Pogba Sempat Ingin Bertahan, tapi MU Membiarkannya Pergi

Pogba didatangkan MU pada 2016 dengan mahar Rp1,7 triliun

Jakarta, IDN Times- Manchetser United resmi melepas gelandangnya, Paul Pogba, dengan status bebas transfer pada Rabu (1/6/2022), usai kontraknya berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang.

Siapa sangka, usut punya usut ternyata Pogba sempat berpikir untuk bertahan. Namun, manajemen mengambil langkah untuk tak memberinya perpanjangan kontrak.

"Sekali Merah, selalu Merah. Terima kasih atas servis Anda, Paul Pogba," tulis Manchester United dalam akun Twitter resminya.

1. MU tolak perpanjang kontrak Pogba

Pogba Sempat Ingin Bertahan, tapi MU Membiarkannya PergiPaul Pogba (premierleague.com)

Dikutip dari L'Equipe, Pogba sebetulnya sudah sempat menyiratkan ingin bertahan lebih lama di Old Trafford. Dia mencoba memecahkan rekor sebagai pemain dengan bayaran tertinggi Premier League. Namun, MU sendiri memang membiarkan sang pemain pergi pada akhir musim ini.

Tuntutan soal kontrak baru dengan nilai berlipat juga jadi alasan MU melepasnya, karena agennya, Mino Raiola, kala itu menginginkan gaji sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp185 miliar per musimnya.

Hal tersebut mungkin bisa terealisasi jika Glazer Bersaudara menyetujuinya, karena bagi klub sekaya MU hal itu bukan masalah besar. Hanya saja, performa Pogba yang kala itu cenderung menurun, lalu masalah ruang ganti yang acap kali panas jadi pertimbangan lain MU berpisah dengan Pogba.

Baca Juga: Paul Pogba Resmi Tinggalkan MU Akhir Juni 2022

2. Pogba pernah tampil impresif bersama MU

Pogba Sempat Ingin Bertahan, tapi MU Membiarkannya PergiPaul Pogba (teamtalk.com)

Sebenarnya Pogba sempat menunjukkan penampilan cemerlang ketika di bawah nahkoda Ole Gunnar Solskjaer. ia juga tampil impresif di minggu terakhir musim ini. Duet dengan Bruno Fernandes, dia bahkan tampil begitu impresif. 

Namun, sebelum itu penampilannya tak konsisten. Terkadang pemain berpaspor Prancis ini tampil jeblok, tapi tak berselang lama dia juga tak jarang bermain sangat baik. 

Penampilannya yang paling berkesan musim ini ketika ia membantu MU mengalahkan Leeds United dengan skor 5-1 di pekan pertama Liga Inggris 2021/22. Dalam duel ini dia menciptakan empat assist.

3. Pogba pergi untuk kedua kalinya dari MU

Kepergian Pogba kali ini akan menjadi kepergian keduanya dari Old Trafford. Sebelumnya, tak lama usai promosi ke tim utama MU, dia memilih pergi dengan status bebas transfer ke Juventus pada 2012.

Keputusannya itu cukup tepat. Mendapatkan menit bermain yang ideal, Pogba menjelma jadi gelandang kelas dunia. Walhasil, MU kembali memulangkannya pada 2016. 

Kal itu, MU harus merogoh kocek cukup besar untuk memulangkan pemain jebolan akademinya sendiri. Pogba ditebus dengan mahar 105 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun [nilai tukar rupiah saat itu].

Paul Pogba kini nampaknya benar-benar akan pergi dan tak akan kembali ke Old Trafford. Total, dia sudah mencatatkan 226 penampilan dan membubuhkan 39 gol dalam kesempatan keduanya bersama Manchester United. 

Baca Juga: Paul Pogba Sepakat Pulang ke Juventus

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya