Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa 

Puncak kariernya saat menjadi pelatih

Manchester City, klub asal Inggris, baru saja mencetak sejarah dengan menjadi juara Liga Champions Eropa 2022/2023 untuk pertama kali. Mereka berhasil mengalahkan Inter Milan dengan skor tipis 1-0 pada babak final. Di balik kesuksesan tersebut, ada tangan dingin dari Pep Guardiola.

Pelatih asal Spanyol ini adalah salah satu pelatih terbaik di dunia. Hal ini dibuktikan dengan meraih gelar juara Liga Champions sebanyak tiga kali. Berbagai gelar juga telah ia berikan kepada sejumlah klub yang pernah ditanganinya.

1. Pep Guardiola mengawali karier sebagai pemain sepak bola

Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa Pep Guardiola (fcbarcelona.com)

Sudah lumrah kalau seorang pelatih sepak bola sebelumnya adalah seorang pemain sepak bola. Begitu pun dengan Josep Guardiola. Pria kelahiran Santpedor, Spanyol, pada 18 Januari 1971 ini memulai karier profesionalnya dengan bermain sepak bola. Pep Guardiola bermain untuk Barcelona U-16 pada 1984.

Pada 1990, ia mendapat promosi ke tim utama Barcelona yang kala itu dilatih Johan Cruyff. Semula, ia berposisi sebagai pemain sayap, kemudian diubah menjadi gelandang bertahan. Saat bermain di Barcelona, ia menjadi bagian penting timnya dalam meraih gelar Piala Eropa dan LaLiga Spanyol 1991/1992.

Setelah kurang lebih 11 tahun bersama Barcelona, ia memutuskan hijrah ke Liga Italia pada 2001. Ia bermain untuk Brescia dan AS Roma. Kariernya sebagai pemain berakhir saat memperkuat klub Dorados Sinaloa (Meksiko) pada 2006. Sebelumnya, ia memperkuat Al Ahly (Mesir).

Baca Juga: Pep Guardiola dan Revolusi Mental Manchester City

2. Karier Pep Guardiola sebagai pelatih 

Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa Pep Guardiola saat perpanjangan kontrak bersama Manchester City. (mancity,com)

Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, Pep Guardiola melanjutkan karier sebagai pelatih Barcelona B. Setahun kemudian, ia diangkat sebagai nakhoda tim utama Barcelona. Kariernya sebagai pelatih di sana terbilang sukses karena mempersembahkan beberapa gelar. Salah satunya adalah dua trofi Liga Champions Eropa.

Pada 2013, Guardiola pindah ke Jerman dengan menjadi pelatih klub setempat, Bayern Munich. Ia juga sukses membawa mereka merebut beberapa gelar domestik dan internasional. Namun, tidak sempat mendapatkan trofi Liga Champions lagi. Sekitar 3 tahun berselang, tepatnya pada 2016, ia pun memutuskan untuk pindah ke Manchester City.

3. Gelar juara yang pernah diraih Pep Guardiola saat menjadi pelatih 

Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa Pep Guardiola memegang trofi Liga Champions Eropa 2022/2023. (mancity.com)

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih dengan segudang prestasi. Lemari kariernya penuh dengan trofi. Berikut daftar prestasi yang pernaih ia raih:

  • 2 kali terpilih sebagai pelatih klub terbaik dunia pada 2008 dan 2010 bersama Barcelona;
  • 3 kali meraih juara Liga Champions Eropa bersama Barcelona (2009 dan 2011) dan Manchester City (2023);
  • 5 kali meraih gelar juara English Premier League (EPL) bersama Manchester City pada 2018, 2019, 2021, 2022, dan 2023;
  • 3 kali juara FIFA Club World Cup bersama Barcelona (2010 dan 2012) dan Bayern Munich (2014);
  • 3 kali juara LaLiga Spanyol bersama Barcelona pada 2009, 2010, dan 2011;
  • 3 kali juara Bundesliga Jerman bersama Bayern Munich pada 2014, 2015, dan 2016;
  • dan beberapa gelar juara lainnya di Piala FA, Piala Liga Inggris, Community Shield, DFB Pokal, Copa del Rey, hingga Supercopa de Espana.

Musim 2022/2023 menjadi musim paling berarti bagi Pep Guardiola dan Manchester City. Sang pelatih berhasil mengantarkan mereka meraih treble winner dengan gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Manchester City pun kini sejajar dengan Manchester United yang pernah meraih tiga juara sekaligus.

Karier sepak bola Pep Guardiola sendiri mencapai puncak saat menjadi seorang pelatih. Ia lebih dikenal sebagai pelatih dibandingkan saat menjadi seorang pemain sepak bola. Melihat prestasinya, tak berlebihan kalau Pep Guardiola masuk jajaran pelatih terbaik dunia saat ini.

Baca Juga: Akhirnya, Pep Guardiola Lepas dari Kutukan Dukun Afrika 

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya