Comscore Tracker

3 Pembelian Gagal Barcelona di Bawah Kepemimpinan Josep Bartomeu

Ada baiknya, Barcelona mengambil dari La Masia

Semua penggemar sepak bola pasti setuju. Bahwasanya, pembelian mahal sekalipun akan menjadi kualitas yang luar biasa di atas lapangan. Ada begitu banyak alasan mengapa hal semacam ini bisa terjadi. Seperti gaya permainan dan juga persepsi yang salah mengenai pemain tersebut.

Barcelona menjadi klub yang gemar membeli pemain dengan harga selangit. Nah, di bawah kepemimpian Josep Bartomeu yang pada tahun 2014 lalu ditetapkan sebagai presiden klub, Barcelona menjadi sering membeli pemain berlabel mahal.

Nahasnya, pemain-pemain tersebut malah gagal alias flop ketika bergabung dengan Barcelona. Penasaran kira-kira siapa saja? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Jeremy Mathieu (£18 juta dari Valencia)

3 Pembelian Gagal Barcelona di Bawah Kepemimpinan Josep Bartomeubeinsports.com

Seperti yang dilansir dari laman Sportskeeda.com, ketika Charles Puyol mengumumkan bahwa ia akan pensiun di akhir musim 2013/14, banyak penggemar berharap jika Barcelona bisa mendapatkan pengganti yang pas. Namun, entah bagaimana, Bartomeu yang kala itu baru menjabat sebagai presiden klub, tertarik dengan sosok bek Valencia yaitu Jeremy Mathieu.

Mungkin mereka berpikir, kaki kiri Jeremy Mathieu yang ditunjang dengan fisik kuat, mampu menjadi tandem yang pas bagi Gerard Pique yang cerdas. Akan tetapi, pembelian itu pada akhirnya menjadi lelucon.

Sebab mantan pemain timnas Prancis itu, hampir menghabiskan sebagian besar kariernya di Barcelona dalam kondisi cedera. Selama 3 musim membela Barcelona saja, Mathieu hanya bermain sebanyak 91 kali.

2. Andre Gomes (£33.3 juta dari Valencia)

3 Pembelian Gagal Barcelona di Bawah Kepemimpinan Josep Bartomeuveqsport.com

Entah kenapa, Bartomeu selalu tertarik untuk mendatangkan pemain dari Valencia. Setelah flop-nya Mathieu, Barcelona tak kapok juga dan malah membeli Andre Gomes dengan harga yang cukup mahal.

Diketahui, jika kala itu, Barcelona baru kehilangan Xavi dan merasa bahwa Andre Gomes merupakan pengganti yang pas. Di bawah asuhan Luis Enrique, Gomes bekerja dengan sangat keras demi mendapat perhatian dari fans Barcelona.

Namun, rasa kurang percaya diri dan sering ditempatkan di posisi yang tidak seharusnya, membuat Gomes gagal bersinar. Bersama rekan setimnya dulu di Barcelona yaitu Paco Alcacer, Gomes menjadi sering dicadangkan hingga tidak dimainkan.

Kabarnya, musim ini Gomes sedang mencari klub baru untuk memperbaiki kariernya yang lama kelamaan kian suram di Barcelona.

3. Arda Turan (£30.60 juta dari Atletico Madrid)

3 Pembelian Gagal Barcelona di Bawah Kepemimpinan Josep Bartomeustar.com.tr

Arda Turan sejauh ini masih dianggap sebagai pembelian terburuk sekaligus paling gagal oleh Barcelona, di bawah kepemimpinan Bartomeu. Setelah memenangkan treble brillian di tahun pertamanya sebagai pelatih klub, keputusan Bartomeu untuk membeli Arda Turan, mengundang sejumlah pertanyaan.

Berbeda di Atletico Madrid di mana ia dapat bermain dengan leluasa lini tengah, di Barcelona, Turan harus bermain sedikit lebih tenang dan ia gagal melakukan hal itu. Setelah beberapa pertandingan yang berakhir buruk ketika ia bermain, banyak penggemar yang mempertanyakan kenapa Bartomeu membeli pemain asal Turki itu.

Sepanjang kariernya bersama Barcelona, Turan tidak pernah mencatatkan sesuatu yang mengesankan. Pada akhirnya ia berakhir dipinjamkan dan dijual karena dinilai gagal memenuhi ekspektasi.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya