Teja Pakualam dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk Arema. Penalti ketiga yang didapat sang pemain kemudian mampu menghindarkan Arema dari kekalahan.

Penalti ini didapat setelah Teja Pakualam menjatuhkan Charles Lokolingoy di kotak penalti. Walaupun berhasil membaca arah bola, Teja gagal menghentikan bola yang ditendang Gustavo Almeida. Skor pun berubah menjadi 3-3 hingga peluit akhir berbunyi.

Hadirnya sang pemain menunjukkan dominasi penyerang asal Brasil. Akankah Gustavo Almeida bisa bermain secara konsisten hingga akhir Liga 1 2023/2024? Menarik untuk disimak performanya pada laga berikutnya bersama Arema.

Baca Juga: Profil Gustavo Almeida, Penyerang Asing Arema FC Musim 2023/2024

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya