6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga Europa

Bermental juara?

Setelah sukses menjuarai UEFA Conference League pada musim 2021/2022, AS Roma berkesempatan kembali meraih trofi kompetisi antarklub Eropa pada 2022/2023. Klub asal Italia itu saat ini berhasil menembus babak semifinal di ajang Liga Europa. Namun, klub berjuluk I Giallorossi ini harus melewati adangan Bayer Leverkusen sebelum bertarung di final.

Sebelum berlaga di semifinal, klub yang ditangani Jose Mourinho ini sudah melewati adangan cukup banyak klub. Setidaknya ada enam klub yang sudah dihadapi Sevilla hingga akhirnya melangkahkan kaki ke semifinal. Berikut daftar klub yang telah dihadapi AS Roma hingga melaju ke semifinal Liga Europa 2022/2023.

1. Ludogorets Razgrad

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaPaulo Dybala melakukan percobaan saat membela AS Roma melawan Ludogorets di Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Klub pertama yang dihadapi AS Roma di Liga Europa 2022/2023 adalah Ludogorets Razgrad. Ludogorets sendiri merupakan klub yang berasal dari Bulgaria. AS Roma bertanding melawan Ludogorets dalam dua pertandingan di fase grup.

Meskipun tak terlalu dikenal, Ludogorets berhasil mengejutkan AS Roma di laga pembuka setelah menang dengan skor 2-1. Setelah itu, AS Roma kembali menjamu Ludogorets pada pertandingan terakhir fase grup. Kali ini, I Giallorossi berhasil menang dengan skor 3-1.

2. HJK Helsinki

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaTammy Abraham dan Stephan El Shaarawy, pemain AS Roma, merayakan gol ke gawang HJK Helsinki di Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Klub kedua yang dihadapi AS Roma dalam babak grup adalah HJK Helsinki. Klub yang satu ini mewakili Finlandia di ajang Liga Europa 2022/2023. AS Roma tampaknya masih terlalu tangguh bagi Helsinki.

Dari dua pertandingan yang dilakoni, Helsinki harus mengakui keunggulan I Giallorossi dalam dua laga tersebut. Saat main di kandang Helsinki, AS Roma justru mampu menang telak 3-0. Sementara, saat main di Olimpico Roma, mereka menang dengan skor 2-1.

3. Real Betis

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaPotret laga AS Roma melawan Real Betis di Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Real Betis menjadi lawan tangguh AS Roma dalam babak penyisihan grup. Hal itu terbukti dengan keberhasilan Real Betis menjadi juara grup mengungguli AS Roma. Tak hanya itu, keunggulan Real Betis atas I Giallorossi juga terlihat dari hasil pertemuan keduanya.

Dari dua pertandingan, AS Roma gagal menaklukkan klub asal Spanyol tersebut. AS Roma justru takluk dari Betis saat main di Olimpico Roma. Pada pertandingan kedua, AS Roma hanya mampu menahan imbang Real Betis dengan skor 1-1. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Membela Real Betis pada 2022/2023

4. RB Salzburg

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaPotret pertandingan AS Roma melawan RB Salzburg di Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup, AS Roma harus memainkan babak playoff melawan tim yang tersingkir dari Liga Champions. Kala itu, AS Roma bersua dengan klub asal Austria, RB Salzburg. Meski sempat kesulitan, I Giallorossi akhirnya lolos ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 2-1.

AS Roma sendiri sempat dikejutkan dengan hasil di leg pertama saat main di kandang RB Salzburg. Kala itu, anak asuh Jose Mourinho harus takluk dengan skor 0-1. Kemenangan 2-0 di kandang sendiri akhirnya mengantarkan AS Roma untuk lolos ke babak berikutnya.

5. Real Sociedad

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaNicola Zalewski, gelandang AS Roma, mencoba merebut bola dari pemain Real Sociedad. (uefa.com)

Memasuki babak 16 besar, AS Roma bersua dengan klub yang cukup tangguh, yakni Real Sociedad. Namun, AS Roma masih tak terbendung di babak ini. I Giallorossi berhasil menyingkirkan klub asal Spanyol itu dengan keunggulan agregat 2-0.

Kedua gol kemenangan AS Roma tercipta saat main di kandang sendiri pada leg pertama. Kala itu, Stephan Al Shaarawy dan Marash Kumbula menjadi dua pemain yang mencetak gol. Pada leg kedua, tak ada gol yang tercipta.

6. Feyenoord

6 Klub yang Dihadapi AS Roma hingga Melaju ke Semifinal Liga EuropaPaulo Dybala, penyerang AS Roma, merayakan gol ke gawang Feyenoord di Liga Europa 2022/2023. (uefa.com)

Klub keenam yang telah dihadapi AS Roma dalam gelaran Liga Europa 2022/2023 adalah Feyenoord. Klub asal Belanda ini merupakan lawan AS Roma di final Conference League 2021/2022. Pertarungan kedua tim ini pun berlangsung sengit dalam dua leg yang dilakoni dalam babak perempat final.

AS Roma sempat tertinggal agregat 0-1 setelah kalah di leg pertama. Pada leg kedua, I Giallorossi hampir saja tersingkir andai Paulo Dybala tak memaksa laga ke babak tambahan. AS Roma akhirnya lolos ke semifinal setelah menang dengan agregat 4-2.

 

AS Roma memiliki peluang yang cukup terbuka untuk kembali meraih trofi di kompetisi antarklub Eropa. Melihat pertandingan-pertandingan sebelumnya, tampaknya mental juara AS Roma sudah terbentuk. Mampukah Jose Mourinho membawa AS Roma kembali juara?

Baca Juga: 10 Potret Orkun Kokcu, Kapten Muda Turki sang Kapten Feyenoord

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya