5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 

Gelandang ini punya kontribusi luar biasa!

Piala Eropa 2020 berjalan sesuai yang diinginkan para penggemar sepak bola. Italia menjadi sang juara Eropa baru setelah mengalahkan Inggris di partai puncak. Sama kuat di pertandingan normal, Azzurri akhirnya mengalahkan Three Lions 3-2 dalam drama adu penalti.

Ajang ini juga menjadi panggung bagi para pemain untuk menunjukkan kualitasnya. Tak terkecuali bagi para pemain di lini tengah yang memiliki peran vital. Banyaknya gelandang top yang berlaga membuat persaingan di lini tengah sangat sengit. Berikut beberapa gelandang yang tampil paling mengesankan di Piala Eropa 2020.

1. Paul Pogba (Prancis)

5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 Paul Pogba (twitter.com/paulpogba)

Paul Pogba selalu tampil luar biasa saat berseragam Timnas Prancis. Keberadaan N'Golo Kante sangat membantu dirinya untuk berkembang dengan gaya permainannya. Di Piala Eropa 2020 kali ini, Pogba juga menjadi pengatur serangan Prancis dengan memberikan umpan akurat.

Dia juga sukses menorehkan gol fantastis saat menghadapi Denmark. Sayangnya, Prancis harus tersingkir di babak 16 besar. Dari empat pertandingan yang dijalani, Pogba dua kali dinobatkan sebagai star of the match. Hal itu menunjukkan betapa penting perannya di lini tengah Les Bleus. 

2. Marco Verratti (Italia)

5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 Marco Verratti saat melawan Wales (chiesaditotti.com)

Marco Verratti sempat absen dalam dua laga perdana Italia di babak grup. Namun setelah kembali di pertandingan melawan Wales, dia terus menampilkan permainan luar biasa. Dia memenangkan delapan tekel di Piala Eropa 2020 dan juga menciptakan peluang paling banyak dengan 14 kali percobaan.

Gelandang Paris Saint-Germain itu adalah bagian penting dalam keberhasilan Italia merengkuh titel juara. Dia bisa dibilang gelandang terbaik di final melawan Inggris, menyelesaikan 112 dari 119 percobaan umpan. Verratti juga mencatatkan tiga assist di Piala Eropa 2020.

3. Declan Rice (Inggris)

5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 Declan Rice (twitter.com/_DeclanRice)

Declan Rice tampil di Piala Eropa 2020 berkat musim yang luar biasa bersama West Ham United. Dia berperan penting dalam keberhasilan The Hammers untuk tampil di Europa League musim depan. Dia selalu menjadi starter di setiap pertandingan Inggris di ajang ini dan melakukan pekerjaan yang luar biasa di lini tengah.

Beroperasi sebagai bagian dari poros ganda bersama Kalvin Phillips, Rice membuat 12 intersepsi dari 7 pertandingan. Dia sangat penting dalam menjaga Inggris tidak kebobolan satu gol pun dari permainan terbuka di Piala Eropa 2020. Dia bisa disebut sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini. 

4. Pedri (Spanyol)

5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 Pedri (barcablaugranes.com)

Pedri disebut-sebut sebagai penerus Andres Iniesta dan Xavi di Barcelona dan Timnas Spanyol. Dia selalu dimainkan hingga menyingkirkan pemain seperti Thiago Alcantara. Pedri dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik di Piala Eropa 2020. Kontrol bola, dribbling, dan jangkauan umpannya semuanya patut dicontoh.

Dia dengan mudah menjadi salah satu pemain terbaik Spanyol di kompetisi ini. Dia mempertahankan akurasi umpan 91 persen di turnamen dan menciptakan tiga peluang besar. Dia tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan memberikan penampilan berkualitas secara konsisten.

5. Jorginho (Italia)

5 Gelandang yang Tampil Paling Mengesankan di Piala Eropa 2020 Jorginho (twitter.com/ChelseaFCSkye)

Italia tidak diragukan lagi memiliki lini tengah terbaik di Piala Eropa 2020. Jorginho yang sedang dalam performa terbaik ternyata menjadi salah satu senjata paling tajam. Sang maestro lini tengah Chelsea sangat baik dalam segala hal yang dia lakukan.

Dia sangat mahir secara teknik sehingga dia mampu bersinar tidak hanya ketika Italia mendominasi pertempuran di lini tengah tetapi juga saat menyerang. Pemain berusia 29 tahun itu juga menyelesaikan 497 operan, tertinggi kedua di turnamen, dengan akurasi 93 persen. Dia sukses mengawinkan gelar Liga Champions dengan Piala Eropa.

Para gelandang itu memiliki peran sangat penting dalam permainan. Tak mudah untuk tampil konsisten di turnamen besar seperti Piala Eropa.

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya