5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enrique

Kunci sukses raih treble winner nih!

Luis Enrique merupakan pelatih yang cukup dikenal dalam sepak bola Spanyol. Saat ini ia dipercaya menangani timnas Spanyol sejak November 2019. Sebelumnya, Enrique cukup sukses saat menangani Barcelona pada musim 2014/2015 hingga 2016/2017. Selama tiga musim tersebut, Enrique berhasil mengantarkan El Barca meraih berbagai gelar bergengsi.

Bahkan ia menjadi salah satu pelatih yang tercatat meraih tiga gelar dalam satu musim. Tepatnya pada musim 2014/2015, Enrique sukses membawa Barca meraih gelar Copa Del Rey, LaLiga dan Liga Champions. Di balik kesuksesannya, ada pemain kunci yang sering diandalkan Enrique. Siapa saja pemain kunci kesuksesan Enrique di Barcelona? Berikut ulasannya. 

1. Ivan Rakitic - 159 penampilan

5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enriquefcbarcelona.com

Ivan Rakitic menjadi pemain Barcelona paling sering bermain di era Luis Enrique. Gelandang asal Kroasia ini merupakan salah satu pemain rekrutan Barca di era Enrique, tepatnya pada musim 2014/2015. Ia tak butuh waktu lama beradaptasi bersama skuat Blaugrana meskipun baru bergabung.

Di bawah asuhan Enrique, Rakitic tampil dalam 159 laga di enam kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 25 gol dan 22 assist. Hingga saat ini Rakitic masih menjadi bagian skuat El Barca meskipun sudah tidak ditangani Enrique. 

2. Lionel Messi - 158 penampilan

5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enriquefcbarcelona.cat

Mega bintang Lionel Messi tentu saja menjadi salah satu kunci kesuksesan Barcelona tak terkecuali di bawah asuhan Luis Enrique. Bintang asal Argentina ini bergabung dengan skuat utama Barca sejak musim 2005/2006. Kemampuan El Messiah tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Selama ditangani Enrique, Messi penyerang sayap ini dimainkan dalam 158 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Messi sukses menorehkan 153 gol serta 70 assist dari penampilannya tersebut. 

Baca Juga: Bukan Arsenal, Luis Enrique Bakal Kembali Tangani Timnas Spanyol

3. Sergio Busquets - 148 penampilan

5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enriquefcbarcelona.com

Selain Ivan Rakitic, pemain gelandang lainnya yang jadi andalan Luis Enrique adalah Sergio Busquets. Pemain asal Spanyol ini merupakan lulusan akademi La Masia dan bergabung dengan tim utama Barca sejak musim 2008/2009.

Tak hanya sebagai gelandang bertahan, Busquets juga tampil apik saat dimainkan sebagai bek tengah. Di bawah asuhan Enrique, Busquets mencatatkan 148 penampilan di enam kompetisi berbeda. Lebih fokus bertahan, Busquets hanya mampu mencatatkan 1 gol dan 12 assist

4. Luis Suarez - 147 penampilan

5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enriquefcbarcelona.com

Luis Suarez juga menjadi pemain yang bergabung dengan Barcelona saat ditangani Luis Enrique. Striker asal Uruguay ini langsung menjadi andalan Enrique di lini depan Blaugrana. Meskipun baru bergabung, ia tak kesulitan dalam beradaptasi dengan rekan baru di skuat Barca.

Suarez tampil dalam 141 pertandingan selama ditangani Enrique. Dari penampilannya tersebut, Suarez cukup tajam sebagai seorang striker. Ia sukses mengemas 121 gol serta memberikan 65 assist. Meskipun sudah cukup senior, Suarez masih menjadi andalan Barca hingga saat ini. 

5. Neymar - 145 penampilan

5 Pemain Barcelona yang Jadi Kunci Kesuksesan di Era Luis Enrique90min.com

Kesuksesan Barcelona meraih tiga gelar di bawah asuhan Luis Enrique, tak terlepas dari tajamnya lini serang mereka. Salah satunya tentu saja Neymar yang melengkapi trio MSN Barcelona saat itu. Pemain asal Brasil ini cukup sukses berduet dengan Messi dan Suarez.

Di bawah asuhan Enrique, Neymar tampil dalam 145 pertandingan di empat kompetisi berbeda. Sebagai penyerang sayap, ia sukses mencetak 99 gol serta 65 assist. Neymar menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang telah meninggalkan Barcelona.

Setiap pelatih tentu saja memiliki pemain-pemain yang menjadi andalan dalam meraih kesuksesan. Selain treble winner, momen apa yang paling berkesan saat Barcelona ditangani Luis Enrique? 

Baca Juga: 3 Tugas yang Harus Dibenahi Luis Enrique Sebagai Pelatih Baru Spanyol

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya