5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!

Rekor pertemuan The Blues apik menghadapi sederet klub ini

Chelsea merupakan salah satu klub papan atas di Eropa. Klub asal Inggris ini memiliki prestasi yang luar, baik di level domestik maupun kancah Eropa.

Di ajang Liga Champions, Chelsea telah berhasil merengkuh dua trofi. Mereka juga cukup konsisten mewakili Inggris di ajang antarklub Eropa ini.

Tentu, banyak klub yang sudah dihadapi The Blues di Liga Champions. Beberapa dari lawannya tersebut ada yang menjadi langganan Chelsea meraih kemenangan. Termasuk Barcelona, berikut daftar klub paling sering keok dari Chelsea di Liga Champions.

1. FC Porto

5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!Chelsea menghadapi FC Porto. (uefa.com)

Klub yang paling sering dikalahkan Chelsea di Liga Champions adalah FC Porto. Hingga saat ini, kedua tim biru tersebut telah berhadapan dalam sepuluh pertandingan Liga Champions. The Blues berhasil mengungguli The Dragoes dalam enam pertandingan.

Momen terakhir pertemuan kedua tim ini terjadi pada perempat final Liga Champions 2020/2021. Kala itu, Chelsea berhasil menyingkirkan wakil Portugal tersebut. Kemenangan terbesar Chelsea atas Porto terjadi pada 2004/2005 dengan skor 3-1.

2. Atletico Madrid

5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!Chelsea melawan Atletico Madrid. (uefa.com)

Klub kedua dalam daftar ini ada Atletico Madrid. Hingga saat ini, Chelsea telah menghadapi klub asal Spanyol itu dalam delapan pertandingan Liga Champions. Dari total pertandingan tersebut, The Blues berhasil menang atas Los Rojiblancos dalam empat pertandingan.

Pada pertemuan terakhir musim 2020/2021, Chelsea juga sukses meraih kemenangan dalam dua pertandingan, baik kandang maupun tandang. Kemenangan dengan skor terbesar Chelsea atas Atletico Madrid terjadi pada tahun 2009. Dalam pertandingan fase grup itu, Chelsea menggulung Atletico Madrid dengan skor telak 4-0 di Stamford Bridge. 

Baca Juga: 5 Klub dengan Kekalahan Terbanyak di 16 Besar Liga Champions

3. FC Schalke 04

5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!Chelsea bersua FC Schalke. (uefa.com)

Klub ketiga yang paling sering ditaklukkan Chelsea di Liga Champions adalah FC Schalke 04. Klub yang berjuluk The Royal Blues itu harus mengakui keunggulan The Blues dalam empat pertandingan. Wakil Jerman ini pernah berhadapan dengan Chelsea di Liga Champions sebanyak enam pertandingan. 

Salah satu kemenangan terbesar The Blues atas Schalke terjadi pada pertemuan terakhir, tepatnya pada tahun 2014 lalu. Saat itu, Chelsea mengalahkan Schalke dengan skor 5-0. Schalke sendiri belum mampu menaklukkan Chelsea di ajang Liga Champions sekalipun.

4. Barcelona

5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!Chelsea menghadapi Barcelona. (uefa.com)

Klub keempat ini merupakan tim yang sebenarnya cukup superior di Liga Champions. Namun, nyatanya Barcelona menjadi salah satu klub yang sering dikalahkan Chelsea di Liga Champions. Chelsea telah menaklukkan klub asal Spanyol itu dalam 4 pertandingan dari 14 laga yang sudah dijalani.

Kemenangan terakhir The Blues atas Barca terjadi pada musim 2011/2012 lalu. Kala itu, Chelsea menang 1-0 sekaligus berhasil menyingkirkan Blaugrana. Sementara, pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2017/2018. Sayangnya, pada kesempatan terakhir itu giliran Chelsea yang disingkirkan Barcelona.

5. LOSC Lille

5 Klub Paling Sering Keok dari Chelsea di Liga Champions, Ada Barca!Chelsea melawan LOSC Lille. (uefa.com)

Klub kelima yang paling sering dikalahkan Chelsea di Liga Champions adalah LOSC Lille. Klub yang berjuluk Les Dogues itu harus mengakui keunggulan The Blues dalam empat pertandingan Liga Champions. Lille sendiri pernah berhadapan dengan Chelsea sebanyak empat pertandingan Liga Champions. 

Tampaknya, Chelsea masih terlalu tangguh bagi klub asal Prancis itu. Chelsea dan Lille pernah bertemu dalam fase grup edisi 2019/2020. Setelahnya, mereka kembali berduel dalam babak 16 besar Liga Champions 2021/2022.

Pada musim kompetisi 2022/2023 ini, The Blues tengah bersua Borussia Dortmund di babak 16 besar Liga Champions. Mampukah mereka melaju lebih jauh di UCL meski sedang terseok-seok di kompetisi domestik?

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Mengalahkan Chelsea di Liga Champions, Mana Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya