8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier League

Rodri hingga Michael Essien!

Dalam sepak bola modern, gelandang bertahan memiliki peran yang tak kalah vital. Tak hanya memutus serangan lawan, mereka juga dituntut mampu membantu serangan. Dalam ketatnya persaingan Premier League, klub yang berlaga juga sangat memperhatikan gelandang bertahan.

Tak heran jika klub Premier League merekrut gelandang bertahan dengan dana yang tak sedikit. Hal tersebut mereka lakukan demi mendapatkan gelandang bertahan yang berkualitas. Berikut daftar gelandang bertahan termahal yang pernah didatangkan klub Premier League. 

1. Rodri direkrut Manchester City - 70 juta euro

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leaguemancity.com

Gelandang bertahan termahal di Premier League hingga saat ini adalah Rodri. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut diboyong Manchester City pada awal musim 2019/2020. Masih berusia 23 tahun, Rodri didatangkan City dari Atletico Madrid dengan harga 70 juta euro. Nilai tersebut juga membuatnya menjadi gelandang bertahan termahal di dunia. Di musim pertamanya, Rodri langsung mendapat kesempatan tampil yang cukup banyak di bawah asuhan Pep Guardiola.

2. Jorginho direkrut Chelsea - 57 juta euro

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leaguemetro.co.uk

Pemain berikutnya yaitu Jorginho yang kini menjadi andalan Chelsea. Gelandang bertahan berkebangsaan Italia ini merupakan pemain yang dibawa Maurizio Sarri dari Napoli. Tepatnya pada musim 2018/2019 di mana Jorginho diboyong The Blues dari Napoli dengan mahar 57 juta euro. Meskipun Maurizio Sarri tak lagi menangani Chelsea, pemain 28 tahun ini masih menjadi gelandang bertahan yang diandalkan klub London tersebut.

3. Fabinho direkrut Liverpool - 45 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leagueliverpoolfc.com

Kesuksesan Liverpool dalam dua musim terakhir tak lepas dari peran penting sang gelandang bertahan. Fabinho menjadi pemain andalan The Reds di lini tengah setelah didatangkan pada musim 2018/2019. Pemain berkebangsaan Inggris ini ditebus Liverpool dari AS Monaco dengan harga sebesar 45 juta euro. Fabinho sukses membawa Liverpool juara Liga Champions serta Premier League. 

4. Granit Xhaka direkrut Arsenal - 45 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leaguearsenal.com

Liverpool juga tak mau kalah dengan tim elite Premier League lainnya. The Gunners memboyong gelandang bertahan, yakni Granit Xhaka pada musim 2016/2017. Pemain berkebangsaan Swiss tersebut hingga kini masih menjadi andalan Arsenal. Xhaka sendiri diboyong Meriam London dari Borussia Monchengladbach dengan harga sebesar 45 juta euro. 

5. Nemanja Matic direkrut Manchester United - 44,7 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leagueskysports.com

Sementara itu Manchester United juga memiliki gelandang bertahan penuh pengalaman. Nemanja Matic direkrut United dari Chelsea pada musim 2017/2018. Meskipun saat itu sudah berusia 29 tahun, Setan merah harus merogoh kocek sebesar 44,7 juta euro untuk dapatkan pemain berkebangsaan Serbia tersebut. Matic masih memiliki kontrak cukup lama bersama United, yaitu hingga Juni 2023. 

6. Tiemoue Bakayoko direkrut Chelsea - 40 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leaguepremierleague.com

Sebelum Jorginho datang, Chelsea mengandalkan Tiemoue Bakayoko sebagai gelandang bertahan. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut diboyong The Blues dari Monaco pada musim 2017/2018. Saat itu Bakayoko masih berusia 22 tahun dan ditebus Chelsea dengan harga 40 juta euro. Saat ini ia masih terikat kontrak bersama Chelsea, namun Bakayoko harus dipinjamkan ke tim lain. 

7. Fernandinho direkrut Manchester City - 40 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leagueskysports.com

Selain Rodri, Manchester City juga memiliki Fernandinho sebagai gelandang bertahan. Pemain Brasil tersebut telah bergabung dengan The Cityzens pada musim 2013/2014. Fernandinho diboyong City dari Shakhtar Donetsk dengan harga 40 juta euro. Dengan usianya yang sudah 35 tahun, tak heran jika City menjadikan Rodri sebagai penerus Fernandinho.

8. Michael Essien direkrut Chelsea - 38 juta euro 

8 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Klub Premier Leaguegoal.com

Pada awal kejayaannya, Chelsea memiliki gelandang bertahan yang cukup tangguh. Michael Essien didatangkan The Blues dari Olympique Lyon pada musim 2005/2006. Klub London tersebut harus merogoh kocek sebesar 38 juta euro untuk dapatkan Essien. Dana yang dikeluarkan Chelsea tak sia-sia karena Essien menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik yang pernah bermain di Premier League. 

Itulah 8 gelandang bertahan termahal yang pernah direkrut klub Premier League. Siapa gelandang bertahan paling tangguh saat ini? 

Baca Juga: Michael Essien Dukung Conte untuk Terus Melatih Chelsea

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya