6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri Hengkang

Eks pemain asing Persib merapat

Bali United tidak terlalu banyak merombak pemainnya dalam mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Sebagian besar skuad musim lalu masih menjadi andalan Stefano Cugurra musim ini. Hanya saja, di tengah Liga 1 yang sudah bergulir, Serdadu Tridatu mengumumkan hengkangnya Brwa Nouri melalui akun Instagram mereka pada Kamis (13/7/2023).

Dengan hengkangnya gelandang bertahan pengatur aliran bola, Bali United langsung merekrut Mohammed Rashid sebagai penggantinya. Rashid sendiri pernah bermain di Indonesia dengan membela Persib Badung. Lalu, siapa saja pemain baru Bali United di Liga 1 2023?

1. Mohammed Rashid pemain terbaru Bali United

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri HengkangMohammed Rashid, pemain anyar Bali United (baliutd.com)

Bali United telah mengumumkan secara resmi kedatangan Mohammed Rashid melalui akun Instagram mereka pada Jumat (14/7/2023). Rashid sendiri bukan pemain baru di Liga 1. Pada 2021/2022, ia sempat membela Persib Bandung. Ia tampil apik bersama Persib Bandung dengan torehan lima gol.

Pemain kelahiran Palestina ini memiliki posisi yang sama dengan Brwa Nouri, yaitu gelandang bertahan. Sebelum berlabuh di Bali United, ia memperkuat Jabal Al-Mukaber di Palestina. Mohammed Rashid sempat membawa klubnya menjadi juara Liga Palestina 2022/2023.

2. Adilson Maringa

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri HengkangAdilson Maringa (baliutd.com)

Adilson Aguero dos Santos atau Adilson Maringa menjadi kiper asing kedua yang pernah menjadi bagian skuad Bali United setelah Jae Hoon Yoo (Korea Selatan) pada 2015. Bali United mendatangkan Maringa dari Arema FC untuk menambal kerapuhan lini belakang Serdadu Tridatu musim lalu. Mantan pemain Vilafranquense ini mencatat total clean sheet sebanyak 22 kali dalam 57 laga bersama Arema.

Meski begitu, performa Maringa terlihat belum memenuhi ekspektasi Semeton Dewata, fans Bali United, dalam dua pertandingan awal Liga 1. Pemain kelahiran Brasil ini terlihat tidak padu bersama lini belakang Bali United. Dalam dua pertandingan tersebut, Maringa telah kebobolan sebanyak empat gol.

3. Elias Dolah

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri HengkangElias Dolah saat diperkenalkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (instagram.com/eliasdolah4)

Untuk mengisi jatah pemain Asia Tenggara, Bali United merekrut bek tengah asal Thailand, Elias Dolah. Pemain kelahiran Swedia ini sebelumnya bermain untuk Port FC selama 6 tahun dan Timnas Thailand. Walaupun pemain belakang, Elias Dolah memiliki naluri untuk mencetak gol. Sebelas gol telah ia bukukan bersama Port FC. Satu gol lagi bersama Timnas Thailand.

Tahun 2023 menjadi tahun pertamanya bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia. Namun, saat ini, ia mengalami cedera di bagian kepala. Pemain yang didatangkan untuk memerkokoh lini belakang Bali United tersebut terkena tendangan Silverio Junio, pemain Borneo FC, dalam laga yang berlangsung pada Sabtu (8/7/2023) di Stadion Segiri, Samarinda. Bali United masih menunggunya untuk pulih.

Baca Juga: Bintang Sepakbola Inggris Lingard di Bali, Tertarik Masuk Bali United?

4. Jefferson Assis

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri Hengkangucapan selamat datang untuk Jefferson Assis (baliutd.com)

Untuk menambah daya gedor, Bali United mendatangkan penyerang asal Brasil, Jefferson Assis. Pemain yang baru pertama kali merumput di Liga 1 ini sempat dikaitkan dengan Persebaya Surabaya, tetapi akhirnya memilih Serdadu Tridatu untuk melanjutkan karier sepak bolanya. Jefferson Assis didatangkan dari Gzira United FC, Malta.

Performanya di liga kasta tertinggi Malta sangat bagus. Ia terbukti mampu menjadi top skor pada 2022/2023. Assis mengoleksi 20 gol dan 5 assist dalam 25 pertandingan. Dengan datangnya Jefferson Assis, Bali United pun menggunakan tiga penyerang dengan kualitas top skor di Liga 1 musim ini. Mereka punya Ilija Spasojevic yang menjadi top skor Liga Indonesia 2021/2022, Privat Mbarga yang menjadi top skor Liga Kamboja 2019/2020, dan Jefferson Assis yang menjadi top skor Liga Malta 2022/2023.

5. Tegar Infantrie

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri HengkangTegar Infantrie saat berlatih bersama Bali United. (baliutd.com)

Tegar Infantrie adalah mantan pemain Persikabo 1973 yang juga seorang TNI Angkatan Udara (AU) aktif. Pemain berposisi sebagai gelandang bertahan ini secara resmi bergabung pada Senin (15/5/2023). Ini diumumkan melalui akun Instagram Bali United.

Pemain berpangkat sersan dua (serda) di TNI AU ini mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama PSIS Semarang di Liga 1 2017/2018. Pada 2021, ia pindah ke RANS Nusantara FC yang saat itu masih berada di Liga 2 dengan nama RANS Cilegon. Tegar menjadi salah satu pemain yang mengantarkan mereka promosi ke Liga 1. Dari RANS Nusantara FC, ia memutuskan hengkang ke Persikabo 1973 pada 2022.

6. Taufik Hidayat

6 Pemain Baru Bali United di Liga 1 2023, Brwa Nouri HengkangTaufik Hidayat berseragam Bali United. (instagram.com/taufikhdyt76)

Pemain asal Bandung ini secara resmi diperkenalkan Bali United bersamaan dengan Tegar Infantrie. Taufik Hidayat didatangkan dari Madura United. Sebelumnya juga sempat bermain di Persija Jakarta. Pemain berposisi penyerang ini mendapatkan tugas sebagai pelapis Jefferson Assis dan Ilija Spasojevic.

Taufik sendiri sudah tidak asing bagi jajaran pelatih Bali United. Ia sempat dilatih Stefano Cugura saat di Persija Jakarta. Ada pula Rasyid, pelatih fisik, yang sempat melatihnya saat di Semen Padang Junior. Dengan hal ini, Taufik Hidayat diharapkan bisa lebih cepat beradaptasi dengan pola permainan Bali United.

Pemain baru Bali United di Liga 1 2023 ini didatangkan untuk mendongkrak prestasi klub berjuluk Serdadu Tridatu. Apalagi mereka sempat terpuruk musim lalu. Selain itu, mereka juga bisa membantu Bali United menghadapi babak playoff Liga Champions Asia pada Agustus 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Bali United 2023-2024 di Liga 1 Indonesia

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya