5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!

Didier Deschamps sukses bersama Prancis 

Piala Dunia 2022 segera berlangsung di Qatar. Penggemar sepak bola tidak sabar menunggu persaingan negara-negara terbaik di dunia.

Piala Dunia sendiri punya banyak penentu. Tidak sembarang negara bisa meraih trofi. Hanya yang terbaik yang bisa juara.

Penentu ini salah satunya adalah pelatih. Para pelatih memang punya peran penting dalam beradu taktik di tengah ketatnya persaingan negara-negara terbaik di dunia.

Untuk menyegarkan kembali ingatan football lovers, tidak ada salahnya jika kita mengingat kembali pelatih terakhir yang sukses juara Piala Dunia.

1. Didier Deschamps (Prancis)

5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!Didier Deschamps (fifa.com)

Didier Deschamps menjadi pelatih terakhir yang menjuarai Piala Dunia, yakni pada edisi 2018. Pria asal Prancis itu menuai hasil positif dari proses panjang bersama negaranya.

Deschamps sendiri ditunjuk sebagai pelatih Tim Ayam Jantan pada Juli 2012. Ia masih bertahan hingga saat ini.

Pada Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, pria 54 tahun itu berhasil meramu taktik dengan memanfaatkan pemain-pemain top di skuadnya. Pada laga final, Timnas Prancis asuhan Deschamps menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2.

2. Joachim Loew (Jerman)

5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!Joachim Low (twitter.com/FIFAWorldCup)

Sekitar 4 tahun sebelum Didier Deschamps juara, Joachim Loew lebih dahulu menjadi pelatih tim juara. Ia berproses cukup lama hingga akhirnya meraih trofi Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman.

Loew pertama kali ditunjuk menjadi pelatih pada 2006. Ia melewati pasang surut selama 8 tahun.

Bersama Der Panzer, Loew sempat menghadapi pertandingan sensasional pada babak semifinal Piala Dunia 2014. Saat itu, Jerman mencukur habis tuan rumah, Brasil, dengan skor 7-1. Sementara, pada laga final, Loew dan anak asuhnya menaklukkan Timnas Argentina dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Mario Gotze.

Baca Juga: 21 Kapten Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Ada Didier Deschamps 

3. Vicente del Bosque (Spanyol)

5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!Vicente del Bosque bersama Timnas Spanyol (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pada Piala Dunia 2010, Spanyol berhasil menjadi yang terbaik. Keberhasilan Negeri Matador itu tak lepas dari tangan dingin Vicente del Bosque. Pria yang kini berusia 71 tahun itu menjadi pelatih Timnas Spanyol pada 2008—2016.

Keberhasilan terbesarnya tentu saja menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan. Dibekali skuad mewah pada masing-masing posisi, Del Bosque meracik taktik jitu hingga akhirnya melaju ke final.

Pada partai puncak, anak asuh Vicente del Bosque berhadapan dengan negara Eropa lainnya, Belanda. Dalam laga tersebut, Spanyol berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 1-0.

4. Marcello Lippi (Italia)

5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!Marcello Lippi (twitter.com/Azzurri_En)

Pelatih keempat dalam daftar ini juga berhasil meraih gelar Piala Dunia bersama negara asalnya. Pelatih yang dimaksud adalah Marcello Lippi, yang berhasil menjuarai Piala Dunia bersama Italia.

Lippi membawa negaranya tersebut menjuarai Piala Dunia 2006. Saat itu, Jerman menjadi tuan rumah turnamen 4 tahunan ini.

Lippi sendiri melatih Gli Azzurri dalam dua periode, yakni 2004—2006 dan 2008—2010. Pada Piala Dunia 2006, pria yang kini berusia 74 tahun itu membawa Italia juara setelah mengalahkan Prancis. Dalam laga penuh drama tersebut, Italia menang atas Prancis melalui adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3.

5. Luiz Felipe Scolari (Brasil)

5 Pelatih Terakhir yang Sukses Juara Piala Dunia, Sensasional!Luiz Felipe Scolari (fifa.com)

Luiz Felipe Scolari menjadi satu-satunya pelatih non-Eropa dalam daftar ini. Sebab, ia merupakan pelatih berkewarganegaraan Brasil.

Meski begitu, sama seperti keempat pelatih lainnya, Scolari juga juara Piala Dunia saat menangani timnas negaranya. Ia bahkan menjadi pelatih terakhir yang sukses membawa Brasil juara Piala Dunia, tepatnya pada edisi 2002.

Pada 2002, Scolari yang dibekali pemain-pemain top Negeri Samba memang tampil menjanjikan. Ia membawa Brasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada partai puncak Piala Dunia yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan itu.

Patut kita nantikan siapa yang akan membawa timnya meraih trofi Piala Dunia 2022 Qatar. Banyak pelatih ternama yang akan bersaing.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Luis Felipe Scolari Semasa Bermain

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya