Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsi

Bagaimana selanjutnya?

Drama negosiasi PSG untuk mendapatkan Neymar dari Barcelona akhirnya menghasilkan titik temu. Pada bursa tansfer musim panas 2017 ini, PSG resmi menggaet bintang berpaspor Brasil itu dengan durasi kontrak selama lima tahun setelah kubu Les Parisiens mengonfirmasi kabar tersebut melalui akun twitter resmi mereka pada Jumat (4 Agustus 2017) kemarin. Tidak tanggung-tanggung, dilansir melalui Kompas.com, biaya senilai 222 juta euro atau setara Rp 3,4 triliun menjadikannya pemecah rekor transfer pemain termahal dunia yang sebelumnya dipegang oleh Paul Pogba dari hijrahnya dari Juventus menuju Manchester United.

Namun, akhir dari kepindahan Neymar belum juga disambut baik oleh pihak Barcelona. Tidak berlebihan memang jika kita melihat performa Neymar di Barcelona yang terus meningkat selama berseragam Blaugrana. Terlihat bahwa Barca tidak puas dengan proses transfer tersebut, sebab PSG dinilai melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) dengan menggelontorkan biaya transfer yang begitu besar.

Langkah Tepat

Meskipun Neymar dianggap sebagai pemain kunci bersama anggota trio MSN, berbagai pihak menganggap pelepasan Neymar adalah langkah yang tepat bagi klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Sebab, selain angka hasil dari penjualan Neymar bisa dialokasikan untuk merekrut pemain baru, hasrat Neymar untuk berpindah juga sudah terlihat di musim transfer kali ini.

Selama berkostum Barca, Dikutip melalui Kompas.com, Neymar telah mencatat caps sebanyak 186 kali dengan konstribusi gol sebanyak 105 dengan 80 jumlah assist. Dia juga turut merasakan delapan gelar raihan bersama raksasa spanyol tersebut. Namun, bayang-banyang kebintangannya di bawah Messi, menjadi dugaan kuat sebagai alasan Neymar melepas kontraknya.

Di PSG, Neymar kemungkinan akan mengikuti jejak Ibrahimovic kala bermain untuk PSG. Saat itu, Ibra menjelma sebagai bintang utama dan membayang-bayangi skuad PSG yang saat itu memang telah bertabur pemain-pemain berkelas setelah digaet dari klub Italia, AC Milan. Selama empat musim di Parc des Prince, Ibracadabra menyumbang 156 gol dan 61 assit dalam 180 pertandingan dan turut mempersembahkan 12 trofi bagi klub kaya tersebut.

Bagi Barcelona, hijrahnya Neymar menyisakan lubang besar di komposisi utama tim, terutama trio MSN yang beberapa musim terakhir menjadi formula andalan Barcelona dalam produktifitas gol. Sehingga memaksa Antonio Valverde mencari sosok pengisi lubang yang ditinggalkan Neymar. Berikut  beberapa opsi pilihan pengganti Neymar yang diduga sebagai kandidat kuat, mengacu pada similiaritas kualitas beserta presentase chance of signing bagi Barcelona:

1. Alexis Sanchez.

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsipaininthearsenal.com

Pemain asal Chile yang juga mantan pemain Barcelona ini sedang memiliki masa berat bersama Arsenal di musim lalu. Arsenal yang musim depan tidak bisa berpartisipasi di kompetisi Eropa menjadi elemen penting Barcelona untuk menariknya kembali.

Bersama Arsenal, Sanchez dianggap sebagai pemain yang sangat berpengaruh bagi tim asuhan Arsene Wenger sejak awal ia merumput bersama The Gunners. Toh, Barcelona sudah tidak asing dengan talenta dari mantan pemainnya ini.

2. Mesut Ozil.

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai OpsitalkSPORT

Hampir sama dengan Alexis, Pemain 28 tahun ini juga menjadi pemain unggulan Arsenal. Mantan pemain Real Madrid ini turut menjadi poros di tubuh Arsenal, kualitas dalam mengatur ritme permainan beserta jumlah kontribusi assistnya, menjadi hal yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan Neymar yang juga memiliki statistik assist yang bagus di tubuh Barca.

Namun, dengan statusnya sebagai pemain El Real yang notabene sebagai pesaing Barcelona, bisa jadi akan menjadi tembok penghalang. Sebab, tensi historis dari Ozil yang pernah berperan di panggung persaingan kedua klub akan menjadi bola panas bagi Ozil dan Barcelona.

3. Phillippe Coutinho.

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai OpsiLiverpoolfc.com

Dengan usia yang masih 25 tahun, Coutinho menjadi sosok sebaya yang bisa menggantikan peran Neymar. Kewarganegaraan yang sama dengan Neymar serta performa yang kinclong bersama Liverpool diprediksi akan memberi nuansa yang tidak jauh berbeda dengan kualitas Neymar.

Niat Barcelona menggaet Coutinho memang sudah terlihat sejak lama. Akan tetapi, Liverpool berusaha keras mempertahankan sang pemain dengan menolak tawaran seharga 70 pounds Barca dan memperpanjang kontraknya selama lima tahun.

Namun, dengan dana besar dari PSG, Barcelona bisa menaikkan tawaran untuk menggoyahkan Liverpool. Selain itu, kepindahan Neymar dapat menjadi jaminan tempat utama untuk menggoda si nomor punggung 10 Liverpool tersebut.

4. Paulo Dybala.

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsibleacherreport.com

Tantangan baru di Barcelona dapat menjadi petimbangan bagi Dybala untuk mengembangkan karirnya sebagai pesepakbola. Liga Champions 2017 kemarin bersama Juventus yang sempat gagal karena dijegal Real Madrid di partai puncak bisa menjadi lecutan balas dendam yang bisa dijanjikan Barcelona kepada sang pemain untuk melepas seragam si Nyonya Tua (julukan Juventus) di bursa transfer kali ini.

Mobilitas Dybala bisa dimanfaatkan untuk menggantikan peran Neymar. Namun, hal ini tidak bisa dianggap mudah terjadi karena Juventus masih berhasrat menggunakan jasa konstrubutif pemain 23 tahun di Allianz Stadium.

5. Delle Alli.

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsithesun.co.uk

Menurut laporan Bola.net yang dilansir Don Balon, Messi dikabarkan merekomendasikan nama Delle Alli sebgai pengganti Neymar di Barcelona. Diakui Messi, ia memang menyukai gaya permainan Alli dan percaya jika punggawa Tottenham Hotspur itu bisa nyetel dengan dirinya dan Luis Suarez di Catalan.

Messi memang seringkali mengutaran pendapatnya bagi manajemen El Barca, termasuk pemain siapa yang diinginkannya untuk didatangakan klubnya. Gelontoran dana besar dari Paris tidak akan bisa menciptakan ruang bagi Barcelona berkelit untuk ‘berhemat’ di bursa transfer ini. Akankah pendapat Messi akan dipertimbangkan? Selain itu, kubu Tottenham juga akan siap memberi perlawanan bagi Barca jika benar menginginkan Delle Alli.

6. Kylian Mbappe

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsimetro.co.uk

Pemain muda potensial ini bisa menjadi opsi bagi Barcelona. Dana segar yang didapat tentu akan memudahkan Barcelona dalam proses negosiasi dengan klub AS Monaco selaku pemegang kontrak Mbappe.

Klub asal perancis tersebut juga sudah banyak ditinggal para pemainnya sehingga bukan tidak mungkin Mbappe akan ikut-ikutan berpetualang mengikuti jejak rekan-rekannya seperti Tiemoue Bakayoko yang kini berseragam Chelsea. Namun, perburuan Barcelona mendapatkan Mbappe akan mendapat persaingan dari sang rival abadi mereka di La Liga, Real Madrid yang juga berhasrat mendapatkan tanda tangan penyerang 18 tahun asal perancis tersebut.

Bagaimana Selanjutnya?

Neymar: “Langkah Tepat” Barca Memulai Opsirepublika.co.id

Dengan kepergian Neymar tentu sedikit disayangkan Barcelona. Tetapi di lain sisi, harga besar yang didaratkan PSG akan menjadi penentu langkah Blaugrana selanjutnya. Lubang sepeninggalan Neymar yang resmi hengkang tidak hanya mempengaruhi komposisi tim secara teknis, namun mentalitas klub secara keseluruhan. Harga diri raksasa spanyol bisa disebut mulai menampilkan drama setelah salah satu pemain terbaiknya tidak berhasil dipertahankan. Gelombang dan atmosfer industri sepakbola beserte element-elemen pedukung lainnya seakan memandangi peresmian Neymar ke Paris.

Setelah lama menggunakan formula MSN, kepergian Neymar seakan memberi dampak besar bagi klub dan turut sertaan publik sepakbola. Dana kelewat besar yang telah digelontorkan PSG dan “apa ‘langkah tepat’ Barcelona selanjutnya pasca hengkangnya salah satu bahan formula MSN andalan mereka?” tentu menjadi dua kutub sorotan di jagat industri sepakbola saat (sementara) ini. Bagaimana PSG selanjutnya? Dan bagaimana Barcelona setelahnya? Atau bagaimana dengan dinamika jagat sepakbola selanjutnya?

Harry Azhari Photo Writer Harry Azhari

darihari.wordpress.com | Manusia bergolongan darah AB yang garis tangannya berbentuk ABSTRAK minimalis kontemporer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya