5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon Bintang

Ada yang langsung cetak gol, lho!

Liga Champions 2022/2023 kembali bergulir pada tengah pekan ini. Total, 16 tim akan melanjutkan kiprahnya bersaing memperebutkan trofi Si Kuping Besar

Sebelum menikmati keseruan babak 16 besar, ada beberapa catatan menarik saat fase grup untuk dibahas. Salah satunya adalah catatan debutan termuda di fase grup Liga Champions 2022/2023.

Selama fase grup, ada beberapa pemain muda yang mendapat kesempatan tampil. Mereka patut berbangga karena bisa merasakan panggung Liga Champions di usia yang masih belia. Bagaimana catatan sederet pemain beruntung ini?

1. Warren Zaire-Emery (Paris Saint-Germain)

5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon BintangWarren Zaire-Emery (twitter.com/PSG_English)

Warren Zaire-Emery menjadi debutan termuda di fase grup Liga Champions musim ini. Dia merupakan pemain muda yang kini membela Paris Saint-Germain. Zaire-Emery menjalani momen tak terlupakan pada 25 Oktober 2022 saat PSG menghadapi Maccabi Haifa.

Dalam laga lanjutan Grup H ini, Zaire-Emery yang masuk sebagai pemain pengganti masih berusia 16 tahun, 7 bulan, dan 17 hari. Pemain muda berkebangsaan Prancis ini memang mendapat kesempatan tampil di tim utama pada musim ini.

2. Paul Wanner (Bayern Munchen)

5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon BintangPaul Wanner (twitter.com/FCBayernEN)

Pemain kedua dalam daftar ini adalah pemain Bayern Munchen, Paul Wanner. Dia adalah pemain asal Austria berdarah Jerman yang berposisi sebagai gelandang serang. Wanner menjalani debut di Liga Champions saat Bayern menghadapi FC Viktoria Plzen, tepatnya pada 12 Oktober 2022.

Pada laga tersebut, Wanner masih berusia 16 tahun, 9 bulan, dan 19 hari. Kala itu, dia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Setelah laga itu, Wanner juga diberi kesempatan tampil di laga lain, tepatnya saat melawan Inter Milan di partai pamungkas.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Eropa yang Gagal di UCL 2022/2023, Ada Duo Barcelona

3. Roony Bardghji (FC Copenhagen)

5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon BintangRoony Bardghji (twitter.com/FCKobenhavn)

Pemain ketiga dalam daftar ini berasal dari FC Copenhagen yang juga berusia masih sangat muda. Pemain tersebut adalah Roony Bardghji yang berposisi sebagai penyerang sayap. Pemain berkebangsaan Swedia ini pun telah debut di Liga Champions musim ini.

Roony tampil perdana di Liga Champions pada 25 Oktober 2022, tepatnya saat Copenhagen menghadapi Sevilla di fase grup Liga Champions musim ini. Dalam laga tersebut, Roony masih berusia 16 tahun, 11 bulan, dan 10 hari. Kesempatan yang ia dapat tentu saja sangat berharga dan menjadi pengalaman tak terlupakan.

4. Mathys Tel (Bayern Munchen)

5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon BintangMathys Tel (uefa.com)

Pemain Bayern Munchen lain, Mathys Tel, juga menjadi pemain muda yang tampil di fase grup Liga Champions musim ini. Dibanding Paul Wanner, Mathys Tel lebih dulu tampil di Liga Champions.

Pemain asal Prancis ini dipercaya tampil dalam laga fase grup menghadapi Barcelona. Pada laga yang digelar 13 September 2022 tersebut, Tel masih berusia 17 tahun, 4 bulan, dan 17 hari.

Di usianya yang masih sangat belia, pemain yang berposisi sebagai striker ini mendapat banyak menit bermain. Secara total, dia telah membela Bayern Munchen dalam 17 pertandingan di semua ajang musim ini.

5. Antonio Nusa (Club Brugge)

5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon BintangAntonio Nusa (uefa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Antonio Nusa yang tampil di Liga Champions musim ini bersama Club Brugge. Pemain muda Club Brugge ini menjalani debut pada 13 September 2022 saat menghadapi FC Porto. Kala itu, dia masih berusia berumur 17 tahun, 4 bulan, dan 27 hari.

Tak main-main, Nusa yang berposisi sebagai penyerang sayap langsung menorehkan satu gol dalam laga debut itu. Pemain berkebangsaan Norwegia ini tercatat sudah membela Club Brugge dalam 19 pertandingan musim ini di semua ajang.

Para pemain muda tersebut mendapat kesempatan berharga dalam kariernya setelah berhasil mengicipi atmosfer Liga Champions sejak remaja. Bukan tidak mungkin, beberapa dari mereka akan menjadi pemain bintang di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Eropa yang Kawinkan Trofi Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Or

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya