5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah Satunya

Sevilla akan bersua Juventus di semifinal Liga Europa

Sevilla masih menjadi penguasa di Liga Europa. Klub asal Spanyol itu telah meraih enam trofi di ajang ini. Mereka berkesempatan menambah catatan tersebut setelah mampu menembus semifinal pada gelaran 2022/2023 ini.

Meski begitu, hal itu tak akan mudah bagi tim berjuluk Los Nervionenses ini. Klub asal Italia, Juventus, siap menjegal langkah Sevilla ke partai final. Kedua tim kebetulan akan bertarung dalam dua pertandingan untuk memperebutkan tiket ke final.

Bagi Sevilla, menghadapi klub asal Italia bukanlah sesuatu yang asing. Mereka bahkan memiliki catatan yang cukup bagus saat melawan klub Italia dengan sukses mencatatkan kemenangan di kompetisi antarklub Eropa. Lantas, klub Italia apa saja yang pernah ditaklukkan Sevilla?

1. Lazio

5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah SatunyaPara pemain Sevilla saat merayakan kemenangan atas Lazio di Liga Europa 2018/2019. (uefa.com)

Salah satu klub Italia yang pernah ditaklukkan Sevilla adalah Lazio. Klub berjuluk Le Aquile itu baru dihadapi Sevilla dalam dua pertandingan. Tepatnya pada  babak playoff Liga Europa 2018/2019.

Kala itu, Sevilla berhasil menang dalam dua pertandingan tersebut. Sevilla berhasil menang 1-0 saat bertandang ke markas Lazio pada leg pertama. Kemenangan 2-0 pada leg kedua memantapkan Sevilla untuk lolos ke babak 16 besar.

2. Fiorentina

5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah SatunyaAlberto Gilardino dan Adrien Mutu saat membela Fiorentina. (uefa.com)

Fiorentina juga memiliki nasib serupa dengan Lazio saat berhadapan dengan Sevilla. Klub yang identik dengan warna ungu ini baru berhadapan dengan Los Nervionenses dalam dua pertandingan. Namun, dari dua laga tersebut, Sevilla masih terlalu tangguh bagi Fiorentina.

Pada 2014/2015, Fiorentina dan Sevilla bertemu pada babak semifinal Liga Europa. Hasilnya, Sevilla berhasil menang dengan skor 3-0 saat main di kandang sendiri dan 2-0 saat bertandang ke markas Fiorentina. Sevilla menang dengan agregat 5-0 sekaligus menyingkirkan Fiorentina dan melaju ke final.

Baca Juga: 5 Pemain Fiorentina yang Curi Atensi pada 2022/2023, Ada Luka Jovic!

3. AS Roma

5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah SatunyaSevilla menghadapi AS Roma pada babak 16 besar Liga Europa 2019/2020. (uefa.com)

AS Roma bisa saja menjadi lawan Sevilla di final Europa League 2022/2023. Namun, keduanya harus menaklukkan lawannya masing-masing pada babak semifinal. Sebelumnya, AS Roma pernah berhadapan dengan Sevilla pada babak 16 besar Liga Europa 2019/2020.

Pada babak ini, seharusnya ada dua pertandingan, tetapi menjadi satu pertandingan saja karena pandemik COVID-19. Bermain di tempat netral, Sevilla langsung berhasil menyingkirkan AS Roma setelah menang dengan skor 2-0. Pada musim tersebut, Sevilla juga berhasil menjadi juara Liga Europa.

4. Inter Milan

5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah SatunyaPotret laga Sevilla melawan Inter Milan di final Liga Europa 2019/2020. (uefa.com)

Inter Milan memiliki nasib yang lebih tragis saat berhadapan dengan Sevilla. Hal itu karena Inter Milan ditaklukkan Sevilla dalam laga yang cukup penting. Momen tersebut terjadi pada 2019/2020. Saat itu keduanya bertarung dalam laga final Liga Europa.

Kala itu, pertandingan berjalan cukup sengit dengan saling berbalas gol. Namun, akhirnya, Sevilla berhasil menjadi juara setelah menang atas Inter Milan dengan skor 3-2. Keberhasilan tersebut menjadi momen terakhir Sevilla mengangkat trofi Liga Europa.

5. Juventus

5 Klub Italia yang Pernah Ditaklukkan Sevilla, Juventus Salah SatunyaGonzalo Higuain saat membela Juventus melawan Sevilla pada fase grup Liga Champions Eropa. (uefa.com)

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Juventus yang akan dihadapi Sevilla pada semifinal Liga Europa 2022/2023. Klub berjuluk La Vecchia Signora ini menjadi klub Italia yang paling sering dihadapi Sevilla. Sebelum laga semifinal musim ini, keduanya telah berhadapan dalam empat pertandingan.

Keempat pertandingan tersebut terjadi pada fase grup Liga Champions, tepatnya pada 2015/2016 dan 2016/2017. Satu-satunya kemenangan yang diraih Sevilla terjadi pada fase grup 2015/2016. Sementara itu, Juventus berhasil menang dalam dua pertandingan lainnya.

Melihat hasil sebelumnya, Sevilla tak boleh meremehkan Juventus. Apalagi, performa Sevilla kurang konsisten pada 2022/2023 ini. Akankah Sevilla mampu menunjukkan keperkasaan mereka di Liga Europa sekali lagi?

Baca Juga: Menengok Kiprah Juventus hingga Melangkah ke Semifinal Liga Europa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya