Comscore Tracker

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang Kariernya

Kariernya mulai menurun?

Jose Mourinho belum lama ini dipecat dari kursi kepelatihan Tottenham Hotspur. Namun, tak butuh waktu lama, juru taktik asal Portugal ini langsung mendapatkan pekerjaan baru. Pelatih 58 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih baru AS Roma menggantikan Paolo Fonseca.

Mourinho adalah pelatih yang sarat pengalaman dan bergelimang prestasi. Namun, sifat arogannya membuat Mou kerap dibenci penggemar. Dalam beberapa tahun terakhir, prestasinya memang cukup menurun drastis. Hal itu tak lepas dari beberapa kesalahan yang pernah dibuat selama kariernya. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Gagal mengembangkan taktik

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang KariernyaJose Mourinho (bleacherreport.com)

Selama masa jayanya, Jose Mourinho dianggap sebagai salah satu ahli taktik terbaik dalam permainan. Berkat keahlian taktitnya, Porto yang tidak diunggulkan memenangkan Liga Champions pada tahun 2004. Ia sering dicap sebagai pelatih bertahan yang memprioritaskan kemenangan daripada memainkan permainan menarik.

Meskipun dikritik, Mou meraih banyak trofi dengan strategi tersebut. Banyaknya pelatih hebat yang muncul membuat strategi Mou mulai tertinggal. Sayangnya, Mou gagal mengembangkan taktiknya untuk mengikuti perkembangan.

2. Menyalahkan pemain untuk bertanggung jawab 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang KariernyaJose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho dikenal sebagai pelatih arogan yang kerap melontarkan pernyataan kontroversial. Tak hanya di depan media, Mou juga kerap mengkritik pemainnya dengan sangat kasar. Ia melampiaskan kekesalannya jika timnya gagal meraih kemenangan.

Luke Shaw yang pernah dilatih Mou di Manchester United kerap mendapat teguran keras. Tak hanya itu, beberapa mantan anak asuhnya seperti Tanguy Ndombele, Marcus Rashford, hingga Anthony Martial pernah dikritik di depan media. Tindakan ini tentu saja sangat tidak baik untuk harmonisasi skuadnya dan hal itu harus diubah Mou.

Baca Juga: Komentar Perdana Jose Mourinho Usai Dipecat Tottenham Hotspur

3. Jarang memberi kesempatan pemain muda

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang KariernyaJose Mourinho saat menangani Chelsea (premierleague.com)

Jose Mourinho kerap disalahkan karena tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada pemain muda di level tertinggi. Klub-klub tempat dia melatih telah mendukungnya dengan baik di bursa transfer. Selama bertugas di Manchester United dan Tottenham Hotspur, Mourinho tidak banyak menggunakan pemain akademi.

Gelandang Manchester United, Scott McTominay, dan bek Tottenham Hotspur, Japhet Tanganga, adalah dua nama yang harusnya bisa diberi kesempatan. Namun, hal itu bukan salah Mourinho sepenuhnya. Ia dituntut untuk meraih prestasi secepatnya. Muncul persepsi bahwa pelatih asal Portugal itu jarang membuat rencana jangka panjang di klub mana pun.

4. Mengabaikan Mohamed Salah dan Kevin De Bruyne saat melatih Chelsea

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang KariernyaJose Mourinho dan Mohamed Salah saat di Chelsea (goal.com)

Dua bintang terbesar di Eropa, Kevin De Bruyne dan Mohamed Salah, pernah bermain untuk Chelsea di bawah asuhan Jose Mourinho. Salah bergabung dengan Chelsea dari Basel pada 2014. Namun, pemain Mesir itu jarang tampil di Chelsea selama masa kepelatihan Mourinho di klub. Salah kemudian dipinjamkan ke Fiorentina dan AS Roma hingga pindah permanen.

Kini, pemain berusia 28 tahun itu menjadi bintang di Liverpool dan dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di sepak bola Eropa. Hal serupa juga terjadi kepada Kevin De Bruyne. Bintang Manchester City itu bergabung dengan Chelsea dari Genk pada tahun 2012. Seperti Salah, pemain berkebangsaan Belgia itu nyaris tidak membela Chelsea di bawah asuhan Mourinho. Ia bersinar di Wolfsburg hingga akhirnya direkrut City.

5. Kerap berselisih dengan pemain kunci di klub

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Jose Mourinho Sepanjang KariernyaJose Mourinho dan Paul Pogba (skysports.com)

Di klub terakhir Jose Mourinho, ada pola yang membuatnya tidak harmonis dengan para pemain bintang tim. Di Real Madrid, Mourinho sering mengkritik kiper legendaris, Iker Casillas. Sergio Ramos, Pepe, hingga Cristiano Ronaldo juga mengalami hal serupa. Di Chelsea, Eden Hazard dan gelandang Cesc Fabregas dikabarkan berselisih dengan Mourinho.

Kedua pemain itu memainkan peran kunci dalam kemenangan Chelsea di Premier League musim sebelumnya. Di Manchester United, hubungan kontroversial Mourinho dengan gelandang Prancis, Paul Pogba, terlihat jelas. Kondisi tersebut tentu saja bisa membuat kondisi ruang ganti tidak nyaman untuk pemain lainnya.

 

Jose Mourinho adalah pelatih papan atas dalam sepak bola Eropa. Namun, beberapa kesalahan tersebut mungkin saja menjadi penyebab kariernya menurun saat ini.

Baca Juga: Kenangan Manis Jose Mourinho Dalam Italian Job

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya