3 Rekor Sepanjang Masa yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Beberapa rekor masih bisa dipecahkan

Piala Dunia 2018 telah memasuki babak penyisihan, dimana 16 tim yang telah lolos dari fase grup akan saling bertemu demi memperebutkan tiket ke babak selanjutnya. Pertandingan demi pertandingan telah berjalan, gol demi gol telah diciptakan, dan juga rekor demi rekor telah dipecahkan.

Selain penuh dengan kejutan, Piala Dunia 2018 juga dipenuhi dengan momen-momen dimana beberapa rekor Piala Dunia sepanjang masa, berhasil dipecahkan. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut 3 rekor Piala Dunia sepanjang masa yang berhasil dipecahkan di Piala Dunia 2018.

1. Penalti terbanyak dalam satu Piala Dunia – 22 kali (sejauh ini)

3 Rekor Sepanjang Masa yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018indianexpress.com

Seperti yang dilansir Sportskeeda.com, rekor yang satu ini pecah setelah Piala Dunia kali ini, mulai menerapkan sistem Video Assistant Referee alias VAR. Sudah ada sekitar 7 penalti yang lahir dari keputusan VAR. Sedangkan 15 sisanya, merupakan keputusan mutlak yang diberikan oleh wasit.

Itu berarti, jumlah penalti di Rusia sejauh ini, dua kali lebih banyak ketimbang yang dihasilkan di Piala Dunia 2014 Brasil. Rekor sebelumnya, dipegang oleh Piala Dunia edisi 1990, 1998 dan 2002, yang kesemuanya menghasilkan 18 penalti. Dengan Piala Dunia 2018 yang masih jauh dari kata selesai, bukan tidak mungkin rekor tersebut akan terus bertambah.

2. Pemain tertua yang bermain di Piala Dunia – 45 tahun dan 161 hari

3 Rekor Sepanjang Masa yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018bdgoaltime.com

Bersama dengan Panama, Mesir menjadi salah satu tim di Piala Dunia 2018, yang tidak menghasilkan satu poin pun di fase grup. Kendati demikian, salah satu pemain Mesir ternyata memecahkan rekor Piala Dunia yang telah bertahan selama empat tahun.

Ia adalah Essam El-Hadary, penjaga gawang timnas Mesir berusia 45 tahun yang berhasil memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang bermain di Piala Dunia. Rekor sebelumnya dipegang oleh penjaga gawang Kolombia - Faryd Mondragon, di Piala Dunia 2014 lalu.

Kala itu, ia masuk sebagai pemain pengganti melawan Jepang di usianya yang sudah menginjak 43 tahun.

3. Pemain Afrika termuda yang mencetak gol di Piala Dunia – 19 tahun dan 236 hari

3 Rekor Sepanjang Masa yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 201890min.com

Fullback asal Senegal – Moussa Wague, mencetak satu gol kala tim yang dibelanya, bertemu di pertandingan melawan Jepang yang berkesudahan 2-2. Gol itu, menjadikannya pemain termuda kedua yang mampu mencetak gol di Piala Dunia 2018, setelah Kylian Mbappe.

Tak hanya itu, gol pertama yang ia cetak untuk timnas itu, ternyata memecahkan salah satu rekor Piala Dunia yang telah bertahan cukup lama. Di usia 19 tahun dan 236 hari, Wague menjadi pemain Afrika termuda yang mencetak gol di Piala Dunia.

Ia mengalahkan Haminu Draman, pemain asal Ghana yang mencatatkan rekor itu di Piala Dunia 2016, ketika usianya baru mencapai 20 tahun dan 82 hari.

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya