5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel Arteta

Jadi calon bintang The Gunners

Mikel Arteta dipercaya menangani Arsenal. Ditunjuk pada Desember 2019, ia memang belum sukses meraih trofi. Namun, performa The Gunners pada 2022/2023 ini patut diapresiasi.

Hebatnya lagi, juru taktik asal Spanyol ini cukup banyak mengandalkan pemain muda. Pemain-pemain ini bahkan masih tergabung di tim muda The Gunners.

Berikut daftar debutan termuda Arsenal sejak ditangani Mikel Arteta.

1. Ethan Nwaneri

5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel ArtetaEthan Nwaneri (premierleague.com)

Pemain termuda yang dimainkan Mikel Arteta sejak menangani Arsenal adalah Ethan Nwaneri. Ia merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang.

Pemain asal Inggris ini membela The Gunners untuk pertama kali pada 18 September 2022. Tepatnya saat Arsenal menghadapi Brentford di Premier League. Saat itu Nwaneri masih berusia 15 tahun 5 bulan 28 hari. Catatan itu menjadikannya sebagai pemain termuda Premier League sepanjang masa.

Nwaneri sendiri masih tergabung di tim muda Arsenal. Pertandingan debut tersebut menjadi satu-satunya laga yang ia mainkan bersama tim senior sejauh ini.

2. Charlie Patino

5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel ArtetaCharlie Patino (twitter.com/CharliePatino10)

Charlie Patino adalah pemain muda berikutnya yang pernah membela Arsenal pada era Mikel Arteta. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani debut bersama Arsenal pada 21 Desember 2021. Hebatnya, ia sukses menorehkan satu gol dalam laga debutnya itu.

Saat itu, Patino masih tergabung dengan tim muda, tetapi mendapat kesempatan tampil menghadapi Sunderland di Piala Liga. Dalam laga tersebut, pemain akademi Arsenal ini masih berusia 18 tahun 2 bulan 4 hari.

Saat ini, Patino masih tergabung di tim muda The Gunners, tepatnya di Arsenal U-18. Namun, ia sedang dipinjamkan ke Blackpool.

Baca Juga: 5 Pemain Termurah di Arsenal pada 2022/2023, Semurah Apa?

3. Miguel Azeez

5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel ArtetaMiguel Azeez (twitter.com/MiguelAzeez)

Miguel Azeez juga menjadi salah satu debutan termuda Arsenal pada era Mikel Arteta. Pemain asal Inggris tersebut saat ini menjadi bagian Wigan sebagai pemain pinjaman dari tim muda Arsenal.

Azeez menjalani debut bersama The Gunners saat menghadapi Dundalk FC di Europa League. Dalam laga yang digelar pada 10 Desember 2020 tersebut, ia masih berusia 18 tahun 2 bulan 20 hari. Masih berusia muda, pemain berposisi gelandang ini bisa jadi andalan Arsenal pada masa mendatang.

4. Ben Cottrel

5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel ArtetaBen Cottrell (twitter.com/Bencottrell8)

Ben Cottrell juga menjadi pemain muda yang diberikan kesempatan debut membela Arsenal oleh Mikel Arteta. Sama seperti Miguel Azeez, Cottrell membela skuat utama Arsenal pada 10 Desember 2020.

Itu terjadi saat The Gunners menghadapi Dundalk FC di Europa League. Pemain berkebangsaan Inggris ini masih berusia 19 tahun 1 bulan 9 hari saat menjalani laga tersebut.

Cottrell pribadi masih memperkuat tim muda Arsenal saat ini. Sayangnya, laga debut tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Cottrell bersama tim senior sejauh ini.

5. Folarin Balogun

5 Debutan Termuda Arsenal sejak Ditangani Mikel ArtetaFolarin Balogun (twitter.com/balogun)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Folarin Balogun. Pemain asal Inggris ini merupakan produk akademi Arsenal. Ia menjalani debut pada 29 Oktober 2020.

Saat itu, Arsenal menghadapi Dundalk FC di Europa League. Ia masih berusia 19 tahun 3 bulan 26 hari begitu tampil dalam laga tersebut.

Bolagun sejatinya sudah dikontrak tim senior Arsenal sejak awal musim ini. Namun, penyerang muda ini dipinjamkan ke klub Prancis, Stade Reims. Penampilan apiknya bersama Reims bisa jadi membuatnya menjadi andalan The Gunners setelah kembali nanti.

Para pemain di atas mungkin belum ada yang menjadi andalan Arsenal. Namun, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi tumpuan The Gunners dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Arsenal yang Gagal Bersinar di Bawah Asuhan Mikel Arteta

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya