Comscore Tracker

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021

Akan sejauh mana kiprah mereka?

Liga Champions menjadi kompetisi dengan persaingan yang cukup ketat setiap musimnya. Untuk menghadapinya, setiap tim mempersiapkan skuat terbaik tak terkecuali di posisi pelatih. Dibutuhkan pelatih yang berpengalaman untuk menghadapi tekanan setiap pertandingan di Liga Champions.

Namun pada gelaran musim ini, cukup banyak pelatih yang terbilang muda menangani klub yang berlaga di Liga Champions. Bahkan ada beberapa yang menjalani musim perdananya di Liga Champions musim ini. Lantas siapa saja pelatih termuda yang menangani klub Liga Champions musim 2020/2021? Check it out!

1. Julian Nagelsmman

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021en.as.com

Pelatih termuda yang menangani klub Liga Champions musim 2020/2021 ini adalah Julian Nagelsmann. Juru taktik berkebangsaan Jerman tersebut saat ini masih berusia 33 tahun. Usia tersebut tentu saja masih sangat muda untuk ukuran pelatih.

Pada musim lalu, ia juga sudah dipercaya membawa RB Leipzig tampil di UCL bahkan bisa melaju ke semifinal. Nagelsmann telah menangani Leipzig sejak musim 2019/2020. Sebelumnya ia telah menjadi pelatih Hoffenheim sejak musim 2016/2017. Leipzig sendiri akan bersaing di grup H pada gelaran musim ini.

2. Murad Musaev

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021eldesmarque.com

Diurutan kedua ada pelatih yang saat ini menangani klub asal Rusia, yakni Krasnodar. Musim ini menjadi yang pertama bagi pelatih berusia 36 tahun tersebut menangani klub di Liga Champions. Meskipun demikian, ia sudah cukup mendapat pengalaman pada musim lalu di mana ia melatih Krasnodar di ajang Europa League.

Pelatih berkebangsaan Rusia ini telah ditunjuk menangani klub berjuluk The Bulls tersebut sejak musim 2018/2019. Krasnodar menjadi tim pertama yang pernah ia latih hingga kini. Mereka akan bersaing di grup E pada Liga Champions musim ini.

3. Julien Stephan

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021lequipe.fr

Sosok berikutnya juga masih cukup muda sebagai seorang pelatih. Julien Stephan merupakan pelatih Stade Rennes yang kini baru berusia 40 tahun. Ia akan menangani Rennes menghadapi Liga Champions musim ini dengan tergabung di grup yang sama dengan Krasnodar, yakni grup E.

Gelaran musim ini menjadi pengalaman pertama kali bagi pelatih berkebangsaan Prancis tersebut. Namun ia juga sudah memiliki bekal di kompetisi Eropa setelah dua musim sebelumnya bermain di Europa League. Julien  sendiri ditunjuk sebagai pelatih Rennes sejak musim 2018/2019.

Baca Juga: Hasil Pertandingan dan Klasemen Sementara Liga Champions 2020/2021

4. Marco Nikolic

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021metro.co.uk

Berikutnya ada Marko Nikolic yang terbilang cukup pengalaman sebagai pelatih diusianya yang baru menginjak 41 tahun. Pada musim ini, Nikolic akan membawa Lokomotiv Moscow di Liga Champions dengan tergabung di grup A.

Telah merintis karier sebagai pelatih sejak tahun 2008, Liga Champions musim ini menjadi yang pertama bagi pelatih asal Serbia tersebut. Nikolic baru ditunjuk sebagai pelatih Lokomotiv pada Juni 2020 lalu. Sebelumnya, ia telah menangani beberapa klub lokal Serbia seperti Rad, Vojvodina dan Partizan.

5. Andrea Pirlo

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021bleacherreport.com

Nama berikutnya tentunya sudah sangat familier bagi penggemar sepak bola khususnya saat masih aktif sebagai pemain. Andrea Pirlo merupakan pelatih muda yang dipercaya menangani Juventus sejak musim ini.

Praktis gelaran bergengsi Liga Champions menjadi pengalaman pertama Pirlo. Saat ini, legenda Juventus tersebut telah berusia 41 tahun. Pirlo memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018. Juventus sendiri akan bersaing dengan Barcelona di grup G.

6. Frank Lampard

6 Pelatih Termuda yang Menangani Klub Liga Champions Musim 2020/2021scmp.com

Pelatih terakhir dalam daftar ini juga cukup populer kala masih aktif sebagai pemain. Frank Lampard ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada awal musim 2019/2020 lalu. Pada Liga Champions musim lalu, pelatih 42 tahun ini hanya mampu membawa The Blues hingga babak 16 besar.

Musim ini mereka akan kembali berlaga di Liga Champions dengan tergabung di grup E. Awal karier kepelatihan Lampard dimulai pada tahun 2017 dengan menangani tim muda Chelsea. Semusim berikutnya ia dipercaya melatih Derby County yang bermain di Championship.

Usia pelatih-pelatih tersebut tentu saja masih cukup muda atau belia dan dengan pengalaman yang minim, bahkan beberapa pemain seusianya masih aktif bermain. Sejauh mana kiprah pelatih-pelatih muda tersebut pada gelaran Liga Champions musim ini?

Baca Juga: Catat! Jadwal Lengkap Liga Champions di Fase Penyisihan Pekan Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya