Comscore Tracker

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene Wenger

#IDNTimesSport Deretan penyerang andalan The Gunners! 

Arsene Wenger menjadi pelatih yang sangat lekat dengan Arsenal. Juru taktik berkebangsaan Prancis itu menukangi The Gunners sejak tahun 1996 hingga 2018. Ia membawa Arsenal berjaya pada era 90-an hingga awal 2000-an. Meskipun setelah itu performa mereka mulai menurun, Wenger membawa Arsenal bisa bersaing di papan atas.

Pengalamannya dalam melatih tak diragukan lagi khususnya dalam memoles para pemainnya. Khususnya di posisi penyerang, Wenger memiliki beberapa nama yang jadi andalan. Lantas siapa saja penyerang dengan gol terbanyak yang pernah ditangani Arsene Wenger?

1. Thierry Henry (228 Gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene WengerThierry Henry (twitter.com/Squawka)

Penyerang Arsenal paling tajam di era Arsene Wenger adalah Thierry Henry. Secara total, pemain asal Prancis itu ditangani Wenger di Arsenal dalam sembilan musim. Henry membela Meriam London pada musim 1999/2000 hingga 2006/2007. Sempat hengkang ke klub lain, ia kembali ke Emirates Stadium pada awal tahun 2012.

Selama menjadi andalan Wenger, Henry mencatatkan 228 gol dari 375 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Penyerang yang gantung sepatu pada tahun 2015 ini juga memberikan 94 assist. Capaian itu membuatnya layak disebut sebagai legenda The Gunners.

2. Robin van Persie (132 Gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene WengerRobin van Persie (premierleague.com)

Robin van Persie merupakan salah satu penyerang berkebangsaan Belanda yang bersinar bersama Arsenal, khususnya saat ditangani Arsene Wenger. Penyerang yang satu ini menjadi andalan Meriam London selama delapan musim, tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga 2011/2012. Setelah itu ia hengkang dan bergabung dengan Manchester United.

Selama berseragam The Gunners, Van Persie juga tak mau kalah produktif dengan penyerang lainnya dalam hal mencetak gol. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 itu sukses mencetak 132 gol dan 57 assist. Wenger memainkan Van Persie dalam 278 pertandingan di enam kompetisi berbeda.

3. Theo Walcott (108 Gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene WengerTheo Walcott (premierleague.com)

Penyerang ketiga yang cukup tajam di bawah asuhan Arsene Wenger di Arsenal adalah Theo Walcott. Penyerang sayap ini membela Arsenal selama tiga belas musim, yakni sejak 2005/2006 hingga 2017/2018. Dengan masa baktinya tersebut, Walcott bisa dibilang sebagai salah satu legenda The Gunners.

Di bawah asuhan Wenger, pemain berkebangsaan Inggris ini menggelontorkan 108 gol dari 397 laga di tujuh kompetisi berbeda. Catatan itu juga menjadikan Walcott sebagai pemain yang paling sering dimainkan Wenger dalam kariernya. Sebagai penyerang sayap, ia juga kerap memanjakan para penyerang murni dengan catatan 78 assist.

Baca Juga: 7 Pembelian Terburuk Arsenal di Era Arsene Wenger, Gagal Total

4. Olivier Giroud (105 Gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene WengerOlivier Giroud (premierleague.com)

Olivier Giroud juga menjadi salah satu penyerang andalan Arsene Wenger selama menangani Arsenal. Penyerang yang saat ini membela Chelsea itu berseragam The Gunners selama enam setengah musim, tepatnya pada musim 2012/2013 hingga Januari 2018.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu juga tampil produktif selama dilatih Wenger. Giroud sendiri dimainkan pelatih asal Prancis itu dalam 253 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mengoleksi 105 gol dan memberikan 41 assist.

5. Dennis Bergkamp (97 Gol)

5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene WengerDennis Bergkamp (arsenal.com)

Sebelum datangnya Robin van Persie, penyerang Belanda lainnya yang menjadi andalan Arsene Wenger saat melatih Arsenal adalah Dennis Bergkamp. Ia menjadi bagian The Gunners sejak musim 1995/1996 hingga pensiun pada tahun 2006.

Secara total, Bergkamp merasakan kepelatihan Wenger selama 10 musim. Salah satu legenda Arsenal ini juga terbilang tajam dengan menciptakan 97 gol dari 364 penampilan selama ditangani Wenger di semua kompetisi. Tak hanya itu, ia juga berkontribusi dalam gol lainnya dengan catatan 89 assist.

 

Lamanya masa jabatan Arsene Wenger di Arsenal, membuat semua penyerang dalam daftar ini sebagai pemain terproduktif Meriam London. Di antaranya mereka, siapa yang menurutmu paling hebat?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsene Wenger di Arsenal, Bagaimana Kabar Mereka?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya