Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir Juara

Manchester United ditaklukkan Manchester City di laga final

Manchester United telah meraih satu trofi Piala Liga pada musim 2022/2023. Pada, Sabtu (3/6/2023) malam lalu, Setan Merah berpeluang menambah koleksi gelar musim ini andai mampu menang di final Piala FA. Sayangnya, Manchester United justru takluk melawan klub sekota, Manchester City, di laga final tersebut.

Manchester United sendiri menjadi klub kedua tersukses di ajang Piala FA dengan torehan 12 trofi. Mereka masih tertinggal 2 trofi dari Arsenal sebagai klub tersukses dengan raihan 14 trofi. Andai mampu juara musim ini, MU tentu akan semakin mendekati Arsenal.

Dalam perjalanannya menuju ke partai puncak, Setan Merah sempat menyingkirkan klub-klub Inggris lain yang tak kalah tangguh. Setidaknya, ada lima klub yang telah ditaklukkan Manchester United sebelum takluk di laga final. Mari kita tilik kembali bagaimana kiprah Setan Merah di Piala FA 2022/2023. 

1. Menyingkiran Everton pada ronde ketiga

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraCasemiro, pemain Manchester United, melewati adangan pemain Everton saat bersua di Piala FA 2022/2023. (manutd.com)

Perjalanan Manchester United di Piala FA 2022/2023 diawali dengan berlaga pada ronde ketiga atau babak 64 besar. Di babak awal ini, Setan Merah sudah harus berhadapan dengan klub Premier League, yaitu Everton. Beruntung, Manchester United berkesempatan menjamu Everton di Old Trafford.

Bermain di hadapan para pendukungnya, Setan Merah tampil trengginas hingga meraih kemenangan 3-1. Dalam laga yang digelar pada 6 Januari 2023 itu, tiga gol MU dicetak Antony, Marcus Rashford, dan gol bunuh diri Conor Coady. Uniknya, Conor Coady juga menjadi pemain yang mencetak gol untuk Everton dalam laga tersebut.

Baca Juga: Daftar Juara FA Cup Inggris Sejak 1871-2023, Terbaru Manchester City

2. Menaklukkan Reading pada ronde keempat

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraCasemiro, pemain Manchester United, berduel dengan pemain Reading saat bertanding di Piala FA 2022/2023. (manutd.com)

Setelah berhasil menyingkirkan Everton, Manchester United bersua tim yang relatif lebih mudah, yakni Reading. Klub yang bermain di kasta kedua Liga Inggris itu tak berdaya menahan Manchester United pada ronde keempat Piala FA 2022/2023. Reading harus mengakui keunggulan Setan Merah dengan skor 1-3.

Manchester United memang diuntungkan dengan kembali menjadi tuan rumah dalam laga yang digelar pada 28 Januari 2023 ini. Casemiro berhasil mencetak brace dalam laga ini dan ditambah satu gol dari Fred. Satu gol Reading yang dicetak Amadou Salif Mbengue tak mampu menyelamatkan mereka dari kekalahan.

3. Melewati adangan West Ham United pada babak 16 besar

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraLisandro Martinez, pemain Manchester United, berduel dengan pemain West Ham United saat bersua di Piala FA 2022/2023. (manutd.com)

Manchester United kembali bersua klub Premier League saat menjalani babak 16 besar atau ronde kelima. West Ham United menjadi klub yang harus ditaklukkan Setan Merah jika ingin lolos ke babak perempat final. Lagi-lagi, Manchester United mendapat keuntungan karena kembali menjadi tuan rumah.

Dalam laga yang digelar pada 1 Maret 2023 itu, Manchester United berhasil menang dengan skor 3-1. Manchester United sempat tertinggal dari West Ham melalui gol yang dicetak Saiid Benrahma. Namun, Setan Merah berhasil membalikkan kedudukan dan mencetak tiga gol.

4. Menyingkirkan Fulham pada babak perempat final

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraMarcus Rashford, penyerang Manchester United, mencoba mempertahankan bola dari rebutan pemain Fulham saat berlaga di Piala FA 2022/2023. (manutd.com)

Pertandingan pada babak perempat final Piala FA 2022/2023 seperti de javu bagi Manchester United. Bagaimana tidak, Manchester United lagi-lagi menjadi tuan rumah saat menjamu Fulham. Tak hanya itu, skor dalam laga ini juga sama, yakni 3-1 untuk kemenangan Setan Merah.

Dalam laga yang digelar pada 19 Maret 2023, Manchester United sempat tertinggal dari tamunya. Namun, mental juara yang dimiliki anak asuh Erik Ten Hag membuat mereka berhasil comeback. Kali ini, 3 gol Manchester United dicetak melalui brace Bruno Fernandes dan 1 gol Marcel Sabitzer.

5. Menang atas Brighton & Hove Albion melalui adu penalti di semifinal

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraMarcus Rashford, penyerang Manchester United, mencoba merebut bola dari pemain Brighton saat berlaga di Piala FA 2022/2023. (manutd.com)

Klub kelima yang disingkirkan Manchester United hingga lolos ke final Piala FA 2022/2023 adalah Brighton & Hove Albion. Berlaga di Wembley Stadium, Manchester United mendapat perlawanan sengit dari klub berjuluk The Seagulls tersebut. Bahkan, tak ada gol tercipta hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Laga semifinal yang digelar pada 23 April 2023 itu harus diakhiri dengan babak adu penalti. Tujuh penendang Setan Merah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Kegagalan satu penendang Brighton membuat Manchester United menang dan lolos ke final.

6. Harus mengakui keunggulan Manchester City di final

Menilik Kiprah Manchester United di Piala FA 2022/2023, Hampir JuaraIlkay Gundogan, pemain Manchester City, mencetak dua gol ke gawang Manchester United di final Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Manchester United datang ke final Piala FA 2022/2023 dengan percaya diri. Namun, kepercayaan diri tersebut langsung luntur saat Ilkay Gundogan menjebol gawang David De Gea saat laga belum genap 1 menit. Meski begitu, Setan Merah sempat mampu membalas untuk menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai.

Bruno Fernandes menjadi pencetak gol MU melalui tendangan penalti. Namun, lagi-lagi, Gundogan menjadi masalah besar bagi Manchester United pada laga tersebut. Pemain asal Jerman itu kembali mencetak gol pada babak kedua untuk membawa The Cityzens menang 2-1. Manchester United pun harus puas menjadi runner-up di Piala FA musim ini.

Satu langkah lagi bagi Manchester United untuk mengawinkan gelar Piala Liga dan Piala FA pada musim 2022/2023 ini. Namun, hal itu gagal terwujud setelah ditaklukkan Manchester City. Meski begitu, perjalanan Setan Merah patut diapresiasi sebagai runner-up Piala FA musim ini.

Baca Juga: 7 Momen Al Ghazali Nonton Final Piala FA MU Vs City di Stadion Wembley

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya