Comscore Tracker

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!

Jadi andalan klub liga top Eropa!

Ajax Amsterdam merupakan salah satu klub sepak bola yang berkompetisi di Eredivisie Belanda. Meskipun bukan termasuk salah satu klub liga top Eropa, De Amsterdammers tak kalah populer. Selain dari prestasi, Ajax dikenal sebagai penghasil pemain-pemain berkualitas.

Tak sedikit pemain lulusan akademi Ajax yang menjadi andalan klub elite liga top Eropa. Pemain-pemain tersebut tentu saja sudah terjamin kualitasnya hingga direkrut klub elite. Lantas siapa saja pemain ternama lulusan akademi Ajax Amsterdam, khususnya yang masih aktif bermain? Berikut kami sajikan 6 di antaranya.

Baca Juga: 11 Potret Menawan Matthijs de Ligt, Bek Pertama Peraih Golden Boy

1. Matthijs de Ligt

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!twitter.com/juventusfcen

Pemain pertama ada Matthijs de Ligt, lulusan akademi Ajax Amsterdam yang berseragam Juventus. Pemain berposisi bek ini dikontrak tim utama Ajax sejak Januari 2017 hingga musim 2018/2019. Juventus yang tertarik pada bakatnya tak ragu untuk mengeluarkan dana besar demi mendapatkan jasanya.

Hingga saat ini pemain berkebangsaan Belanda ini masih memiliki kontrak di Juve hingga Juni 2024. Saat membela Ajax, de Ligt sempat mencatatkan 117 pertandingan di semua kompetisi. Pemain 21 tahun ini berhasil mencetak 13 gol dan 7 assist meskipun berposisi sebagai bek tengah.

2. Frenkie De Jong

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!fcbarcelona.com

Berikutnya ada Frenkie de Jong yang kini membela raksasa Spanyol, Barcelona. Pemain berposisi gelandang ini dikontrak tim utama Ajax Amsterdam sejak musim 2016/2017. Masih berusia cukup muda dan tampil mengesankan membuat de Jong direkrut Barcelona pada musim 2019/2020. 

Namun, bersama Blaugrana, de Jong masih harus berjuang menunjukkan performa terbaiknya. Pemain 23 tahun ini dikontrak jangka panjang, yakni hingga Juni 2026. Saat berseragam Ajax, pemain Belanda ini telah tampil dalam 89 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 6 gol dan 13 assist. 

3. Donny van de Beek

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!twitter.com/ManUtd

Pemain berikutnya juga satu angkatan dengan de Ligt dan De Jong. Pemain tersebut yaitu Donny van de Beek yang kini menjadi bagian Manchester United. Pemain berusia 23 tahun tersebut bergabung dengan Setan merah pada awal musim 2020/2021. Van de Beek sendiri telah membela tim utama Ajax Amsterdam sejak Februari 2016.

Pemain asal Belanda ini juga tak kalah mengesankan saat membela Ajax. Pemain gelandang ini tampil dalam 175 pertandingan bersama Ajax di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia mencatatkan 41 gol dan 34 assist. Bersama United, Beek dikontrak hingga Juni 2025.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Ajax Amsterdam Sepanjang Masa, Jago Bisnis!

4. Christian Eriksen

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!instagram.com/chriseriksen8

Pemain ternama yang juga pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam ini adalah Christian Eriksen. Pemain yang saat ini menjadi bagian Inter Milan tersebut dikontrak tim utama Ajax Amsterdam pada Januari 2010. Pada musim 2013/2014, ia hijrah ke Tottenham Hotspur sebelum akhirnya diboyong Inter Milan pada Januari 2020.

Bersama klub Italia tersebut, pemain 28 tahun ini dikontrak hingga Juni 2024. Meskipun saat ini tak terlalu diandalkan Nerazzurri, Eriksen merupakan salah satu gelandang yang berkualitas. Saat dikontrak Ajax, pemain asal Denmark ini tampil dalam 163 pertandingan dengan torehan 32 gol dan 65 assist.

5. Toby Alderweireld

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!premierleague.com

Toby Alderweireld juga pernah menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Bek tengah asal Belgia ini tentu saja sudah dikenal karena pernah membela beberapa klub liga top Eropa seperti Atletico Madrid, Southampton, dan Tottenham Hotspur. Pemain berusia 31 tahun ini membela tim utama Ajax sejak Januari 2009.

Saat ini ia masih aktif bermain dengan membela Tottenham dan menyisakan kontrak hingga Juni 2023. Saat berseragam De Amsterdammers, Alderweireld tampil dalam 186 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia berhasil mencetak 15 gol serta 12 assist. 

6. Jan Vertonghen

6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!instagram.com/ jvertonghen

Pemain ternama lainnya yang juga merupakan lulusan akademi Ajax Amsterdam adalah Jan Vertonghen. Mungkin pecinta sepak bola mengenal Vertonghen saat berseragam Tottenham Hotspur beberapa musim lalu. Namun, ternyata sebelum hijrah ke Spurs, pemain 33 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi Ajax. Vertonghen dikontrak tim utama Ajax pada musim 2006/2007.

Akhirnya ia hijrah ke Premier League dan bergabung bersama Tottenham Hotspur pada musim 2012/2013. Musim ini ia bermain di Liga Portugal bersama Benfica sejak awal musim. Selama menjadi bagian Ajax, pemain Belgia ini tampil dalam 220 pertandingan. Sebagai bek tengah, ia mencetak 28 gol dan 11 assist.

 

Kualitas lulusan akademi Ajax Amsterdam tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi. Klub Eredivisie ini memang tak hentinya mengorbitkan pemain muda berkualitas setiap masanya. Siapa lulusan akademi Ajax terbaik menurut kamu?

Baca Juga: Nick Kuipers Sebut Persib Setara Ajax Amsterdam, Ini Alasannya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya