5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum Cagliari

Ranieri antarkan Cagliari promosi ke Serie A

Claudio Ranieri muncul kembali dengan prestasi yang patut dibanggakan. Pada akhir 2022/2023 ini, ia berhasil mengantarkan Cagliari promosi dari Serie B ke Serie A Italia. Padahal, Ranieri baru ditunjuk sebagai pelatih mereka pada Januari 2023 lalu.

Ranieri merupakan salah satu pelatih berkualitas dari Italia. Salah satu prestasi terbaiknya terjadi saat membawa Leicester City keluar sebagai juara English Premier League (EPL) 2015/2016. Ranieri juga pernah membesut beberapa klub top Eropa, di antaranya adalah Napoli, Chelsea, dan Inter Milan.

Setelah sukses bersama Leicester, karier Ranieri sebenarnya sedikit menurun. Setidaknya ia menangani lima klub berbeda sebelum akhirnya ditunjuk sebagai pelatih Cagliari. Inilah klub terakhir yang ditangani Claudio Ranieri sebelum Cagliari.

1. Watford

5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum CagliariClaudio Ranieri saat menukangi Watford. (premierleague.com)

Watford menjadi klub terakhir yang ditangani Claudio Ranieri sebelum Cagliari. Pelatih berusia 71 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih baru Watford pada Oktober 2021. Namun, kiprahnya bersama klub Inggris itu tak bertahan lama.

Tampil sangat mengecewakan, Ranieri kemudian dipecat Watford pada Januari 2022. Itu tak lepas dari hasil buruk Watford asuhan Ranieri di Premier League. Selama menjadi pelatih Watford, ia mencatatkan 14 pertandingan saja. Hasilnya memang cukup mengecewakan. Ia mendapat 2 kemenangan dan 11 kekalahan.

2. Sampdoria

5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum CagliariClaudio Ranieri saat menjadi pelatih Sampdoria. (twitter.com/sampdoria_en)

Sebelum menukangi Watford, Claudio Ranieri sempat menganggur selama kurang lebih 5 bulan. Itu setelah dirinya tak lagi menangani Sampdoria pada Mei 2021. Namun, ia terbilang cukup lama menjadi pelatih klub asal Italia tersebut.

Ranieri pribadi mulai menukangi Sampdoria pada Oktober 2019. Tentu saja banyak pertandingan yang dilakoninya bersama mereka. Namun, performa Sampdoria asuhan Ranieri tak terlalu spesial. Dari 72 pertandingan, sang pelatih membawa Sampdoria meraih 27 kemenangan dan 30 kekalahan.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Claudio Ranieri, Siapa Saja?

3. AS Roma

5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum CagliariClaudio Ranieri saat menukangi AS Roma. (twitter.com/OfficialASRoma)

AS Roma juga pernah menggunakan jasa Claudio Ranieri. Ia menukangi klub ibukota Italia itu pertama kali pada September 2009—Februari 2011. Ranieri kemudian membesut AS Roma kembali pada Maret 2019.

Sang pelatih tak bertahan lama pada periode keduanya ini karena harus berpisah pada Juni 2019. Ranieri pun hanya mencatatkan 12 pertandingan bersama AS Roma dalam kurun waktu 114 hari itu. Hasilnya, AS Roma meraih 6 kemenangan dan 2 kekalahan.

4. Fulham

5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum CagliariClaudio Ranieri (premierleague.com)

Claudio Ranieri menjadi pelatih yang malang melintang bersama klub-klub Eropa. Selain Watford, klub Inggris lainnya yang belum lama ini ditangani Ranieri adalah Fulham. Lagi-lagi, kariernya bersama Fulham hanya bertahan seumur jagung.

Ditunjuk pada November 2018, Ranieri kemudian dipecat pada Februari 2019. Keputusan manajemen Fulham itu tak lepas dari hasil buruk yang didapat mereka selama ditangani Ranieri. Memainkan 17 pertandingan, mereka hanya mampu menang dalam 3 pertandingan dan kalah dalam 11 pertandingan lainnya.

5. FC Nantes

5 Klub Terakhir yang Ditangani Claudio Ranieri sebelum CagliariClaudio Ranieri saat menjadi pelatih FC Nantes. (twitter.com/FCNantes)

Klub kelima dalam daftar ini merupakan klub asal Prancis, yakni FC Nantes. Claudio Ranieri berlabuh ke Nantes setelah tak dipertahankan Leicester City. Ia mulai membesut klub yang identik dengan warna kuning itu pada awal 2017/2018.

Sayangnya, Ranieri hanya bertahan semusim bersama Nantes. Pelatih 71 tahun itu mencatatkan 40 pertandingan bersama klub Prancis itu. Hasilnya juga tak terlalu spesial, yakni 14 kemenangan dan 16 kekalahan.

Claudio Ranieri memang sudah kaya pengalaman dalam karier kepelatihan. Meskipun beberapa kali dipecat karena hasil buruk, ia tak menyerah begitu saja. Ia malah berhasil menunjukkan kualitasnya. Akankah Claudio Ranieri akan sukses bersama Cagliari di Serie A 2023/2024 mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Cagliari, Nicolo Barella Teratas

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya