5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Champions

Deretan pemain bintang!

Liga Champions memang menjadi ajang pertarungan antar klub terbaik di Eropa. Namun nyatanya, tak hanya pemain asli Eropa yang menunjukkan kualitasnya di ajang ini. Beberapa pemain dari benua lain khususnya Amerika Latin juga mampu bersaing. Amerika Latin memang dikenal sebagai penghasil pesepak bola hebat hingga saat ini.

Tak sedikit pemain dari Amerika Latin yang menjadi andalan klub-klub top Eropa. Beberapa dari mereka bahkan sukses mencatatkan banyak pertandingan di Liga Champions. Nama-nama seperti Dani Alves hingga Lionel Messi pasti sudah sangat familier. Selain kedua bintang tersebut, berikut daftar pemain Amerika Latin yang paling sering main di Liga Champions.

1. Lionel Messi

5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Championsbeinsports.com

Pemain Amerika Latin yang paling sering main di Liga Champions adalah Lionel Messi. Meskipun berasal dari Argentina, ia menimba ilmu hingga menjalani kariernya bersama klub Eropa, yakni Barcelona. Megabintang yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama klub Spanyol tersebut.

Messi menjadi andalan El Barca di berbagai kompetisi termasuk Liga Champions. Sepanjang kariernya, La Pulga telah mencatatkan 149 penampilan di Liga Champions bersama Blaugrana. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 120 gol dan 36 assist. Tak hanya itu, ia juga mengantarkan Barca meraih 4 trofi Liga Champions.

2. Roberto Carlos

5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Championsrealmadrid.com

Nama Roberto Carlos tentunya sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Pemain berkebangsaan Brasil ini cukup lekat dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Selain El Real, ia juga sempat membela klub Eropa lain, seperti Fenerbahce dan Anzhi Makhachkala.

Di ajang Liga Champions, Roberto Carlos telah mencatatkan 128 penampilan sepanjang kariernya. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2016 tersebut juga sukses meraih 3 trofi Liga Champions yang semuanya bersama Los Blancos. Untuk catatan pribadi, bek kiri ini menorehkan 16 gol dan 25 assist.

3. Dani Alves

5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Championsfcbarcelona.com

Pemain asal Brasil lainnya yang juga mencatatkan penampilan cukup banyak di Liga Champions adalah Dani Alves. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini juga cukup lama membela klub Spanyol. Mengawali karier di Eropa bersama Sevilla, ia kemudian cukup lama menjadi andalan Barcelona. Klub Eropa lain yang sempat ia bela adalah Juventus dan Paris Saint-Germain.

Alves telah mencatatkan 114 penampilan di Liga Champions bersama klub-klub tersebut. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 12 gol dan 26 assist. Pemain yang kini membela Sao Paulo tersebut telah meraih 3 trofi Liga Champions bersama Barcelona.

Baca Juga: 6 Pemain Amerika Latin di Skuat Atletico Madrid Musim Ini, Ada Suarez

4. Javier Zanetti

5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Championsinstagram.com/javierzanetti

Pemain keempat dalam daftar ini juga berposisi sebagai bek kanan. Javier Zanetti yang berasal dari Argentina juga merupakan pemain yang berpengalaman bersama klub Eropa. Inter Milan menjadi satu-satunya klub Eropa yang ia bela sejak tahun 1994 hingga gantung sepatu tahun 2014.

Bersama Nerazzurri, ia tampil dalam 105 pertandingan di Liga Champions. Beroperasi di lini belakang, Zanetti mencatatkan 2 gol dan 2 assist. Pemain non-Eropa yang satu ini juga pernah meraih gelar Liga Champions sebanyak 1 kali.

5. Fernandinho

5 Pemain Amerika Latin yang Paling Sering Main di Liga Championsskysports.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Fernandinho yang masih aktif bermain di Liga Champions bersama Manchester City. Sebelum membela The Cityzens, pemain berkebangsaan Brasil ini lebih dulu membela Shakhtar Donetsk yang juga bermain di Liga Champions.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah tampil di Liga Champions dalam 106 pertandingan. Namun sayangnya, ia menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang belum mampu meraih trofi Liga Champions meskipun telah mencatatkan banyak pertandingan. Untuk catatan pribadi, ia menorehkan 7 gol dan 8 assist.

Itulah lima pemain Amerika Latin yang paling sering main di Liga Champions hingga saat ini. Meskipun berasal dari benua berbeda, mereka tetap mampu bersaing!

Baca Juga: 7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester City

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya