Comscore Tracker

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!

Bagaimana hasil tim favoritmu?

Total 8 laga telah dimainkan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. Semua tim mencoba memenangkan leg pertama demi membuka asa lolos ke babak selanjutnya. Tak heran jika banyak kejutan yang terjadi. Inggris memiliki 4 wakil di babak ini, namun 3 dari 4 tim asal Inggris gagal meraih kemenangan.

Dua tim memiliki nasib berbeda saat bermain di Madrid, sementara dua tim lainnya tumbang di kandang sendiri melawan tim asal Jerman. Dari 8 laga di babak 16 besar, hanya satu laga yang berakhir imbang. Justru semua wakil Jerman berjaya di leg pertama ini. Mau tahu rangkuman leg pertama babak 16 besar UCL? Berikut ulasannya. 

1. Liverpool dan Manchester City bernasib berbeda saat jumpa duo Madrid

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!fourfourtwo.com

Dua tim terbaik Premier League saat ini Liverpool dan Manchester City memiliki nasib berbeda di leg pertama babak 16 besar UCL. Mereka sama-sama menghadapi tim asal Madrid. Liverpool yang bertandang ke markas Atletico Madrid tak mampu menjebol gawang Oblak. Mereka harus kecolongan gol cepat pada menit keempat melalui Saul Niguez.

Gempuran sepanjang laga The Reds di mentahkan oleh barisan pertahanan Atletico. Sementara itu, Manchester City membuat kejutan di Santiago Bernabeu. Sempat tertinggal satu gol, The Citizens sukses comeback dan akhirnya menang 1-2. Kevin De Bruyne menjadi aktor kemenangan City dengan catatan satu assist dan satu gol. Hasil tersebut membuka peluang City untuk lolos ke babak selanjutnya. 

2. Duo London tumbang di kandang sendiri menghadapi tim Bundesliga

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!thetimes.co.uk

Tak hanya Liverpool yang gagal menang di leg pertama babak 16 besar, duo London juga tak berdaya hadapi tim dari Jerman. Tottenham Hotspur yang menjamu RB Leipzig di kandang sendiri harus menelan kekalahan 0-1. Mereka kebobolan dari titik penalti yang di eksekusi Timo Werner. Krisis striker yang di alami Spurs menjadi faktor utama mereka gagal mencetak gol.

Sementara Chelsea harus menanggung malu di Stamford Bridge usai dibantai Bayern Munchen. Azpilicueta dan kolega tak berdaya hadapi gempuran Bayern, mereka harus kalah dengan skor 0-3. Kekalahan tersebut membuat peluang Chelsea untuk lolos ke perempat final sangat tipis. Mereka harus mengalahkan Lewandowski dan kolega dengan selisih minimal empat gol di leg kedua.

3. Erling Haaland menjadi bintang kemenangan Dortmund atas PSG

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!beinsports.com

Keganasan wakil Jerman di leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini menjadi keseruan tersendiri. Tak hanya Leipzig dan Bayern Munchen yang raih kemenangan, Borussia Dortmund juga menang dari PSG. Bintang muda mereka Erling Haaland menjadi aktor kemenangan Dortmund.

Haaland sukses mencetak dua gol dan membawa Dortmund menang 2-1 atas PSG. Tambahan dua golnya tersebut juga membuat Haaland bersaing dengan Lewandowski di daftar top skor. Haaland telah mengoleksi 10 gol dan hanya tertinggal satu gol dari Lewandowski. 

Baca Juga: Liga Champions: Barcelona Ditahan Imbang Napoli, Arturo Vidal Diusir 

4. Atalanta menang telak, Juventus tumbang

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!standard.co.uk

Hasil mengejutkan lain datang dari tim Italia yaitu Atalanta dan Juventus. Atalanta sebagai tim debutan di Liga Champions sukses tampil mengejutkan. Di leg pertama babak 16 besar ini, Atalanta sukses menaklukkan Valencia dengan skor telak 4-1. Dengan empat gol tersebut, Atalanta menjadi tim tersubur di leg pertama ini.

Mereka berpeluang lolos ke babak selanjutnya karena hanya butuh hasil imbang di leg kedua. Sementara Juventus yang digadang-gadang akan mudah mengalahkan Olympique Lyon justru harus tumbang. Juve tak mampu menjebol gawang lawan dan kalah 1-0 dari Lyon. Ronaldo dan kolega harus menang di leg kedua jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

5. Hanya satu laga berakhir imbang

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!standard.co.uk

Dari 8 laga yang digelar di babak 16 besar Liga Champions, hanya satu pertandingan yang berakhir imbang. Laga antara Napoli melawan Barcelona menjadi laga yang berakhir dengan skor sama kuat. Barcelona yang lebih diunggulkan gagal raih kemenangan atas Napoli.

El Barca harus puas dengan skor 1-1 di leg pertama ini dan mereka harus meraih kemenangan di leg kedua jika ingin lolos. Cederanya Dembele dan Luiz Suarez berpengaruh terhadap kinerja lini depan Barca. Griezmann dan Lionel Messi yang menjadi andalan belum mampu menunjukkan konsistensi. 

6. Hasil lengkap leg 1 babak 16 besar UCL

Rangkuman Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions, Banyak Kejutan Terjadi!goal.com

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions telah usai. Masing-masing tim segera menyiapkan laga selanjutnya di leg kedua. Leg kedua sendiri rencananya digelar pada 10-11 Maret serta 17-18 Maret mendatang. Dengan hasil di leg pertama, semua tim tentu ingin lolos ke babak selanjutnya. Berikut hasil lengkap leg-1 babak 16 besar UCL.

  • Atletico Madrid 1-0 Liverpool
  • Atalanta 4-1 Valencia
  • Borussia Dortmund 2-1 PSG
  • Tottenham 0-1 RB Leipzig 
  • Chelsea 0-3 Bayern Munchen
  • Napoli 1-1 Barcelona
  • Real Madrid 1-2 Manchester City
  • Olympique Lyon 1-0 Juventus 

Kira-kira tim mana yang akan melaju ke babak perempat final Liga Champions musim ini? Tim yang kalah fi leg pertama belum tentu akan tersingkir. 

Baca Juga: Siap Dimulai Lagi, Ini Jadwal Lengkap Liga Champions Babak 16 Besar

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Matematika UNNES. Menulis. Desain Grafis. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya