5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Dunia

#WorldCup2018 Luar biasa!

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Piala Dunia diselenggarakan di Rusia. Selama sebulan penuh, Rusia akan menyuguhkan salah satu turnamen terbesar di dunia, yang saat ini telah memasuki edisi ke-21.

Sejak pertama kali diadakan di Uruguay pada tahun 1930, Piala Dunia telah menghasilkan beberapa pemain legenda. Sayangnya, tidak semua pemain berkesempatan untuk bermain di lebih dari satu Piala Dunia.

Kendati demikian, ada sejumlah pemain yang rutin mengikuti beberapa Piala Dunia dan menciptakan rekor caps terbanyak. Seperti yang dilansir Sportskeeda.com, berikut 5 diantaranya. 

1. Diego Maradona (Argentina)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Duniasites.duke.edu

Diego Armando Maradona telah mewakili Argentina di empat Piala Dunia yang berbeda (1982, 1986, 1990, dan 1994). Ia menjadi kapten timnas Argentina yang menjuarai Piala Dunia 1986, dan berhasil membawa Argentina kembali ke final pada Piala Dunia 1990, meski diakhir harus dikalahkan Jerman.

Maradona telah bermain sebanyak 21 kali di Piala Dunia dan menjadi pemain kelima dengan jumlah caps terbanyak di Piala Dunia. Selama bermain di 21 pertandingan, Maradona mengalami 12 kali kemenangan, 4 kali kekalahan, dan 5 kali seri.

2. Uwe Seeler (Jerman)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Duniafifa.com

Sama seperti Maradona, Uwe Seeler telah bermain sebanyak 21 kali di Piala Dunia. Striker asal Jerman itu, bermain di empat Piala Dunia yang berbeda yaitu di edisi tahun 1958, 1962, 1966, dan 1970.

Sayangnya, selama berkontribusi di Piala Dunia, Uwe tidak pernah meraih gelar Piala Dunia sekalipun. Pencapaian terbaiknya di ajang Piala Dunia hanyalah runner-up di tahun 1966 dan posisi ketiga di tahun 1970 setelah dikalahkan Italia di semifinal.

Meskipun begitu, Uwe dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia. 

3. Paolo Maldini (Italia)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Duniasi.com

Bek legendaris Italia dan AC Milan - Paolo Maldini, akan selamanya dikenang sebagai salah satu bek terbaik yang pernah menghiasi Piala Dunia. Selama 2 dekade berkarir di sepak bola, Maldini selalu menunjukkan keberanian dan semangat di setiap kompetisi atau pertandingan yang diikutinya.

Maldini telah bermain sebanyak 23 kali di empat edisi Piala Dunia (1990, 1994, 1998, dan 2002). Sayangnya, meski terbilang sukses di klub dan meraih banyak gelar, Maldini tidak pernah meraih gelar Piala Dunia sekalipun.

Ia menikmati karier sepak bolanya di AC Milan dan pensiun di klub yang bermarkas di San Siro itu. 

4. Miroslav Klose (Jerman)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Duniajoe.co.uk

Pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia - Miroslav Klose, telah mencetak 16 gol di sepanjang kariernya berkompetisi di Piala Dunia. Striker timnas Jerman itu bermain di empat edisi Piala Dunia (2002, 2006, 2010, 2014) dan memenangkan gelar Piala Dunia pada tahun 2014 di Brasil.

Dengan 24 penampilan, Klose berada di urutan kedua dalam daftar pemain dengan caps terbanyak di Piala Dunia. Pemain yang berhasil mendapat Golden Boot di Piala Dunia 2006 ini, juga cukup sukses di level klub bersama sejumlah klub asal Jerman dan Lazio. 

5. Lothar Matthaus (Jerman)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Duniafifa.com

Mantan kapten timnas Jerman – Lothar Matthaus, memimpin rekan senegaranya meraih gelar Piala Dunia 1990 di Italia. Matthaus menjadi salah satu dari tiga pemain yang bermain di lima edisi Piala Dunia.

Matthaus tampil sebanyak 25 kali di Piala Dunia edisi tahun 1982, 1986, 1990, 1994 dan 1998. Seorang gelandang box-to-box, Matthaus memimpin setiap tim yang dibelanya dan menikmati salah satu karir terbaik di sepak bola.

Matthaus memenangkan setiap turnamen yang diikutinya dan ia telah mencatat 150 caps bersama timnas Jerman yang menjadikanya pesepak bola Jerman terbaik sepanjang masa.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya