5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!

Mourinho menaikkan kembali pamor AS Roma

Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih papan atas di sepak bola Eropa. Juru taktik asal Portugal itu telah teruji kemampuannya bersama berbagai klub. Ia hampir selalu meraih trofi bersama klub yang dilatihnya.

Saat ini, Mourinho tengah dipercaya menangani klub ibukota Italia, AS Roma. Pria 60 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih I Giallorossi pada awal musim 2021/2022. Satu trofi UEFA Europa Conference League alias Liga Konferensi Eropa telah ia persembahkan untuk publik Roma.

Pada 2022/2023 ini, AS Roma asuhan Mourinho juga masih memiliki peluang untuk meraih gelar juara di Liga Europa. Hampir 2 musim mengasuh AS Roma, banyak pemain yang telah ia mainkan sejauh ini. Berikut daftar pemain AS Roma paling diandalkan Jose Mourinho.

1. Rui Patricio

5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!Rui Patricio dan Jose Mourinho (asroma.com)

Salah satu pemain AS Roma yang paling diandalkan Jose Mourinho adalah Rui Patricio. Pemain yang juga berasal dari Portugal itu bergabung dengan AS Roma pada awal kepelatihan Mourinho. Meski sudah tak muda lagi, Patricio menjadi pilihan utama The Special One di bawah mistar gawang I Giallorossi.

Hingga saat ini, Patricio telah dimainkan Mourinho dalam 102 pertandingan. Dari kesempatan tersebut, kiper 35 tahun ini harus kebobolan sebanyak 103 kali. Namun, ia juga mampu mencatatkan 41 clean sheet.

2. Tammy Abraham

5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!Tammy Abraham (asroma.com)

Di lini depan, Jose Mourinho mengandalkan mantan penyerang Chelsea, yakni Tammy Abraham. Sama seperti Rui Patricio, Abraham juga bergabung dengan AS Roma pada awal kepelatihan Mourinho. Penyerang 25 tahun ini berkembang pesat di bawah asuhan sang pelatih.

Penyerang asal Inggris itu telah mencatatkan 101 pertandingan di bawah asuhan Mourinho. Beroperasi di lini depan, ia mampu mengoleksi 36 gol. Tak hanya itu, Abraham juga berkontribusi dengan 13 assist dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 9 AS Roma sebelum Tammy Abraham

3. Bryan Cristante

5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!Bryan Cristante (asroma.com)

Bryan Cristante merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain asal Italia tersebut sudah cukup lama berseragam AS Roma. Cristante mulai membela I Giallorossi pada 2018/2019.

Pemain 28 tahun itu pun masih menjadi andalan di lini tengah AS Roma saat ditangani Jose Mourinho. Cristante pribadi telah dimainkan Mourinho dalam 97 pertandingan di semua ajang. Lebih fokus membantu pertahanan, ia memiliki catatan 4 gol dan 5 assist.

4. Roger Ibanez

5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!Roger Ibanez (asroma.com)

Di lini pertahanan, Roger Ibanez menjadi salah satu andalan Jose Mourinho. Bek tengah berkebangsaan Brasil itu telah dimainkan Mourinho dalam 94 pertandingan. Meskipun beroperasi di lini belakang, ia juga mampu mencetak tujuh gol.

Ibanez menjadi salah satu pemain yang masih terbilang muda. Namun, pemain 24 tahun tersebut telah membela I Giallorossi sejak Januari 2020. Memiliki prospek yang cukup bagus, Ibanez dikontrak AS Roma hingga akhir musim 2024/2025.

5. Gianluca Mancini

5 Pemain AS Roma Paling Diandalkan Jose Mourinho, Raih Juara di Eropa!Gianluca Mancini (asroma.com)

Tak hanya Roger Ibanez, Jose Mourinho juga mengandalkan Gianluca Mancini di lini belakang AS Roma. Mancini merupakan bek asal Italia yang sudah beberapa musim berseragam AS Roma. Ia mulai membela I Giallorossi pada 2019/2020.

Di bawah asuhan Mourinho, pemain 27 tahun ini tetap mendapat kesempatan tampil yang cukup banyak. Hingga saat ini, ia telah diturunkan Mourinho dalam 92 pertandingan. Mancini pribadi diikat kontrak oleh AS Roma hingga 2027.

Jose Mourinho mungkin belum bisa membawa AS Roma berprestasi di Serie A Italia. Namun, ia justru mampu membawa I Giallorossi berjaya di kompetisi antarklub Eropa. Akankah mereka kembali meraih trofi pada 2022/2023?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho di Liga Champions, Ada CR7

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya