5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023

David De Gea meraih gelar Golden Glove Premier League 

English Premier League (EPL) 2022/2023 memiliki banyak catatan menarik setelah masing-masing klub memainkan 38 pertandingan. Tak hanya tentang klub yang juara dan terdegradasi, ada juga torehan individu para pemain yang tak kalah menarik untuk diulas. Tak hanya dari outfield player, statistik clean sheet kiper terbanyak juga penting diperbincangkan.

Seperti yang kita tahu, Premier League memberikan penghargaan Golden Glove untuk kiper dengan torehan clean sheet terbanyak. Hingga saat ini, sudah ada beberapa nama yang berhasil menyabetnya. Salah satunya adalah David De Gea yang kembali meraihnya pada musim ini. 

Kiper Manchester United itu mengungguli kiper top lain yang berlaga di Premier League musim ini. De Gea tampil gemilang meski gagal membawa klubnya juara. Untuk kembali meraih penghargaan Golden Glove Premier League 2022/2023, De Gea mengalahkan sederet kiper berikut!

1. David De Gea (Manchester United)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023David De Gea (premierleague.com)

David De Gea cukup kokoh dalam menjaga gawang Manchester United di Premier League 2022/2023. Praktis ia pun dinobatkan sebagai peraih gelar Golden Glove. Ini merupakan gelar kedua bagi kiper asal Spanyol itu selama berlaga di Premier League.

Sebelumnya, ia pernah meraih penghargaan serupa pada musim 2017/2018. Pada musim ini, De Gea yang tampil dalam 38 pertandingan berhasil menorehkan 17 clean sheet. Di sisi lain, De Gea hanya kebobolan 43 gol di EPL musim ini. 

Baca Juga: Mengenal David Raya, Calon Suksesor De Gea di Manchester United?

2. Alisson Becker (Liverpool) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023premierleague.com

David De Gea berhasil mengungguli Alisson Becker yang menempati posisi kedua dalam daftar ini. Kiper Liverpool itu juga sudah pernah dua kali meraih penghargaan Golden Glove Premier League. Alisson meraih penghargaan tersebut pada musim 2018/2019 dan 2021/2022.

Di EPL musim ini, Alisson hanya sekali absen menjaga gawang Liverpool. Dari 37 pertandingan, kiper 30 tahun itu menorehkan 14 clean sheet. Sama seperti De Gea, Alisson juga kebobolan 43 gol di EPL musim ini. Sayangnya, kegemilangan Alisson tak cukup membawa Liverpool finish di zona Liga Champions. 

3. Nick Pope (Newcastle United)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023Nick Pope (premierleague.com)

Newcastle United menjadi salah satu klub yang tampil mengejutkan di Premier League 2022/2023. The Magpies berhasil mengakhiri musim di posisi keempat dan berhak tampil di Liga Champions Eropa musim depan. Kesuksesan Newcastle tersebut tak lepas dari penampilan apik sang kiper, Nick Pope.

Kiper berkebangsaan Inggris ini juga mencatatkan clean sheet yang tak sedikit. Kiper 31 tahun itu menorehkan 14 clean sheet dari 37 pertandingan. Hebatnya, Pope hanya kebobolan 32 gol sepanjang musim ini. Ia juga dua kali dinobatkan sebagai peraih gelar Save of the Month di EPL musim ini. 

4. Aaron Ramsdale (Arsenal) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023Aaron Ramsdale (premierleague.com)

Aaron Ramsdale menjadi salah satu pemain yang membawa Arsenal tampil gemilang di Premier League 2022/2023. Sayangnya, kiper 25 tahun tersebut gagal membawa The Gunners meraih trofi Premier League. Ramsdale tampil cukup baik di bawah mistar Arsenal dengan catatan clean sheet yang cukup banyak.

Di EPL musim ini, Ramsdale tampil dalam 38 pertandingan dan berhasil mengoleksi 14 clean sheet. Sama seperti Nick Pope, Ramsdale juga dua kali dinobatkan sebagai peraih gelar Save of the Month di EPL musim ini. Ramsdale pribadi hanya kebobolan 43 gol dari sederet penampilannya pada musim ini. 

5. David Raya (Brentford) 

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2022/2023David Raya (premierleague.com)

Kiper kelima dalam daftar ini adalah David Raya. Kiper asal Spanyol ini menjadi sosok penting di bawah mistar gawang Brentford. Berkat penampilan gemilangnya, Brentford mengakhiri Premier League 2022/2023 di posisi kesembilan.

David Raya pribadi selalu bermain dalam 38 pertandingan EPL musim ini. Kepercayaan pelatih tersebut dibalas Raya dengan menorehkan 12 clean sheet. Total, ada 46 gol yang bersarang ke gawangnya dari sederet penampilannya tersebut.

Meski kadang kontribusinya diremehkan, kiper menjadi sosok penting dalam sebuah tim. Kokohnya lini belakang bisa menjadi salah satu faktor prestasi tim tersebut. Menilik performa MU pada EPL 2022/2023, apakah sosok David De Gea paling pantas untuk menyabet gelar Golden Gloves tersebut?

Baca Juga: Sarung Tangan Emas David de Gea yang Paradoks Musim Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya