5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga Europa

Ada Pepe Reina dan Rui Patricio, lho!

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, kiper memiliki peran yang tak kalah penting. Demi gawangnya tidak kebobolan, mereka harus selalu sigap selama laga berlangsung.

Sebagai kompetisi Eropa bergengsi, UEFA Europa League alias Liga Europa menjadi tempat pemain-pemain ternama berlaga. Para kiper dituntut bekerja keras menghalau serangan lawan. Meskipun tak mudah, ada beberapa kiper yang tampil gemilang dan mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Siapa saja kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah Liga Europa?

1. Walter Zenga (35 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga EuropaWalter Zenga (inter.it)

Walter Zenga menjadi kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di Liga Europa. Kiper asal Italia ini hanya membela satu tim selama berlaga di sana. Tim tersebut yaitu Inter Milan, yang menjadi klub terlama yang dibelanya.

Zenga sukses meraih 35 clean sheet dari 69 penampilan di Liga Europa. Sementara, untuk jumlah kebobolan, ada 58 gol yang bersarang ke gawangnya.

Dengan catatan tersebut, ia sukses meraih dua trofi Liga Europa bersama Inter Milan. Ia sendiri mengakhiri karier sebagai pesepak bola pada 1999.

2. Frank Rost (35 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga EuropaFrank Rost (uefa.com)

Frank Rost menjadi kiper selanjutnya yang memiliki catatan clean sheet terbanyak di Liga Europa. Mantan kiper Schalke 04 ini mencatatkan 35 clean sheet dari 87 penampilan. Sementara itu, kiper asal Jerman ini juga harus kebobolan 87 gol di Liga Europa.

Selain membela Schalke 04, Rost juga tampil membela Werder Bremen dan Hamburger SV di Liga Europa. Pemain yang pensiun pada 2012 ini tak mampu meraih gelar Liga Europa bersama tiga klub tersebut.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League 2021/2022

3. Luca Marchegiani (31 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga EuropaLuca Marchegiani (twitter.com/Lazio_Land)

Luca Marchegiani menjadi salah satu kiper top yang pernah dimiliki Italia. Kiper yang malang melintang bersama klub Italia itu mengakhiri kariernya pada 2005. Marchegianei juga tampil gemilang di Liga Europa. Ia berhasil mencatatkan 31 clean sheet dari 50 penampilan.

Pada ajang Europa League, Marchegiani membela dua tim berbeda, Torino dan Lazio. Namun, kehebatannya belum sempurna karena belum pernah meraih gelar Liga Europa.

4. Pepe Reina (29 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga EuropaPepe Reina (twitter.com/PReina25)

Pepe Reina menjadi kiper yang membela banyak tim papan atas Eropa. Di Liga Europa, Reina mencatatkan penampilan bersama enam tim berbeda. Keenam tim tersebut yaitu AC Milan, Napoli, Liverpool, Lazio, Villarreal, dan Barcelona.

Bersama enam tim tersebut, Reina mencatatkan 29 clean sheet dari 71 penampilan. Dari penampilan di Liga Europa tersebut, Reina juga harus kebobolan 60 gol.

Sayangnya, ia tak mampu meraih satu pun trofi Europa League. Kiper asal Spanyol ini masih aktif bermain dengan membela Villarreal.

5. Rui Patricio (24 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Sejarah Liga EuropaRui Patricio (instagram.com/rpatricio1)

Rui Patricio menjadi satu-satunya kiper dalam daftar ini yang masih bermain di Liga Europa bersama AS Roma. Sebelum membela Roma, ia juga pernah berseragam Wolves dan Sporting CP di Liga Europa.

Bersama tiga klub tersebut, Patricio sukses mencatatkan 24 clean sheet dari 68 pertandingan. Sementara, untuk jumlah kebobolan, Patricio harus kebobolan sebanyak 73 gol.

Sayangnya, kiper asal Portugal itu belum mampu meraih trofi Liga Europa. Ia hanya pernah memenangi UEFA Europa Conference League bersama Roma.

Kehebatan kiper-kiper tersebut ternyata tak menjamin bakal dengan mudah meraih trofi Liga Europa. Meskipun demikian, kiper dalam daftar patut mendapat apresiasi.

Baca Juga: 9 Kiper dengan Clean Sheet Lebih Banyak dari David De Gea di EPL

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya